customer.co.id – Saat ini sudah banyak pelaku usaha yang membuat kerajinan dari berbagai macam barang bekas. Salah satu barang bekas yang cukup banyak digunakan sebagai kerajinan tangan adalah botol.

Sebab, botol bekas sangat mudah ditemukan. Tak perlu harus mencarinya hingga ke dalam tempat sampah, botol bekas bisa didapat setelah kamu membeli air mineral dalam kemasan. Setelah habis, botol tersebut bisa kamu simpan dan diubah menjadi suatu kerajinan tangan.

Lantas, seperti apa kerajinan tangan dari botol bekas? Lalu bagaimana cara membuatnya? Simak penjelasannya dalam artikel berikut ini yuk detikers.

Ada banyak sekali kerajinan tangan yang bisa dibuat dari botol bekas. Dijelaskan dalam buku 55 Kreasi Kreatif dari Botol Plastik Bekas oleh Iva Hardiana, berikut 10 contoh kerajinan dari botol bekas.

Kerajinan dari botol bekas yang pertama adalah toples permen. Untuk membuatnya, siapkan sejumlah alat yakni gunting, kuas, cat acrylic, lem dan karton. Bila semua sudah siap, ikuti langkah-langkah berikut:

– Siapkan satu botol plastik lalu dipotong menjadi dua bagian- Bagian atas dari botol digunting dan ditekuk ke bawah hingga membentuk bunga- Seluruh permukaan botol dicat dengan cat acrylic- Kini saatnya membuat tutup toples, langkah pertama gunting karton yang ukurannya sama dengan besar diameter toples dan lapisi dengan kain perca- Setelah itu, rapikan bagian tepinya ke bagian dalam. Setelah itu gabungkan keduanya hingga berbentuk tutup toples- Tambahkan dengan berbagai hiasan- Selesai, kini toples permen telah jadi dibentuk

Kamu juga bisa membuat rumah boneka dari botol bekas lho. Siapkan alat mulai dari gunting, kuas, karton, lem dan cat air. Jika alat-alat sudah siap, ikuti caranya di bawah ini:

– Pertama, botol plastik dipotong menjadi 3/4 bagian. Setelah itu ambil bagian bawah botol dan digunting bagian tengahnya berbentuk pintu- Siapkan cat air dan warnai botol sesuka hati detikers- Langkah selanjutnya membuat atap, pertama gunting karton berbentuk setengah lingkaran dan dilapisi dengan kain perca- Gabungkan kedua ujungnya dan rekatkan hingga berbentuk atap- Gabungkan atap pada rumah dan rekatkan- Selesai, rumah boneka sudah jadi

Inspirasi kerajinan tangan dari botol bekas selanjutnya yakni dibuat dalam bentuk pot bunga. Cukup siapkan pisau atau gunting, kamu sudah bisa membuat pot bunga dari botol bekas. Simak langkah-langkahnya berikut ini.

– Potong botol plastik dengan gunting atau pisau menjadi dua bagian- Beri lubang di bagian bawah botol agar air tidak mengendap di dalam- Masukkan pupuk ke dalam botol- Selesai, pot bunga sederhana dari botol bekas sudah siap dipakai

Tak hanya pot bunga, detikers juga bisa membuat kerajinan tangan berbentuk sapu dari botol bekas. Siapkan alat yaitu gunting, kawat, dan kayu. Biar nggak bingung, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

– Langkah pertama, gunting botol menjadi dua bagian namun jangan digunting sampai terbelah, cukup sampai di lubang botol- Bila sapu ingin kuat dan kokoh, gunting lagi satu botol seperti cara yang pertama, lalu gabungkan kedua botol tersebut- Gunting satu per satu bagian bawah botol hingga menyerupai garis, hal ini agar bagian bawah botol bisa berfungsi seperti sapu- Jika sudah, masukkan kayu ke dalam lubang botol- Selesai, kerajinan sapu dari botol bekas sudah bisa digunakan

Selain dibuat menjadi sapu, detikers juga bisa mengubah botol bekas menjadi lampu hias yang unik lho. Siapkan alat seperti pisau, obeng, bohlam lampu, lem, dan tiang berukuran kecil. Bila sudah, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

– Pertama, gunting bagian bawah botol- Cat botol yang sudah digunting sesuai keinginan detikers dan tunggu sampai kering- Bila sudah, masukkan bohlam ke dalam botol- Pasangkan tiang berukuran kecil agar botol bisa berdiri- Lampu hias dari botol bekas sudah jadi

Kamu juga bisa membuat kerajinan gelas dari botol bekas. Cukup siapkan alat seperti gunting, kepingan cd, dan lem. Bila semua alat sudah ada, ikuti cara-caranya di bawah ini:

– Potong botol bekas menjadi dua bagian- Bagian lubang botol ditempel dengan kepingan cd, jangan lupa di lem agar kuat- Beri warna botol sesuai dengan keinginan detikers- Gelas dari botol bekas sudah siap dipakai

Kalau detikers ingin membuat sebuah kerajinan tangan dari botol bekas yang unik, kamu bisa membuat dalam bentuk pohon. Pertama, siapkan dulu sejumlah alat seperti papa, paku, cat, lem, dan gunting. Bila sudah, simak langkah-langkahnya berikut ini:

– Pertama, potong sejumlah papan menjadi bentuk batang pohon- Gabungkan potongan papan tersebut dengan lem untuk dibentuk menjadi sebuah pohon- Potong lagi sejumlah papan untuk membentuk ranting pohon, bila sudah gabungkan dengan papan yang sudah dibentuk pohon- Untuk membuat daun-daun, detikers bisa menggunting bagian bawah botol- Jika sudah, warna botol tersebut dengan warna hijau agar menyerupai daun- Lubangi bagian bawah botol dengan paku- Masukkan tali ke dalam lubang pada botol, lalu ikat ke ranting pohon- Susun hingga rapi sampai membentuk pohon yang sempurna

Kerajinan dari botol bekas selanjutnya adalah membuat tempat sikat gigi di kamar mandi. Siapkan sejumlah alat seperti cat acrylic, spidol, dan gunting. Biar nggak bingung, ikuti langkah-langkah berikut ini:

– Gunting botol menjadi dua bagian- Kreasikan bagian botol tadi dengan menggunakan cat acrylic agar lebih berwarna- Kamu juga bisa mengkreasikan tempat sikat gigi tadi dengan menggunakan spidol- Selesai, tempat sikat gigi sudah bisa digunakan

Botol bekas juga bisa dibuat menjadi mainan kapal-kapalan untuk si kecil. Siapkan sejumlah alat seperti gunting, lem, dan kayu. Jika alat sudah siap, ikuti caranya di bawah ini:

– Gunting bagian botol menjadi dua sisi- Hiasi botol dengan kayu dan botol plastik sisa untuk membentuk layar kapal- Jika sudah, tempel kayu tersebut ke dalam botol dengan lem- Selesai, kapal dari botol bekas sudah siap berlayar

Inspirasi kerajinan dari botol bekas selanjutnya adalah membuat mainan mobil-mobilan. Cukup siapkan sejumlah alat seperti gunting, lem, kayu berukuran kecil, dan cat, jika semuanya sudah siap ikuti langkahnya berikut ini:

– Bentuk botol bekas seperti mobil-mobilan yang unik dan keren, di sini detikers bisa bebas berkreasi sesuai keinginan- Lubangi bagian sisi samping botol, lalu masukan kayu berukuran kecil- Jika sudah, tempel ujung kayu dengan tutup botol untuk membentuk roda- Selesai, mobil-mobilan dari botol bekas sudah bisa dimainkan

Tak hanya melatih kreativitas, ada sejumlah manfaat lain yang didapat dari membuat kerajinan tangan menggunakan botol bekas. Mengutip situs Styles at Life, berikut beberapa keuntungan membuat kerajinan dari botol bekas.

1. Menggunakan kembali bahan limbah yang sudah tidak terpakai sehingga bisa didaur ulang2. Meningkatkan kreativitas dan keterampilan3. Mengembangkan usaha kecil dengan fokus menjual kerajinan tangan dari botol bekas4. Mendukung program ramah lingkungan5. Membuka lapangan kerja bagi masyarakat6. Memperkuat pertumbuhan ekonomi

Nah, itu dia detikers 10 kerajinan dari botol bekas beserta dengan cara membuatnya dan sejumlah keuntungan yang didapat. Jadi, bila ada botol bekas di sekitar rumah sebaiknya jangan dibuang, kamu bisa mengubahnya menjadi sebuah kerajinan tangan yang unik. Selamat mencoba!

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website detik.com. Situs https://customer.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://customer.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News