customer.co.id – Gaya Hidup – Resep kuah pempek yang enak, ternyata mudah dibuat. Dengan bahan yang mudah ditemui, kuah pempek yang dibuat di rumah tak akan kalah rasanya dengan yang dijual oleh penjual asli pempek.

Pempek sendiri merupakan makanan khas asal Palembang yang terbuat dari bahan daging ikan yang digiling hingga lembut, kemudian dicampur dengan tepung kanji atau tepung sagu. Ditambahkan pula bahan lainnya seperti bawang putih yang dihaluskan, penyedap rasa dan lain sebagainya.

Adonan pempek yang jadi, akan digoreng garing. Meski garing di bagian luar, pempek akan terasa lembut di bagian dalam. Belum lagi jika ada pempek yang diisi dengan telur. Penyajian pempek tak hanya sampai di situ saja, biasanya disajikan bersama dengan kuahnya.

Kuah pempek sendiri pada atau yang juga disebut dengan cuko, memiliki rasa asam manis yang cocok banget mendampingi pempek. Nah, buat kamu yang lagi mencari resep kuah pempek yang enak, yuk simak kumpulan resepnya berikut ini.

1. Resep kuah pempek (tekstur cair agak pedas)

Bahan-bahan kuah pempek:

– 1 buah cabai besar- 3 siung bawang putih- 7 buah cabai rawit- 125 ml air- 125 gram gula jawa- 1/4 sdt garam- 1/4 sdt penyedap rasa- 1 sdt asam jawa

Cara membuat kuah pempek

1. Langkah pertama adalah haluskan cabai besar, cabai rawit, bawang putih dan tambahkan sedikit air. Bisa juga diulek hingga halus.2. Selanjutnya, iris harus gula merah agar lebih mudah larut dalam air ketika dimasak. Lalu, panaskan 125 ml air, masukkan gula merah yang telah diiris. Masak dengan api kecil sambil terus diaduk hingga gula larut.

3. Kemudian, tambahkan cabai yang telah dihaluskan sebelumnya,. Tambahkan garam, penyedap rasa kemudian aduk-aduk hingga rata dan mendidih.4. Perhatikan jika kulit cabai yang direbus sudah mengumpul di tengah dan air mendidih, rambahkan asam jawa. Tekan-tekan kemudian diaduk dan tunggu sebentar hingga mendidih.5. Setelah selesai saring kuah pempek dan kuah siap disajikan bersama dengan pempek.

(Sumber resep, YouTube Puguh Kristanto Kitchen)

2. Resep kuah pempek kental asli Palembang

Bahan-bahan kuah pempek:

– 500 gr gula aren- 1 liter/5 gelas air- 2 bongkah/100 gr bawang putih- 100 gr cabe rawit- 1/2 sdt garam- 2 sdm asam jawa

Cara membuat kuah pempek

1. Langkah pertama adalah siapkan air sebanyak 1 liter ke dalam wadah. Kemudian masukkan 500 gram gula arem ke dalam air (bisa juga diiris terlebih dulu agar lebih mudah larut).2. Masak air beserta gula aren dengan api sedang hingga mendidih. Jangan lupa tambahkan asam jawa kemudian aduk-aduk hingga campuran bahan mendidih.3. Setelah asam jawa larut dan air mengental, selanjutnya angkat dan saring campuran bahan tersebut. Pastikan tidak ada yang menggumpal.4. Setelah itu pindahkan kembali ke wadah dan dimasak kembali.

5. Sembari menunggu air yang telah disaring sebelumnya mendidih, siapkan bawang putih dan cabai rawit.6. Kupas bawang putih lalu haluskan bersama dengan cabai rawit. Jika tak ada blender, bisa diulek hingga halus.7. Selanjutnya, masukan bumbu tersebut ke kuah pempek yang sedang dimasak. Jangan lupa tambahkan setengah sdt garam, aduk hingga merata.8. Tunggu hingga mendidih dan diamkan sebentar. Angkat dan kuah pempek siap jadi pendamping pempek.

(Sumber resep kuah pempek: YouTube Yuniar Loli Kitchen)

3. Resep kuah pempek Palembang

Bahan-bahan kuah pempek:

– 1 kg Gula aren- 140 gr cabe rawit- 140 gr bawang putih- 4 sdm gula pasir- 30 gr garam- cuka masak- kecap asin atom cap bulan- 1600 ml air

Cara membuat kuah pempek:

1. Langkah yang pertama adalah rebus gula air bersama dengan 1600 ml air (bisa diiris terlebih dahulu agar gula cepat larut). Masak dengan api sedang dan jangan lupa tambahkan gula pasir dan garam.2. Sembari menunggu gula aren larut, haluskan bawah putih dan cabai rawit dengan blender. Bisa juga diulek hingga benar-benar halus.3. Kemudian, setelah air mendidih, saring agar tidak ada bahan lain yang menggerindil. Barulah setelah itu tambahkan bumbu cabai dan bawang putih yang telah dihaluskan tadi ke dalam kuah pempek.

4. Aduk-aduk hingga merata kemudian matikan kompor lalu tutup dan biarkan hingga kuah mendingin. Tambahkan cuka masak sebanyak 5 sdm, jika masih kurang pas, bisa ditambahkan kembali.5. Tambahkan pula 4 sdm kecap asin ke dalam kuah pempek. Aduk hingga tercampur rata. Apabila rasa sudah pas, kuah pempek siap disajikan.

(Resep kuah pempek: YouTube THE HAKIM’S)

4. Resep kuah pempek cuko kental

Bahan-bahan kuah pempek:

– 100 g cabe rawit- 100 g bawang putih- 1 ltr air- 1 kg gula batok aren- 1 sdt garam- 40 gram asam jawa

Cara membuat kuah pempek:

1. Langkah pertama untuk membuat kuah pempek adalah rebus air bersama dengan gula batok aren dan juga asam jawa. Masak dengan api sedang hingga mendidih dan gula larut.2. Sembari menunggu gula aren larut, haluskan cabai rawit bersama dengan bawang putih menggunakan blender. Bisa juga dengan cara diulek hingga benar-benar halus.3. Setelah kuah pempek mendidih dan gula larut sepenuhnya, angkat dan saring terlebih dahulu agar gumpalan yang menempel pada gula dan asam jawa sebelumnya tersaring.4. Kemudian, masak lagi hingga mendidih dan jangan lupa tambahkan bumbu cabai dan bawang yang sebelumnya telah dihaluskan. Masak kembali selama kurang lebih 15 menit agar aroma bawang tidak langsung.5. Setelah mendidih, aduk-aduk kuah dan tetap menggunakan api kecil agar busa dari kuah pempek tidak meluap.6. Tambahkan pula garam agar rasanya semakin pas. Setelah siap, angkat dan kuah pempek siap disajikan.

(Sumber resep kuah pempek: YouTube Pujie Mami Raisa)

Demikian adalah sederet kumpulan resep kuah pempek yang telah tim rragkum untuk kamu. Bahan yang mudah dan cara yang simpel bisa kamu langsung praktekkan di rumah.

Sebagai informasi tambahan, ternyata kuah pempek memiliki filosofi tentang kehidupan lho. Kuah pempek yang manis dan asam, dijadikan sebagai sebuah pengingat agar manusia bisa menjalani kehidupannya dengan realistis. Jika ada kecewa atau sedih, bisa tetap tergar meski ada pencapaian yang belum tercapai.

Meski mengingatkan manusia agar hidup realitis, tetap jangan pantang menyerah. Namun agar sadar bahwa hidup tak selamanya bahagia. Begitupun saat sedih, kesedihan tak akan mendominasi kehidupan selamanya.

Akhir kata semoga artikel resep dan informasi sedikit mengenai filosofi pempek di atas dapat bermanfaat bagi anda dan selamat mencoba! (bbi)

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News