Cara membuat surat izin sekolah cukup mudah, karena kamu hanya perlu memohon izin untuk tidak datang ke sekolah pada hari itu. Cara membuat surat izin sekolah paling penting adalah mengenali unsur-unsurnya. Kamu perlu memperhatikan unsur-unsur ini dalam cara membuat surat izin sekolah:

1. Tujuan pengiriman surat. Tujuan yang dimaksud adalah di mana surat ini berisi sebuah informasi kepada siapa surat ini ditujukan. Apakah ke kepala sekolah, pimpinan perusahaan, kepada wali kelas, atau yang lainnya. Catatan, kalau kamu sudah memakai kata “Kepada” maka kamu tidak usah memakai kata Yth dan sebaliknya.

2. Alasan izin. Dalam cara membuat surat izin sekolah, unsur ini sangat penting. Hal ini karena unsur inilah yang menentukan apakah surat yang kamu buat dapat diterima atau tidak. Kamu harus menulis alasan yang benar-benar logis.

3. Tanggal dan tempat pembuatan surat

4. Alamat tujuan

5. Salam pembuka

6. Kalimat pembuka surat

7. Isi suratnya

8. Salam penutup surat

9. Nama pengirim surat

Walaupun surat izin biasanya ditulis dan dibuat oleh pribadi, surat izin sekolah bisa dikatakan surat yang resmi. Oleh karena itu, dalam cara membuat surat izin sekolah sebaiknya ditulis secara jelas dan baku.

Sebelum mengenali contohnya, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal dalam cara membuat surat izin sekolah, yaitu:

– Kertas yang digunakan sebaiknya adalah kertas HVS. Dengan demikian, surat izin yang dibuat akan terlihat lebih rapi dan sopan.

– Jangan sampai ada coretan pada kertas HVS yang dipakai. Jika ada kesalahan dalam penulisan/pengetikan, usahakan untuk mengganti kertas tersebut dengan yang baru. Jangan sampai kamu meralat tulisan tersebut dengan tipe-x atau coretan.

– Tulislah surat izin dengan cara tulis tangan, dan usahakan pena yang dipakai berwarna hitam.

– Cara membuat surat izin sekolah selanjutnya di haruskan memakai amplop agar lebih rapi dan sopan.

Artikel ini bersumber dari hot.liputan6.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News