Detikers, apakah kamu pernah menggambar menggunakan kertas ukuran A3 saat masih duduk di bangku sekolah? Nah, ternyata ukuran kertas A3 itu cukup beragam lho. Bahkan saat ini ukuran kertas A3 sudah memiliki standar International Organization for Standardization (ISO), jadi tidak boleh sembarangan membuatnya.

Ukuran kertas A3 saat ini dibuat dalam satuan centimeter (cm), namun detikers juga bisa mengkonversinya dalam satuan milimeter (mm), inci, dan pixel. Lantas, bagaimana cara menghitung ukuran kertas A3 dalam satuan ukuran cm, mm, inci, dan pixel? Serta bagaimana cara membuat ukuran kertas A3 di Microsoft Word dan Excel? Simak penjelasannya di sini.

Ukuran Kertas A3 dalam Sentimeter (Cm)

Foto: dok. detikcom

Bagi detikers yang ingin mengetahui ukuran kertas A3 dalam satuan centimeter, lebar dan panjang (width and length) kertas A3 adalah 29,7 x 42 cm.



Ukuran Kertas A3 dalam Millimeter (Mm)

Ilustrasi ukuran kertas A3Foto: dok. detikcom

Dikutip situs Neenah Paper, ukuran kertas A3 dalam satuan milimeter yang sudah berstandar internasional memiliki lebar dan panjang (width and length) 297 x 420 mm.

Ukuran Kertas A3 dalam Piksel

Untuk ukuran kertas A3 dalam satuan pixel, kamu harus menyesuaikan terlebih dahulu konfigurasi jumlah titik per inci atau dots per inch (DPI). Sedikit informasi, DPI adalah jumlah titik per inci dalam suatu gambar yang dicetak oleh mesin printer. Semakin tinggi kerapatan jumlah titik akan berpengaruh pada resolusi cetak yang ikut tinggi.

Dilansir situs Paper Size Online, berikut ini ukuran kertas A3 dalam satuan pixel.

– Ukuran kertas A3 dengan 96 DPI = 1587 x 1123 pixel
– Ukuran kertas A3 dengan 100 DPI = 1654 x 1169 pixel
– Ukuran kertas A3 dengan 120 DPI = 1984 x 1403 pixel
– Ukuran kertas A3 dengan 300 DPI = 4961 x 3508 pixel
– Ukuran kertas A3 dengan 600 DPI = 9921 x 7016 pixel

Ukuran Kertas A3 dalam Inci

Ilustrasi ukuran kertas A3Foto: dok. detikcom

Jika penjelasan di atas merupakan ukuran dalam satuan cm, mm, serta pixel, lantas bagaimana ukuran kertas A3 dalam satuan inci? Dilansir situs Main The Best, ukuran kertas A3 dalam inci yakni lebar dan panjang (width and length) 11.69 x 16.54 inci.

Tabel Ukuran Kertas A3 dalam Berbagai Satuan Ukur

Jika kamu masih bingung untuk mengetahui ukuran kertas A3 yang sudah dikonversi menjadi satuan milimeter, centimeter, pixel, dan inci, simak tabel lengkapnya di bawah ini detikers.

Ukuran Kertas A3

Ukuran kertas mm cm inci Piksel
A3 297×420 29,7×42 11,69 x 16,54 96 DPI = 1587 x 1123
100 DPI = 1654 x 1168

120 DPI = 1984 x 1403

300 DPI = 4961x 3508

600 DPI = 9921 x 7016

Cara Membuat Kertas A3 di Microsoft Word

Bagi kamu yang ingin membuat kertas A3 di Microsoft Word, sekarang nggak perlu bingung lagi detikers. Dilansir situs Tech Pilipinas, berikut ini langkah-langkah membuat kertas A3 di Microsoft Word dengan mudah dan cepat.

  • Buka Microsoft Word di PC atau Laptop kamu
  • Lalu siapkan dokumen yang ingin kamu buat
  • Jika sudah, arahkan kursor ke Layout lalu diklik. Setelah itu pilih Size – More Paper Size
  • Langkah selanjutnya, kamu akan menemukan opsi Margins, Paper, dan Layout. Karena kamu ingin merubah ukuran kertas menjadi A3, maka pilih Paper
  • Untuk menggunakan format kertas A3 arahkan kursor ke kolom Paper Size, lalu setelah itu scroll hingga paling bawah sampai menemukan Custom Size kemudian diklik
  • Kemudian kamu tinggal isi Width (lebar) dan Height (tinggi) sesuai dengan ukuran kertas A3. Jika dalam ukuran cm, silahkan isi width: 29.7 cm dan height: 42 cm
  • Jika sudah benar, silahkan klik OK. Nantinya, ukuran kertas di Microsoft Word berubah secara otomatis.

Cara Membuat Kertas A3 di Microsoft Excel

Ternyata, membuat kertas ukuran A3 juga bisa dilakukan di Microsoft Excel detikers. Caranya juga mudah kok, simak sejumlah langkahnya di bawah ini.

  • Buka Microsoft Excel di PC atau Laptop kamu
  • Lalu siapkan dokumen yang ingin kamu buat
  • Jika sudah, arahkan kursor ke Page Layout lalu diklik. Setelah itu pilih Page Setup
  • Di sini kamu akan menemukan Paper Size, lalu setelah itu kamu tinggal ubah menyesuaikan ukuran kertas A3 yakni 29.7 cm x 42 cm.

Namun, jika langkah-langkah di atas tidak bisa kamu gunakan di Microsoft Excel, tak perlu khawatir detikers. Coba ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka Microsoft Excel di PC atau Laptop kamu, kemudian klik File
  • Lalu klik Print
  • Pilih opsi XPS Document Writer
  • Jika sudah, kamu pilih Printer Properties – Advance
  • Di sini kamu tinggal pilih format ukuran kertas A3
  • Selanjutnya tinggal klik OK. Nantinya tata letak tabel di Microsoft Excel kamu akan berubah otomatis menjadi ukuran kertas A3

Penggunaan Kertas A3 dalam Kehidupan Sehari-hari

Kertas adalah bahan yang tipis dan rata yang dihasilkan dengan kompresi serat yang berasal dari pulp. Nah, serat yang digunakan biasanya terbuat dari bahan alami serta mengandung selulosa dan hemiselulosa.

Dalam buku Ensiklopedia Bahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari yang disusun oleh Keni Andewi, sekarang ini kertas ukuran A3 banyak digunakan oleh siswa di sekolah untuk mengerjakan tugas menggambar.

Karena ukuran kertas A3 yang cukup luas, hal ini membuat para siswa lebih leluasa dalam menggambar. Sehingga ide-ide gambar yang ada di dalam otak semuanya bisa tertuang di atas kertas ukuran A3.

Selain itu, kertas ukuran A3 juga banyak dipakai untuk mencetak gambar seperti foto atau poster.

Bila kamu ingin menggunakan kertas A3 untuk menulis, hal itu juga bisa dilakukan kok detikers. Jadi, kertas A3 sangat bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Itu dia detikers penjelasan mengenai ukuran kertas A3 dalam bentuk satuan cm, mm, pixel, dan inci beserta cara membuatnya. Dengan mengetahui ukuran kertas A3, kini kamu dapat menggunakannya sesuai kebutuhan sehari-hari.

Simak Video “Ada Terduga Teroris, Standar Masuk MUI Dipertanyakan
[Gambas:Video 20detik]
(ilf/fds)

Artikel ini bersumber dari www.detik.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News