Kondisi rambut yang berkutu dan dipenuhi telur kutu tentunya membuat kepala kamu akan cenderung sering merasa gatal. Jika kamu, anak, ataupun saudara kamu sedang berkutu, dalam artikel ini akan membahas penyebab dan cara menghilangkan kutu rambut beserta telurnya dengan cepat.

Kutu adalah serangga berwarna cokelat atau keabu-abuan, yang berukuran kecil mirip biji stroberi. Kutu memakan darah dari kulit kepala manusia. Pedikulosis adalah sebutan untuk penyakit dari infestasi kutu rambut.

Apakah kutu rambut bisa hilang sendiri? Kutu rambut biasanya tidak bisa hilang dengan sendiri, karena kutu yang sudah mati pun kemungkinan telah meninggalkan telurnya.



Siklus hidup kutu melewati 3 tahap yakni telur, nimfa, dan kutu dewasa. Jika dibiarkan, telur kutu itu akan menetas lalu menjadi kutu dewasa dan berkembang biak lagi.

Zaman sekarang rambut ada banyak telur kutunya? Pastinya nggak mau dong. Nah, untuk itu kita perlu tahu bagaimana cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya dengan cepat.

Penyebab Munculnya Kutu Rambut

Dikutip dari laman Health Line, berikut adalah penyebab munculnya kutu rambut:

  • Kepala dan rambut bersentuhan dengan kepala seseorang yang terkena kutu
  • Menggunakan penutup kepala, misalnya hijab atau topi setelah seseorang yang berkutu.
  • Berbagi barang-barang pribadi dari seseorang yang punya kutu rambut. Kutu rambut bisa menyebar melalui barang-barang pribadi seperti: handuk, sisir, sprei, jepit rambut, ikat kepala hingga headphone, atau benda lain yang menyentuh rambut.
Siklus hidup dan penyebaran kutu di rambut. Foto: dok. Cleveland Clinic/my.clevelandclinic.org

Kutu rambut itu sendiri bisa menular, namun ia tidak membawa bakteri atau virus penyebab penyakit. Sementara hewan peliharaan, seperti kucing atau anjing, tidak bisa menyebarkan kutu rambutnya ke manusia karena berbeda jenis.

Mengutip laman Cleveland Clinic, kutu rambut tidak bisa melompat. Jadi, kutu akan menyebar dengan merangkak atau merayap dari kepala orang ke kepala orang lain selama ada kontak dekat.

Kamu bisa terinfeksi kutu rambut, ketika kutu merayap dan berpindah ke rambut kepala kamu. Anak-anak atau siswa sekolah dasar punya risiko tinggi terkena kutu rambut, karena mereka cenderung sering bermain bersama.

Kutu rambut juga bisa menyebar saat pakaian disimpan bersama. Misalnya, topi atau syal yang digantung, dan disimpan di lemari. Itu termasuk sarana penyebaran kutu.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Beserta Telurnya

Cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya bisa menggunakan produk obat kutu yang dijual bebas (OTC). Namun, kamu juga perlu memeriksa label produk obat kutu, untuk memastikan apakah itu aman untuk digunakan.

Biasanya, obat kutu itu bereaksi untuk membuat kutu sekarat setelah 9 atau 10 hari. Biasanya obat kutu bisa berbentuk sampo, lotion rambut, maupun krim bilas. Perawatan pengobatan kutu, juga bisa dilakukan tanpa resep dokter.

Ada juga cara menghilangkan kutu rambut secara alami yang bisa dilakukan di rumah lho. Berikut adalah cara menghilangkan kutu rambut beserta telurnya dengan cepat:

1. Piperonil Butoksida

Ada berapa produk obat kutu yang dijual bebas (OTC), termasuk piperonyl butoxide. Piperonyl Butoxide menjadi obat perawatan untuk membunuh kutu dan telurnya di rambut kepala.
Pilihlah piperonyl butoxide dengan kandungan piretrin (A-200, Pronto, R&C, Rid, Triple X, Xeglyze). Kamu bisa menggunakan perawatan ini pada anak-anak berusia 2 tahun ke atas, yang terkena kutu rambut.

2. Ivermectin (Referensi)

Menggunakan lotion rambut dengan ivermectin adalah cara menghilangkan kutu rambut dengan cepat. Dikutip dari laman kesehatan WebMD, ivermectin akan membunuh sebagian besar kutu rambut, bahkan kutu yang baru menetas, hanya dengan sekali pakai.

3. Benzil Alkohol (Ulesfia)

Lotion rambut yang mengandung benzil alkohol lebih membantu untuk membunuh kutu aktif, daripada telurnya. Produk benzil alkohol untuk mengobati kutu rambut, bisa digunakan pada anak usia 6 bulan ke atas, dan aman untuk ibu hamil atau menyusui.

Cara menggunakan obat kutu dengan benzil alkohol:

  • Sisir rambut terlebih dahulu
  • Keramas menggunakan produk ke rambut
  • Diamkan sekitar 10 menit sebelum dibilas
  • Kamu bisa mengulangi perawatan ini dalam seminggu.

4. Lindane

Lindane adalah jenis pestisida organoklorida. Obat perawatan kutu ini tersedia dalam bentuk lotion atau sampo.

Namun, produk ini juga bisa menyebabkan efek samping yang serius. Oleh kare itu, lindane tidak boleh digunakan untuk bayi prematur atau orang yang memiliki riwayat kejang.

5. Sampo Lotion Permetrin

Lotion permetrin, 1% (Nix), merupakan sampo kutu. Sampo untuk kutu ini juga bisa aman digunakan pada bayi dan anak-anak usia 2 bulan ke atas.

6. Dimetikon

Dimethicone merupakan bahan berbasis silikon non-pestisida, yang bisa mengganggu pertumbuhan kutu di kepala. Kamu bisa memilih sampo yang mengandung bahan ini ya.

7. Malathion (Ovid)

Lotion rambut malathion kuat untuk membunuh kutu dan beberapa telur kutu di rambut. Produknya bisa digunakan untuk anak-anak 6 tahun dan orang dewasa. Jika kamu masih melihat kutu bergerak 7-9 hari kemudian, kamu perlu perawatan kedua kali dengan produk ini.

Perlu diingat, kalau produk ini mudah terbakar. Jadi, hindari semua rokok maupun sumber panas, termasuk pengering rambut, pemanas ruangan, serta kompor saat sedang menggunakannya.

8. Spinosad (Natroba)

Cara menghilangkan telur kutu rambut dengan cepat lainnya adalah dengan memakai produk spinosad. Biasanya, seseorang hanya membutuhkan satu kali perawatan dengan produk ini. Produk spinosad membantu untuk membunuh telur kutu dan kutu hidup. Produknya juga aman digunakan untuk anak usia 4 tahun ke atas.

9. Keringkan Rambut dengan Blow Dryer

Penelitian tahun 2006 yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics Brad M Goates, dkk, dari University of Utah, menyebut kalau metode udara panas terbukti sangat efektif dalam membunuh telur kutu. Namun, hal itu kurang efektif dalam membunuh kutu hidup.

Pengering rambut menggunakan panas langsung membantu menghilangkan hampir 98% telur kutu dan 55% kutu hidup. Jadi, kamu bisa gunakan pengering rambut pada rambut yang baru dicuci.

Sebagai catatan, jangan pernah menggunakan udara panas setelah menerapkan perawatan obat kutu berbahan kimia. Mengapa? Karena beberapa obat itu mungkin mengandung bahan yang mudah terbakar.

10. Menyisir Basah Rambut

Jika kamu ingin menghindari penggunaan obat kutu yang mengandung pestisida, cara menghilangkan kutu rambut secara alami di rumah bisa dengan rutin membasahi rambut, lalu disisir menggunakan sisir bergigi halus.

Berikut merupakan perawatan cara untuk menghilangkan kutu secara alami di rumah:

  • Kamu bisa oleskan minyak zaitun ke rambut, sebelum menyisir. Hal itu akan membantu kutu dan telur kutu menempel pada sisir
  • Mulailah menyisir di kulit kepala, dimulai dengan ujung rambut lalu ke bawah
  • Lakukan ini setiap 2-3 hari atau sampai kamu tidak memiliki tanda-tanda kutu atau telur kutu lagi.
  • Sisir kutu dengan gigi halus itu akan membantu untuk menghilangkan kutu yang aktif dan telurnya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu harus melakukan ini setiap minggu selama minimal 3 minggu.

11. Menggunakan Minyak Esensial

Minyak esensial atau atau minyak atsiri termasuk obat untuk menghilangkan kutu secara alami. Minyak esensial adalah minyak yang dihasilkan dari ekstrak penyulingan berbagai tumbuhan, maupun biji buah.

Minyak esensial dari tumbuhan seperti pohon teh dan adas manis, bisa mencekik dan membunuh kutu. Namun, minyak esensial ini juga mungkin memiliki reaksi alergi bagi kamu yang berkulit kepala sensitif.

12. Rutin Membersihkan Alat Rambut

Setelah kamu tahu terkena kutu rambut, hal yang perlu dilakukan adalah dengan lebih rutin lagi untuk merawat alat rambut. Caranya kamu perlu merendam sisir dan aksesori rambut lainnya dalam air sabun, dengan kondisi airnya panas selama 5-10 menit.

13. Mencuci Pakaian dan Seprai dengan Air Panas

Kutu rambut juga bisa dihilangkan apabila kita rajin mencuci pakaian atau seprai. Kamu perlu mencucinya dengan air panas kurang lebih 130°F (54°C). Cuci apa pun yang pernah menyentuh kulit atau kulit kepala orang yang berkutu (termasuk baju, topi, syal, sarung bantal, seprai, dan ikat kepala).

14. Vakum

Memvakum lantai, furniture berlapis kain seperti karpet, sofa, atau lainnya untuk menghilangkan bulu yang mungkin punya telur kutu aktif. Hal itu bisa terjadi apabila seseorang yang kutunya berambut telah menempati furniture tersebut.

15. Mengoleskan Zat Berminyak ke Kepala dengan Dibekap

Beberapa orang juga mencoba untuk membunuh kutu dengan meletakkan sejumlah besar zat berminyak di kulit kepala. Kulit Kepala ditutup dengan topi mandi (smothering). Kamu bisa mencobanya dengan petroleum jelly, mayones, atau minyak zaitun.

Untuk mengurangi risiko efek samping penggunaan obat medis kutu, kamu jangan menggunakan dengan berlebihan. Tapi, kamu juga bisa meminta dokter untuk merekomendasikan produk obat kutu mana yang aman digunakan.

Dikutip dari laman Mayo Clinic, berikut adalah tips dan cara pencegahan agar tidak terkena kutu rambut:

  • Gantung pakaian di tempat terpisah dari pakaian orang lain
  • Hindari berbagi sisir, sikat, topi, dan syal
  • Hindari berbaring bersama di bantal tempat tidur atau sofa yang telah bersentuhan dengan orang yang punya kutu rambut.

Itu tadi informasi bagaimana cara menghilangkan kutu dan telur kutu rambut dengan cepat. Jadi kalau rambut detikers lagi ada kutunya, bisa tuh coba cara-cara menghilangkan kutu rambut di atas. Semoga informasi tadi bermanfaat ya!

Simak Video “Ini Alasan Anindita Hidayat Jadi Influencer
[Gambas:Video 20detik]
(khq/fds)

Artikel ini bersumber dari www.detik.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News