Memuat…

Sedikitnya ada lima jurusan soshum atau jurusan sosial dan humaniora yang memiliki prospek gaji tinggi. Foto DOK SINDOnews

JAKARTA – Sedikitnya ada lima jurusan soshum atau jurusan sosial dan humaniora yang memiliki prospek gaji tinggi. Jurusan ini bisa jadi rekomendasi dalam pemilihan perguruan tinggi yang akan dituju nantinya.

Memilih jurusan memiliki prospek kerja bagus dan bergaji tinggi tentu menjadi aspek yang sangat diperhitungkan. Sebab, tujuan utama bila telah lulus adalah bekerja dan memiliki penghasilan yang dapat mencukupi kehidupan.

Baca juga: Prospek Kerja Lulusan Sastra Indonesia yang Menggiurkan

Meskipun begitu pemilihan jurusan soshum ini juga harus sesuai minat yang ingin ditekuni, jangan asal, dan jangan terlalu mengandalkan prospek dan gaji bila memang tidak memiliki passion di jurusan tersebut.

Berikut lima jurusan soshum yang memiliki prospek gaji tinggi seperti dilansir dari berbagai sumber :

1. Jurusan Akuntansi

Banyak Universitas di Indonesia yang membuka jurusan ini sebagai salah satu prodinya. Jurusan ini cocok bagi anak soshum yang suka menghitung.

Berkembangnya startup baru yang muncul di Indonesia akan membuat lulusan akuntansi sangat dicari. Karena setiap perusahaan memerlukan seorang yang ahli dalam akunting. Akuntan, analis kredit, konsultan keuangan, audit adalah beberapa profesi yang bisa dimasuki oleh lulusan jurusan soshum ini.

Gaji yang bisa diterima oleh seorang akuntan bisa mencapai Rp7 juta per bulan. Atau bila telah berpengalaman dalam bidangnya ini gajinya bisa mencapai Rp15 sampai Rp20 juta per bulan.

2. Jurusan Hukum

Jurusan yang mempelajari tentang perundang-undangan, perdata, pidana, hukum dagang, hingga hukum internasional ini juga termasuk jurusan soshum yang memiliki prospek gaji tinggi.

Bisa dibilang lulusan jurusan hukum adalah salah satu lulusan yang sangat dibutuhkan dalam perusahaan. Tak tanggung-tanggung alumni jurusan ini bisa mendapat gaji yang besar seiring dengan tanggungjawab yang besar.

Pada awal karir sebagai sarjana hukum yang menjadi pengacara bisa mengantongi hingga Rp10 sampai Rp20 juta per bulan.

Profesi untuk jurusan ini juga tidak terfokus menjadi pengacara atau hakim saja. Namun bisa juga menjadi konsultan atau staff personalia.

3. Jurusan Manajemen dan Bisnis

Bagi anak soshum yang tertarik dengan hal berbisnis tentu jurusan ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan mempelajari inflasi, ekonomi, wirausaha, hingga manajemen akan membuat skill berbisnis semakin mumpuni.

Jurusan ini juga dikenal memiliki prospek kerja yang bagus, seperti bekerja sebagai marketing, project management tau memilih berkarir di dunia perbankan. Atau bahkan bagi yang ingin berwirausaha jurusan ini bisa menjadi pijakan supaya usaha berjalan dengan lancar.

Penghasilan yang bisa diterima oleh lulusan jurusan soshum ini mencapai Rp5 juta – Rp10 juta. Namun bila memilih berwirausaha bisa saja penghasilannya lebih dari itu.

Baca juga: Ini 17 Jurusan Teknik dengan Prospek Kerja Menjanjikan

4. Jurusan Ilmu Komunikasi

Lulusan ilmu komunikasi yang memahami tentang pemasaran, kehumasan, media, broacasting hingga desain grafis akan sangat dicari di era new media ini. Karena setiap orang kini sudah bisa menciptakan medianya sendiri melalui sosial media.

Prospek kerja yang ditawarkan juga tinggi dan beragam. Mulai dari menjadi humas, reporter, content writer, digital marketing, hingga menjadi photographer.

Diperkirakan gaji yang bisa didapat lulusan jurusan ini sekitar Rp4 juta sampai Rp9 juta per bulan di Indonesia.

5. Jurusan Psikologi

Meskipun jurusan ini juga termasuk jurusan saintek namun banyak dari Universitas di Indonesia yang menempatkan jurusan psikologi sebagai jurusan soshum.

Jurusan Psikologi mempelajari tingkah laku, mental dan pikiran di dalam lingkungan sosial manusia. Lulusan jurusan ini selain menjadi psikolog juga bisa menjadi HRD, Konselor, atau bagian personalia.

Sebagai lulusan psikologi di Indonesia setelah bekerja bisa mendapat gaji sebesar Rp8 juta sampai Rp25 juta tergantung dari kecakapan dan pengalaman yang dimiliki.

(bim)

Artikel ini bersumber dari edukasi.sindonews.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News