customer.co.id – Dalam bekerja, kita kerap kali menemukan berbagai pilihan yang sulit. Salah satunya yaitu ketika harus memilih antara pindah kerja atau promosi jabatan.

Di satu sisi, kamu mendapat promosi jabatan dari atasanmu. Hal tersebut sudah kamu tunggu selama bertahun-tahun.

Namun di saat yang bersamaan, kamu juga mendapat tawaran pekerjaan dari perusahaan lain yang tidak kalah menariknya.

Lalu, mana yang harus kamu pilih? Dalam artikel ini, Glints telah menyiapkan lima hal yang bisa kamu pertimbangkan.

Baca Juga: Cara Membuktikan kalau Kamu Siap Mendapatkan Promosi Jabatan

1. Jenjang karier

© Freepik.com

Hal pertama yang bisa kamu pertimbangkan sebelum memilih pindah kerja atau menerima promosi jabatan adalah career path.

Meski kamu akan memiliki jabatan yang lebih tinggi dari posisimu saat ini, kamu tetap perlu memperhatikan kemungkinan career path di perusahaanmu saat ini.

Jika kamu tidak memiliki career path yang jelas setelah menempati jabatan baru tersebut, kamu perlu mempertimbangkannya kembali.

Pilihlah perusahaan yang bisa menjamin career path-mu dengan baik.

Semua orang tentu ingin naik ke jabatan yang lebih tinggi lagi, bukan?

2. Lingkungan kerja

© Pexels.com

Ada berbagai alasan yang mendasari seseorang menerima tawaran promosi kerja.

Dilansir dari BBC, hampir 41% menerima promosi kerja agar lebih dihormati oleh rekan-rekannya.

Sementara itu, 29% lainnya memiliki alasan agar bisa bekerja secara remote working dan berkeliling ke berbagai tempat.

Padahal terlepas dari dua hal tersebut, ada satu alasan yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memilih antara pindah kerja atau promosi jabatan, yaitu lingkungan kerja.

Jika kamu merasa lingkungan kerjamu saat ini suportif dan menyenangkan, ada baiknya kamu menerima tawaran promosi jabatan.

Pasalnya, menurut Indeed, lingkungan kerja punya pengaruh yang besar dalam kinerjamu sehari-hari.

Namun jika yang terjadi adalah sebaliknya, kamu perlu mencari tahu lingkungan kerja dari perusahaan yang memberikan tawaran kepadamu.

Siapa tahu lingkungan kerja di sana lebih mendukung kinerjamu?

3. Tunjangan

© Hai.grid.id

Hal lain yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memilih pindah kerja atau promosi jabatan tentu saja benefit.

Untuk apa kamu pindah kantor jika perusahaanmu saat ini memberikan benefit yang lebih tinggi?

Benefit yang perlu kamu pertimbangkan tidak hanya gaji, ya.

Kamu juga perlu mempertimbangkan tunjangan, bonus, training, dan berbagai jenis benefit lainnya.

4. Work-life balance

© Freepik.com

Seberat apa pun pekerjaanmu, kamu harus tetap menyeimbangkannya dengan hal-hal lain di luar pekerjaan.

Kamu tentu punya kehidupan lainnya, seperti keluarga, hobi, rekreasi, dan istirahat.

Oleh karena itu, work-life balance juga perlu menjadi pertimbangan sebelum kamu memilih antara pindah kerja atau promosi jabatan.

Jika saat ini kamu merasa kehidupanmu tidak seimbang, kamu bisa mempertimbangkan untuk pindah kerja ke perusahaan lain yang lebih menjamin work-life balance.

5. Kesempatan berkembang

© Pexels.com

Selain empat hal di atas, kamu juga perlu mempertimbangkan apakah kamu memiliki kesempatan berkembang yang lebih luas di perusahaan baru tersebut?

Menurut studi yang dilakukan The Willis Towers Watson seperti dikutip Kompas, 41% karyawan merasa perusahaan tempat mereka bekerja sudah memberikan pelatihan karier yang cukup.

Kini saatnya kamu memikirkan, apakah saat ini kamu sudah mendapat ruang yang luas untuk berkembang di perusahaanmu? Atau kamu justru merasa diam di tempat?

Jadikan hal ini sebagai pertimbangan besar sebelum memilih pindah kerja atau menerima promosi jabatan.

Itulah lima hal yang bisa kamu pertimbangkan sebelum memilih pindah kerja atau promosi jabatan.

Pertimbangkan kelima hal tersebut matang-matang, ya, agar tidak salah pilih.

Jika menurutmu ada hal-hal lain yang perlu dipertimbangkan, kamu bisa membagikannya di kanal HR Issues Glints Komunitas, lho.

Glints Komunitas adalah forum tanya jawab sesama pengguna Glints dan para pakar di bidangnya. Jadi, kamu bisa berbagai sekaligus bertukar opini dengan pengguna lainnya.

Sumber

    Ketika naik pangkat malah berujung petaka, apa yang harus dilakukan?

    Promosi Jabatan Tersendat, Karyawan Pilih Pindah Perusahaan

    5 Types of Work Environments (and How to Identify Which Is Right for You)

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News