Sistem operasi computer sebagai salah satunya perangakat lunak yang terpenting dalam sebuah mekanisme computer. Tanpa mekanisme operasi, karena itu semua piranti keras sehebat apa saja tidak bisa dioperaskin dengan maksimal. Mekanisme operasi, pada umumnya bisa disimpulkan sebagai sebuah software atau piranti lunak yang berisi keseluruhnya mekanisme yang bisa menjalankan sebuah instalasi komputer.

Sama seperti yang dijumpai peranan tehnologi info dan komunikasi karena ada satu piranti seperti computer bisa membuat pemakai memudahkan terhubung info apasaja, ditambah dengan memakai internet. Tentu saja untuk terhubung internet membutuhkan beberapa piranti untuk terhubung internet seperti modem, baik itu modem kabel atau modem tanpa kabel.

Jalankan itu semua tentunya dengan piranti yang sudah diperlengkapi dengan mekanisme operasi, sudah pasti peranan khusus dari sebuah mekanisme operasi ialah lakukan operasi pada beragam jenis piranti keras computer, hingga bisa bekerja yang baik, dan mudah untuk digunakan, atau yang dalam bahasa teknisnya sering dikenal dengan istilah user friendly.

Apa saja jenis – jenis dari sistem operasi komputer?

Saat ini, sisitem operasi computer bukan hanya dipakai pada computer tipe individual computer dan desktop saja, tetapi dipakai pada handphone yang sering dipakai pada zaman globalisasi sekarang ini. Jika disaksikan berdasar contact atau interface dengan usernya, mekanisme operasi computer dapat dibagi jadi dua, yakni:

Command line interface

Command line interface atau CLI sebagai tipe mekanisme operasi computer yang mempunyai contact hubungan dengan usernya atau interfacenya memakai piranti keras yang berbasiskan huruf, angka, dan symbol. Sekarang ini, CLI telah jarang-jarang sekali, serta tidak dipakai benar-benar, apa lagi untuk kepentingan pemakai. CLI sering dipakai untuk kepentingan khusus saja, contoh dari mekanisme operasi berbasiskan CLI ini ialah mekanisme operasai DOS.

Graphical User Interface

Graphical user interface sebagai tipe mekanisme operasi computer yang memercayakan hubungan grafis antara pemakai atau pemakainya. Pemakainya bisa mendapat info lebih terang plus tambahan feature grafis, dan pewarnaan, hingga tidak monoton. GUI sering dipakai pada mekanisme operasi sekarang ini, sepert Windows dan Mac OS.

Beberapa Jenis Sistem Operasi Komputer Populer

Berikut ini adalah beberapa macam dan beberapa jenis mekanisme operasi computer yang terkenal dan banyak juga dipakai secara luas oleh berabagai pemakai di dunia, baik dari individual desktop computer atau computer yang tertancap dalam suatu piranti smartphone, yang dikenali dengan istilah handphone:

Windows

Siapa yang tak kenal dengan mekanisme operasi ini? Windows sebagai salah astu mekanisme operasi terpopuler, dan sering dipakai oleh beragam kelompok pemakai. Windows sebagai peningkatan dari mekanisme operasi DOS, yang telah memberikan dukungan feature GUI. Dimulai dari pertama kalinya dikeluarkan, yakni very 1.0, sekarang ini Windows telah masuk ke tingkatan perubahan terakhir kalinya, yatu windows versus 10.0

Kelebihan Sistem Operasi Windows

Windows menawarkan banyak feature kompatibilitas dan keringanan dalam menjalankan, hingga banyak memancing ketertarikan usernya. Disamping itu, windows lumayan gampang didalami, hingga dari sisi troubleshooting, mekanisme operasi windows kemungkinan dapat disebut mekanisme operasi terbaik.

Kekurangan Sistem Operasi Windows

Salah satu kekurangan dari mekanisme operasi windows ini ialah harga yang lumayan mahal, hingga banyak dilaksanakan pembajakan. Satu lisensi dapat bernilai beberapa ratus ribu rupiah. Disamping itu, bebeapa versus windows diaggap jelek performnya, seperti windows Vista.

Mac OS

Merupakan pesaing terdekat dari mekanisme operasi Windows. Mac OS atau Macintosh sebagai mekanisme operasi yang dibuat oleh Apple, Inc. jika disaksikan dari riwayat pembikinan dan pengembangannya, Mac OS sebagai mekanisme operasi pertama kali yang memberikan dukungan GUI atau mekanisme Graphical Pemakai Interface.

Kelebihan dari Mac OS

Ada banyak kelebihan dar mekanisme operasi Mac OS, yakni memliki tingkat keamanan atau security yang lumayan baik dan konstan, dan penampilan grafis yang baik sekali, hingga kelihatan menarik.

Kekurangan dari Mac OS

Meskipun memiliki banyak feature menarik, dan memilki kualitas interface yang baik sekali, tetapi Mac OS sebagai salah satunya mekanisme operasi yang egois, karena tidak memberikan dukungan mekanisme computer berbasiskan IBM. Disamping itu, beberapa piranti kerasnya juga memilki kekhasan sendiri, hingga banyak yang tidak cocok dengan piranti keras yang dapat dipakai pada windows.

Mekanisme operasi Mac OS condong susah untuk dilaksanakan troubleshooting, plus mempunyai harga yang mahal, sama dengan mekanisme operasi windows.

Linux

Linux merupakan sistem operasi yang memiliki sifat open source. SIfat ini memiliki arti Linux mempunyai source kode pemrograman yang dapat dirubah dan diubah sesuai tekad usernya. Linux sebagai salah satunya tipe mekanisme operasi computer yang gratis, dan memilki ongkos yang paling murah jika dibanding dengan Mac dan Windows.

Baca Juga : Microsoft Online

Kelebihan dari Linux

Linux memiliki kestabilan mekanisme operasi yang bagus, hingga kerap dipakai sebagai mekanisme operasi pada server. Disamping itu, linux, yang dikeluarkan dengan memercayakan mekanisme distribusi, atau yang dikenali bernama distro, mempunyai banyak opsi distro yang dapat disamakan dengan keperluan usernya. Untuk anda yang suka mengutak atik mekanisme operasi, karena itu linux adalah opsi yang pas buat anda.

Kekurangan dari linux

Sayangnya, linux sebagai salah satunya tipe mekanisme operasi computer yan gkurang terkenal. Beberapa orang telah menyimpan hati pada Mac atau windows, hingga ini membuat reputasi dari linux turun drastic.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News