Daihatsu Taft F70 atau lebih dikenal dengan Taft GT menjadi mobil yang masih digemari walaupun sudah berusia lebih dari 30 tahun. Harga mobil Taft GT murah dan cenderung stabil. 

Mobil Taft GT ini masih diburu para pecinta petualangan dan offroad. Apakah kamu salah satu yang mengincar mobil ini? Yuk, simak dulu informasi seputar Daihatsu Taft GT berikut ini. 

Harga mobil Taft bekas

Mobil Taft GT tersedia dalam kondisi bekas dengan harga yang murah. Berikut ini harga mobil Taft GT bekas dan murah, juga varian Taft lainnya dengan urutan dari harga paling murah: 

Tipe Tahun Harga
Mobil Taft GT Independent 2.5 4×4 1981 Rp45  juta
Mobil Taft GT 4×4 diesel M/T 1992 Rp 65 juta
Mobil Taft Kebo  4×4 1981 Rp65 juta
Mobil Taft GT Independent 4×4 1997 Rp100 juta
Mobil Daihatsu Taft 2000 Rp115 juta
Mobil Taft Rocky Independent 2000 Rp120 juta
Mobil Taft GT Independent diesel 1996 Rp129 juta
Mobil Taft Hiline diesel 2.5 1993 Rp138 juta
Mobil Taft 2.8 Rocky SUV diesel 2000 Rp160 juta

Spesifikasi Daihatsu Taft GT

Daihatsu Taft GT diperkenalkan tahun 1985 sebagai pengganti atas pensiunnya generasi kedua. Sebagai salah satu jenis mobil offroad terbaik, Daihatsu Taft F70 sudah dibekali spesifikasi yang tangguh. 

Mesin diesel 4 silinder berkode DL41 2.765 cc dengan transmisi manual 4-speed besar dibandingkan generasi sebelumnya.

Mesinnya juga memiliki teknologi indirect injection yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 72 daya kuda. Kemudian, mesin ini sudah diberikan timing gear sebagai penggerak katupnya dengan pompa injeksi in-line.

Namun, di tahun 1988, mesin diesel DL41 tersebut diperbarui dengan DL42 dengan kapasitas yang sama. Perbedaannya terletak pada timing belt sebagai penggerak katup dengan pompa injeksi rotari, menggantikan pompa injeksi in-line. 

Lalu, mobil transmisi manual ini juga mengalami pembaruan transmisi pada tahun 1991 yang semula hanya empat percepatan menjadi lima percepatan.  

Mobil ini memiliki tempat duduk 2+2 yang cukup lega dengan perlengkapan standar seperti power steering dan central door lock model engsel tarik.  

Kemudian, mobil Taft GT juga sudah dilengkapi dengan sabuk pengaman, lampu depan halogen, voltmeter, tachometer, indikator 4WD, hingga jam digital.

Sekilas tentang Daihatsu Taft GT

Taft GT merupakan generasi ketiga dari mobil Daihatsu Taft yang paling legendaris. Bahkan, banyak orang menyebut Taft GT untuk semua varian generasi ini. Mobil ini hadir paling lama dibandingkan generasi lainnya, yaitu mulai 1985 sampai 1995.

Penerus dari Daihatsu Taft F50 generasi kedua ini disukai oleh berbagai kalangan, terutama mereka yang tinggal di pekerjaan perkebunan, proyek, maupun pertambangan. 

Daihatsu Taft F70 memiliki dua varian, Short Wheelbase (SWB) dan Long Wheelbase (LWB) yang diperkenalkan pada 1986. Keduanya memakai mesin berpenggerak 4×4 sehingga dikenal sebagai mobil Taft GT 4×4.

Namun pada jenis LWB hanya diperkenalkan dalam tipe pickup saja.  Berkat kesuksesannya, PT Astra Daihatsu Motor meluncurkan Daihatsu Taft F69 Hiline yang merupakan versi 4×2 dari Daihatsu F70. 

Daihatsu Taft F69 memiliki tiga wheelbase yang berbeda, antara lain short (Daihatsu Taft Hiline GTS), medium (Daihatsu Taft F69 Hiline GTX), dan long (Daihatsu Taft F69 Hiline GTL). 

Kelebihan mobil Daihatsu Taft GT

Walaupun mobil Taft GT ini murah, tetapi ada berbagai kelebihan yang dimiliki sehingga membuatnya tidak kehilangan penggemar. Berikut ini sederet kelebihan yang dimiliki oleh Daihatsu Taft GT:

Tampilannya yang gagah 

Alasan utama mengapa mobil satu ini tidak kehilangan penggemar karena tampilannya yang gagah dan elegan, meskipun sudah tua sekalipun.

Ukuran tubuh mobil ini yang cukup tinggi menambah kegagahannya. Bahkan tinggi mobil Taft GT, mengalahkan pesaingnya yaitu Suzuki Jimny.

Performa yang Tinggi

Performa yang dimiliki mobil ini tidak main-main. Pasalnya, kekuatan atau tenaga mobil jadi gahar berkat mesin diesel 2,8 liter dengan 4 silinder yang dimilikinya. Mobil Daihatsu Taft GT ini mampu menunjang kegiatan offroad dengan mudah.

Irit bahan bakar

Keiritan bahan bakar Taft GT tidak perlu diragukan lagi. Mobil ini cukup irit bahan bakar karena menggunakan solar sehingga masih layak digunakan hingga saat ini. Misalnya, Daihatsu Taft keluaran tahun 1991 ini mencatat 1 liter bahan bakar solar untuk 10,2 km. 

Selain itu, Taft GT juga tergolong aman walaupun menggunakan solar kualitas rendah.

Perawatan yang murah 

Meskipun usianya sudah puluhan tahun, nyatanya spare part mobil masih melimpah. Harga spare part mobil Taft GT juga cenderung murah. Sebagai contoh, harga shockbreaker satu set dengan label Monroe yang panjang 70 cm harganya Rp450 ribu.

Kekurangan mobil Taft GT 

Tak hanya kelebihannya, Taft GT juga memiliki kelemahan yang harus menjadi bahan pertimbangan ketika hendak membelinya. Berikut ini sederet kelemahan dari Taft GT: 

  • Penumpang akan mudah kepanasan karena blower-nya belum bisa diandalkan untuk mendinginkan penumpang.  
  • Kopling yang keras sehingga membutuhkan pembiasaan diri. Kamu juga mengakalinya dengan mengganti perangkat kopling dengan menggunakan tipe silent
  • Suhu mesin diesel yang tinggi sehingga proses penguapan oli mesin akan berjalan cepat. Pemilik Taft GT harus rutin memeriksa olinya.  
  • Radius putar mobil ini termasuk kecil di kelasnya. Alhasil, pengemudi akan mengalami kesulitan jika harus mengambil putaran u-turn

Perhatikan hal ini sebelum membeli mobil Taft GT murah

Ketika hendak membeli mobil tua seperti Daihatsu Taft GT ini, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Apapun varian Daihatsu Taft yang akan kamu beli, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut: 

1. Kondisi mesin

Sebagai komponen utama dalam sebuah mobil, pastikan kamu sudah memeriksa bagian mesinnya. Mesin mobil sebaiknya tidak memiliki suara terlalu bising, getaran terlalu kuat, tau mengeluarkan asap hitam. Umumnya, jika tiga masalah ini terjadi, maka mobil tersebut memiliki mesin yang bermasalah. 

2. Kaki-kaki mobil 

Jika kamu hendak memiliki mobil Taft GT murah dalam kondisi bekas, tetapi kondisinya kaki-kaki miring sebelah, maka bisa berbahaya. 

Untuk mengujinya, kamu bisa meminta test drive kepada pemilik lalu membawanya di jalanan yang lurus dan rata.

Kalau ternyata kaki-kaki pada bagian kanan dan kiri seimbang, maka kondisi dalam keadaan baik. Begitu juga sebaliknya, jika terasa tidak seimbang, maka kamu nanti harus membawanya kepada bengkel kaki-kaki mobil terdekat. 

3. Kondisi aki

Hal penting yang harus diperhatikan adalah akinya. Mengingat Taft masih memiliki mesin diesel konvensional dan busi pemanas (glow plug), maka akinya harus besar. Berbeda dengan mobil diesel terbaru yang sudah memiliki kunci kontak diputar on mesin langsung bisa hidup. 

Maka dari itu, agar aki lebih awet, pemlik bisa mengganti suplai arus pengisiannya dengan ampere lebih besar dan memakai IC untuk mengganti sistem regulatornya.

4. Kelengkapan surat

Apapun jenis mobil yang kamu beli, sebaiknya memperhatikan kelengkapan berkasnya. Pastikan Daihatsu Taft GT yang dibeli dengan harga murah tersebut memiliki kesamaan dari nomor mesin dan rangka yang tertera di STNK dan BPKB. 

Selain itu, surat-surat tersebut harus ditulis atas nama pemilik asli si mobil. Jika tidak, nanti kamu akan mengalami kesulitan ketika hendak balik nama.

Tips dari Lifepal! Daihatsu Taft F70 atau Taft GT menjadi mobil yang masih banyak penggemarnya, walaupun sudah berusia lebih dari 30 tahun. Harga mobil Taft GT pun murah dan cenderung stabil.

Walaupun mobil Taft GT ini murah, tetapi ada berbagai kelebihan yang dimiliki sehingga membuatnya tidak kehilangan penggemar. Ketika hendak membeli mobil tua seperti Daihatsu Taft GT ini, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dan periksa.

Jangan lupa untuk melindungi mobil kesayanganmu dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Asuransi mobil Taft GT murah sesuai kebutuhanmu

Ketika membeli mobil bekas, terutama yang usianya di atas 10 tahun, maka membutuhkan biaya perbaikan agar nyaman.

Selain itu, karena faktor usia tersebut, mobil bekas juga perlu mendapatkan asuransi karena beberapa bagiannya akan cepat rusak.  

Asuransi mobil memberikan manfaat berupa penggantian biaya servis akibat kerusakan karena kecelakaan maupun bencana alam. Dengan asuransi mobil kamu tidak perlu khawatir lagi jika terjadi sesuatu dengan mobil kamu. 

Cari tahu di Lifepal daftar asuransi mobil terbaik di Indonesia yang bisa kamu pertimbangkan menggunakan kuis asuransi mobil terbaik di bawah ini. 

Pertanyaan seputar mobil Taft GT murah

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News