customer.co.id – Menurut Kepala Divisi Hubungan Kelembagaan MIND ID, Niko Chandra, filosofi tema tersebut berasal dari refleksi keberadaan BUMN holding tambang itu bersama anggotanya PT Antam Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero), PT Timah Tbk yang mengelola komoditas tambang yang bermanfaat bagi kehidupan.

“Produk tambang memang bermanfaat bagi kehidupan manusia, tema Hasil Tambang untuk Kehidupan akan dibagi lagi kedalam lima sub-tema yang bisa dipilih oleh jurnalis.” kata Niko. “Kelima sub-tema tersebut merupakan cara MIND ID mewujudkan mandat Pemerintah terkait pengelolaan sumber daya alam strategis Indonesia” tambahnya.

Ke lima sub-tema kompetisi jurnalistik tersebut yakni Meningkatkan pertumbuhan eksplorasi dan produksi; Digitalisasi industri pertambangan; Membangun aset hilirisasi berskala global; Aliansi strategis ekspansi bisnis hilirisasi; dan Optimasi portofolio dan keberlanjutan.

Ada empat kategori dalam kompetisi MediaMIND 2022 yakni Kategori News Feature untuk Media Cetak dan Media Online, Kategori Hard News untuk Media Cetak dan Media Online, Kategori Foto, dan Kategori Televisi.

Semua karya jurnalistik tersebut merupakan artikel yang sudah tayang di media jurnalis terkait selama periode 16 Oktober 2021 sampai 16 Oktober 2022.

Niko menyatakan tema “Hasil Tambang untuk Kehidupan” secara umum menggambarkan kiprah Grup MIND ID khususnya pada aspek eksplorasi, operasi dan produksi, manajemen, sumber daya manusia, keuangan, dan pengembangan usaha.

“Ini kita terapkan melalui kebijakan manajemen strategis dan aktif di setiap proses bisnis Anggota MIND ID” ujar Niko.

Dalam keterangan tertulis, Grup MIND ID terus mendorong daya saing usaha di setiap komoditas fernonikel, bijih nikel, emas, bauksit, batubara, aluminium, tembaga hingga timah. Di sepanjang tahun 2021 mayoritas komoditas yang di kelola memberikan kontribusi positif bagi Perusahaan.

Selain fokus kepada kinerja operasional, Grup MIND ID juga berkomitmen terhadap kinerja lingkungan. Tahun 2021 Grup MIND ID mencatat realisasi kewajiban reklamasi seluas 931,25 hektar di sepanjang tahun 2021. Sedangkan sampai dengan tahun 2021, tercatat total area reklamasi seluas 5.814 hektar.

Niko melanjutkan, bagi karya terbaik, tersedia total hadiah sebesar Rp200 juta untuk pemenang satu sampai tiga di empat kategori tersebut. Untuk informasi MediaMIND 2022, jurnalis bisa menghubungi narahubung melalui pesan aplikasi Whatsapp di 087763301907 (Vania) dan 081396428707 (Tasya) di jam kerja dari pukul 09.00 hingga pukul 17.00.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://customer.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://customer.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News