customer.co.id – Dalam melakukan interview kerja ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Selain informasi soal perusahaan, kita juga perlu tahu seperti apa cara promosi diri saat sedang wawancara.

Interview adalah tahapan yang sangat penting dan menentukan dalam proses melamar kerja.

Itulah mengapa setiap kandidat seharusnya mempersiapkan diri sebaik mungkin karena kesempatan untuk bekerja di perusahaan impian tinggal selangkah lagi.

Baik interview dengan user atau HRD, kandidat harus mempersiapkan jawaban dari pertanyaan yang sering ditanyakan oleh mereka.

Selain itu, supaya bisa menarik perhatian dari recruiter juga diperlukan kemampuan mempromosikan diri yang atraktif.

Nah, penasaran seperti apa cara promosi diri saat interview? Berikut ini penjelasannya.

Baca Juga: Sedang Melamar Kerja? Ketahui Perbedaan Interview HRD dan User di Sini!

1. Tunjukkan kepercayaan dirimu

© Freepik.com

Cara promosi diri saat wawancara yang pertama adalah dengan menunjukkan kepercayaan dirimu.

Hal yang satu ini sangatlah penting karena kandidat yang mampu menunjukkan rasa percaya diri yang tinggi tentunya akan menarik perhatian recruiter.

Supaya bisa selalu percaya diri saat menjawab pertanyaan recruiter diperlukan persiapan yang matang. Baik itu dari kesiapan mental atau pengetahuan soal perusahaan.

Oleh karena itu, sebelum melakukan wawancara sebisa mungkin cari informasi sebanyak-banyaknya soal perusahaan dan tanggung jawab pekerjaan yang dilamar.

2. Perhatikan bahasa tubuh dan pilihan kata yang diucapkan

© Freepik.com

Bahasa tubuh termasuk ke dalam komunikasi nonverbal yang sering kali jadi penilaian oleh recruiter. Pasalnya, dari bahasa tubuh bisa terlihat keraguan atau kurangnya kepercayaan diri kandidat.

Saat kamu menghindari kontak mata atau menunjukkan gestur tubuh yang kurang nyaman, recruiter akan tahu jika kamu sedang gelisah.

Selain bahasa tubuh, pemilihan kata yang diucapkan juga harus diperhatikan dengan saksama. Jangan sampai kamu memilih kata-kata yang kurang sopan atau yang artinya ambigu.

Menurut The Balance Careers, ada cara yang bisa dilakukan untuk membantu memilih kata yang tepat untuk diucapkan saat wawancara.

Misalnya, dengan berlatih wawancara dan merekamnya terlebih dahulu.

3. Sesuaikan dirimu dengan kebutuhan perusahaan

© Freepik.com

Hal terpenting selanjutnya untuk promosi diri saat interview adalah menyesuaikan diri dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Kandidat tidak akan menarik bagi recruiter jika tidak memiliki kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Jadi, sebelum datang ke sebuah interview pastikan telah membaca deskripsi pekerjaan dengan cermat dan mencari tahu tentang perusahaan.

Indeed menyebutkan saat seorang kandidat tahu apa yang dibutuhkan perusahaan, pastinya akan dengan mudah menunjukkan kemampuannya saat menjawab pertanyaan.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Skill Komunikasi di Dunia Kerja

4. Tunjukkan kelebihan yang dimiliki

© Freepik.com

Menunjukkan kelebihan yang dimiliki juga menjadi cara selanjutnya untuk promosi diri saat interview.

Setelah memahami apa kualifikasi yang diinginkan oleh perusahaan, tentunya kamu sudah tahu apa kelebihan yang ingin ditonjolkan saat wawancara.

Oleh karena itu, saat wawancara jangan ragu untuk menunjukkan kelebihan yang kamu miliki. Namun, ingat ya jangan sampai terlihat seperti sedang membual dan tampak pamer.

Kamu bisa menyebutkan pencapaian dengan komentar yang diberikan oleh orang lain. Contohnya seperti berikut ini:

    Dalam performance review tiap tahunnya, manajer selalu memuji kemampuan organisasi saya.

    Selama dua tahun berturut-turut, rekan kerja di kantor yang dahulu memilih saya sebagai team player terbaik.

5. Jadilah seorang storyteller yang baik

© Freepik.com

Cara promosi diri saat wawancara yang terakhir adalah dengan menjadi seorang storyteller yang baik.

Seperti yang disebutkan oleh Business Insider, storytelling juga penting dalam sebuah wawancara.

Jadi, kandidat tidak perlu ragu lagi untuk mencoba menjadi seorang “pendongeng” yang baik untuk recruiter.

Seorang kandidat yang mampu menjadi storyteller yang baik tentunya dapat membuat recruiter tertarik dengan ceritanya.

Namun, ingat ya cerita di sini adalah seputar kelebihan dan pengalaman kerjamu yang relevan dengan posisi yang sedang dilamar.

Saat mampu menceritakan pengalaman dengan antusias dan autentik, pastinya recruiter akan ingat dengan dirimu.

Baca Juga: 10 Pertanyaan Menjebak Saat Interview

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan promosi diri saat interview yang sudah Glints persiapkan untukmu.

Kamu harus ingat saat sudah sampai tahapan interview sebaiknya tunjukkan semua kemampuan yang dimiliki.

Pasalnya, di tahapan ini kamu akan berhadapan langsung dengan recruiter sehingga lebih mudah untuk menunjukkan apa saja skill yang dikuasai.

Jika kamu masih penasaran dengan tips interview kerja lainnya, sebaiknya jangan lupa untuk berlangganan newsletter dari blog Glints.

Tidak hanya informasi seperti di atas, ada pula artikel menarik lain seputar mengawali karier di dunia kerja.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera sign up sekarang juga dan dapatkan beragam informasi menarik lainnya dari Glints langsung ke inbox-mu.

Sumber

    How to Sell Yourself During a Job Interview

    How to Sell Yourself in an Interview

    5 ways to sell yourself in a job interview

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News