customer.co.id – Membaca buku inspiratif tentang startup bisa kamu jadikan pilihan aktivitas yang produktif di saat akhir pekan.

Kegiatan yang satu ini memang memiliki banyak sekali manfaat baik untuk kita. Mulai dari menjadi lebih kreatif hingga membantu kita mengurangi stres.

Selain buku mindfulness, saat ini banyak orang juga menyukai membaca buku fiksi. Namun, jika kamu sedang tidak minat membaca dua jenis buku tersebut, ada pilihan lain yang bisa kamu coba.

Glints merekomendasikan untuk mencari wawasan baru dari membaca buku inspiratif tentang startup.

Dari sana, kamu akan dapat ilmu baru mulai dari bagaimana mencari ide untuk membuat sebuah bisnis hingga proses menjalankan startup.

Udah penasaran apa saja rekomendasi bukunya? Yuk, simak di bawah ini.

1. Zero To One (2014): Peter Thiel

© Amazon.com

Rekomendasi buku inspiratif tentang startup yang pertama berasal dari karya Peter Thiel yang berjudul Zero To One.

Buku yang dirilis di tahun 2014 tersebut masih menjadi salah satu buku inspiratif yang mampu menggugah banyak orang untuk mulai bergerak dan menciptakan sebuah bisnis.

Dalam buku ini, co-founder PayPal tersebut menjelaskan bahwa ada satu keterampilan yang paling penting dan harus dikuasai oleh setiap pemimpin.

Bukan leadership atau kemampuan teknis lainnya yang harus dikuasai, melainkan kemampuan untuk belajar berpikir untuk diri sendiri.

Selain itu, Peter Thiel juga menjelaskan bagaimana mencari ide terbaik untuk membangun sebuah bisnis.

Supaya bisnis bisa berkembang, maka ide tersebut harus inovatif dan belum pernah dicoba oleh orang lain.

2. The Lean Startup (2011): Eric Ries

© Amazon.com

The Lean Startup juga menjadi bacaan wajib buat kamu yang tertarik untuk mencoba membangun sebuah perusahaan startup.

Eric Ries menceritakan pengalamannya saat menciptakan dan mengembangkan startup selama bertahun-tahun.

Tidak hanya berbagi pengalaman saja, penulis yang satu ini juga mencetuskan metode baru yang dapat mengurangi biaya kegagalan yang biasa terjadi pada startup.

Memang cukup banyak startup yang akhirnya gagal dalam waktu yang relatif cepat. Namun, hal itu bisa dicegah dengan melakukan beberapa strategi bisnis khusus.

Dalam The Lean Startup, Eric Rise menjelaskan bahwa ada pendekatan khusus yang dapat mengubah cara membangun perusahaan dan meluncurkan suatu produk.

3. From Idea to Reality (2019): Jean Paul Paulynice

© Amazon.com

Cukup banyak orang yang selalu merasa ragu saat ingin mencoba membangun bisnis. Memang sebelum memulai bisnis seharusnya sudah menyiapkan rencana yang matang.

Lewat buku yang satu ini pembaca akan dipandu agar tetap fokus untuk membuat sebuah action plan bagi bisnis agar bisa terus tumbuh dengan baik.

Jean Paul Paulynice merupakan seorang business strategist yang sudah sukses membangun bisnisnya selama bertahun-tahun.

Dalam From Idea to Reality, ia menjabarkan seperti apa cara membuat tindakan nyata untuk memulai sebuah bisnis.

Kamu akan menemukan banyak sekali tips, saran, rekomendasi, hingga cara terbaik dalam menyusun strategi agar bisnis bisa berkembang dan sukses.

4. The Startup Owner’s Manual (2012): Steve Blank dan Bob Dorf

© Amazon.com

Buku inspiratif tentang startup selanjutnya yang Glints rekomendasikan untukmu ialah The Startup Owner’s Manual.

Sesuai dengan judulnya, buku yang satu ini memang akan menjabarkan langkah-langkah untuk memulai bisnis startup dari awal hingga proses pengembangan.

Bahkan, buku ini disebut cukup mirip seperti ensiklopedia yang memiliki info lengkap mengenai cara membangun sebuah startup yang sukses.

Jadi buat kamu yang masih pemula dan awam dalam dunia bisnis, pasti akan mendapatkan banyak wawasan baru dari buku yang satu ini.

The Startup Owner’s Manual juga menyajikan daftar istilah bisnis yang lengkap sehingga kamu tidak akan kebingungan saat membacanya.

5. The Entrepreneur Roller Coaster (2015): Darren Hardy

© Amazon.com

Judul dari buku ini sudah sedikit menjelaskan seperti apa kira-kira isi dari buku karya Darren Hardy tersebut.

Buku yang satu ini juga sangat inspiratif karena akan mengupas apa saja jenis kegagalan yang dapat menimpa pebisnis.

Banyak sekali orang yang mengaku takut untuk mencoba berbisnis karena harus menghadapi risiko kegagalan.

Namun, lewat buku ini kamu bisa mengetahui apa saja risiko yang harus dihadapi saat membangun bisnis dan bagaimana cara menyikapi kegagalan.

The Entrepreneur Roller Coaster memiliki fokus pada perjalanan emosional saat menghadapi kegagalan dan kondisi yang tidak baik dalam bisnis.

Namun, tenang di buku ini juga menjabarkan bagaimana cara memotivasi diri sendiri agar bisa melewati masa sulit saat berbisnis.

Itu tadi rekomendasi buku tentang startup yang semoga bisa menginspirasimu untuk mencoba memulai bisnis sendiri.

Kamu juga bisa mendapatkan beragam rekomendasi buku, tips serta informasi mengenai pengembangan diri dengan berdiskusi dalam Glints Komunitas.

Forum tanya jawab tersebut akan mempertemukanmu dengan para sesama profesional, bahkan ada juga ahli yang akan menjawab pertanyaanmu.

Yuk, mulai berdikusi!

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News