customer.co.id – Apakah Anda ingin hubungan keluarga Anda semakin harmonis dan akrab? Mari lakukan 14 cara berpikir positif di keluarga. Rasakan keharmonisan keluarga Anda yang semakin kental.

Selamat membaca dan praktikkan dalam keluarga Anda!

Rubrik Finansialku

Keluarga yang Harmonis dan Akrab

Tidak ada sebuah keluarga yang sempurna di dunia ini. Kehidupan dalam keluarga memiliki kompleksitas tersendiri yang terkadang bisa menambah tingkat stres dan kejenuhan. Namun tetap saja, keluarga adalah harta berharga yang kita miliki, bukan?

Setiap hari kita harus berhadapan dengan keluarga kita.

Entah itu dengan suami yang terkadang lupa menaruh barang, sang istri yang seringkali dianggap terlalu cerewet karena terlalu peduli dengan keluarga, atau bahkan menghadapi tingkah laku anak yang manja atau yang sulit diatur.

[Baca Juga: 14 Cara Berpikir Positif di Tempat Kerja yang Perlu Kita Praktikkan]

Jika di kantor kita ingin bawahan kita mengikuti aturan kita, sudah tentu mereka akan melakukannya karena kita atasannya atau orang yang memberinya gaji. Namun, bagaimana jika berurusan dengan keluarga.

Tentu dalam lubuk hati yang paling dalam, kita ingin segala sesuatunya sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Namun, apakah hal itu bisa terjadi? Bisakah kita mengubah sifat seseorang atau memaksakan orang lain melakukan apa yang kita mau?

14 Cara Berpikir Positif di Keluarga

Daripada berpikir keras untuk mengubah tingkah laku orang lain yang belum tentu membuahkan hasil dan malahan membuat kita semakin stress.

Ada baiknya kita mengubah pola pikir kita terlebih dahulu dan membenahi dari dalam diri.

Mari lakukan 14 cara berpikir positif di keluarga!

#1 Kelilingi Diri Anda Dengan Orang-Orang Yang Berpikir Positif

Kebiasaan positif itu menular, jadi carilah teman dan anggota keluarga yang melihat sisi baiknya untuk mengelilingi diri Anda.

#2 Bergembiralah Karena Hidup Anda Tidak Membosankan

Hidup ini layaknya sebuah roda yang terkadang di atas dan sesekali di bawah. Ada kalanya senang dan tentu saja sedih pun melanda.

Jika kita hanya mengalami satu sisi kehidupan saja tanpa merasakan sisi kehidupan lainnya, tentu Anda akan merasa bosan.

Jadikan setiap hal yang terjadi dalam hidup Anda sebagai sebuah tantangan yang akan membuat Anda bergairah dalam menjalani kehidupan yang penuh liku dan menyenangkan ini.

#3 Lihatlah Gambaran Besarnya

Jangan terlalu memikirkan hal-hal yang sepele. Pusatkan pada gambaran besarnya. Belajarlah untuk melepaskan hal-hal yang tidak terlalu penting. Pikirkan keharmonisan keluarga.

[Baca Juga: 17 Cara Berpikir Positif di Kehidupan Anda yang Perlu Kita Praktikkan]

#4 Lepaskan Masa Lalu

Hanya berkutat dengan masa lalu, akan membuat Anda tidak akan maju dan meraih masa depan.

Jika Anda sering terbawa dengan pikiran-pikiran masa lalu yang membuat Anda merasa depresi, alihkan perhatian Anda kepada hal-hal yang positif. Hal ini akan menjaga Anda untuk tetap fokus pada masa depan Anda.

#5 Kembangkan “Mantra” Pribadi

Pilih kata-kata yang dapat membangun Anda. Ulangi setiap kata tersebut setiap hari atau ketika Anda sedang teringat dengan hal-hal yang mengganggu.

Misalnya:

“Saya adalah pribadi yang berharga” atau “Hidup saya dipenuhi dengan kebaikan”

Setiap kata tersebut secara tidak langsung akan menjadi persepsi positif dan stimulus yang baik bagi Anda sehingga Anda semakin bersemangat dan memandang setiap tantangan menjadi kerikil yang tidak cukup berarti.

#6 Berbagi Cerita Dengan Sahabat

Temukan sahabat yang dapat diajak bertukar pikiran, terutama mereka yang pernah merasakan hal yang sama dengan Anda atau setidaknya mereka yang dapat menempatkan diri seperti Anda.

Bagikan perasaan negatif Anda kepada seorang teman, anggota keluarga atau bahkan seorang profesional kesehatan mental. Tentu saja mereka adalah orang yang Anda percayai dan tidak akan menyebarkan cerita Anda.

[Baca Juga: 9 Cara Hidup Sukses yang Dijalankan oleh 80% Orang Sukses di Dunia. Berapa Banyak yang Sudah Anda Jalankan?]

Anda mungkin akan merasa lebih baik setelah membagikan beban hidup Anda dan menerima berbagai nasihat dari mereka.

Ada kalanya, ketika mereka tidak memberikan solusi, Anda tetap akan merasakan kelegaan ketika sudah membagikan permasalahan Anda.

#7 Lakukan Sesuatu Yang Baik

Ingin merasa lebih baik? Cobalah melakukan sesuatu yang baik untuk seseorang yang Anda sayangi. Anda akan merasa lebih baik ketika Anda berbuat baik kepada orang lain.

Pernahkah Anda melakukan kebaikan kepada orang yang pernah menyakiti hati Anda?

Cobalah untuk melakukan kebaikan padanya, dan tetap berpikir positif walaupun orang tersebut tidak menerima kebaikan Anda sesuai dengan yang Anda harapkan.

#8 Manjakan Diri Anda

Salah satu cara untuk mengingatkan diri Anda akan hal positif yang ditawarkan kehidupan adalah dengan memanjakan diri Anda.

Lakukan kegiatan atau hal apapun yang Anda sukai.

Entah itu dengan sekotak cokelat (hati-hati dengan kadar gula Anda), pijat atau sekedar jalan-jalan di taman atau di mall untuk sekadar windows shopping.

Tentukan waktu “me time” untuk memanjakan diri Anda.

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

#9 Ingatkan Diri Anda Akan Berkat Yang Anda Terima

Pernahkah Anda berpikir bahwa Anda sangat diberkati setiap harinya?

Pernahkah Anda merasa bersyukur atas keluarga Anda, atas teman-teman atau sahabat Anda, atau bahkan ketika Anda hanya memiliki sedikit uang atau sedikit makanan di meja makan Anda?

Tahukah Anda bahwa orang kaya adalah mereka yang merasa bersyukur atas segala berkat yang diterima?

#10 Katakan Terima Kasih

Katakan rasa syukur Anda. Rasa syukur dan terima kasih akan membuat Anda semakin berpikir positif dalam menjalani hidup.

Dorongan semangat akan timbul saat kita menyadari betapa bersyukurnya kita atas hidup ini.

#11 Pikirkan Hal-Hal Positif Tentang Orang Yang Anda Cintai

Setiap orang memiliki sisi positif masing-masing. Pikirkan semuanya itu dan buatlah orang lain merasa bangga dengan diri mereka sendiri. Cara ini dapat memperkuat hubungan dan memberi Anda pemikiran positif untuk berkonsentrasi.

[Baca Juga: 20 Cara Berpikir Positif yang Perlu Anda Praktikkan agar Sukses]

#12 Hindari Sikap Menyalahkan

Ketika tagihan air lupa untuk dibayar, apa yang akan Anda lakukan?

Apakah Anda akan menyalahkan pasangan Anda atas keteledoran ini atau tidak terlalu memusingkan hal tersebut dan menganggap kejadian itu sebagai angin lalu?

Bicarakan setiap ganjalan hati Anda tanpa rasa ingin menyalahkan perilaku yang ia lakukan.

#13 Jadilah Pribadi Yang Menyenangkan

Daripada menjadi pribadi yang menyebalkan, alangkah lebih baiknya jika kita menjadi pribadi yang menyenangkan. Hal ini akan membuat orang lain sangat senang apabila berada dekat dengan kita.

#14 Pikirkan 100 Hal Yang Anda Sukai

Apakah Anda merasa hidup Anda membosankan bahkan tidak meyenangkan?

Cobalah untuk menemukan daftar hal-hal yang Anda sukai. Bahkan, hal-hal kecil seperti mandi air panas atau menikmati matahari terbenam, bisa membuat Anda sadar bahwa hidup Anda penuh dengan kebaikan.

[Baca Juga: 29 Kata-kata Motivasi Jim Rohn yang Membuat Anda Sukses Segera]

Rasakan Dampak Berpikir Positif

Pikiran positif tak hanya memiliki dampak baik untuk mood dan keadaan psikologis seseorang, tetapi juga bagi kesehatan.

Namun, selalu berpikiran positif tentu tak bisa dilakukan semua orang. Terkadang ada saja alasan untuk merasa pesimis, cemas, khawatir.

Setelah Anda membaca 14 cara berpikir positif di keluarga, tentu Anda mendapatkan beberapa manfaat dari setiap tips tersebut.

Mulai praktikkan dan rasakan manfaatnya!

Bila Anda merasa perlu untuk membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan yang membutuhkan, segera bagikan dan jangan tunda kebaikan hati Anda untuk membagikannya kepada mereka! Anda akan menjadi pahlawan bagi mereka!

Sumber Referensi:

    RN Central. 12 Oktober 2009. 100 Positive-Thinking Exercises That Will Make Any Patient Healthier & Happier. Rncentral.com – https://goo.gl/trttVc

Sumber Gambar:

    Berpikir Positif di Keluarga – https://goo.gl/Q4TpV4 dan https://goo.gl/f9jJMP

Download E-book Investasi Emas untuk Pemula

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News