customer.co.id – Tidak banyak yang menyadari bahwa ada banyak sekali manfaat ketika kamu gabung ke komunitas, utamanya untuk karier dalam jangka panjang.

Dalam sebuah komunitas, ada banyak sekali profesional-profesional dengan background tertentu yang bisa kamu pelajari ilmunya.

Salah satu contohnya adalah Glints Komunitas. Di sana, kamu dapat langsung menjalankan diskusi terkait apa saja, termasuk mengenai dunia kerja.

Nah, kabar baiknya, kamu bisa langsung gabung ke Glints Komunitas sekarang juga, lho! Gratis tanpa biaya dan persyaratan apa pun.

Sayangnya, masih ada segelintir orang yang enggan untuk bergabung ke komunitas saat sedang menjalani karier profesionalnya.

Nah, jika kamu termasuk ke dalam golongan tersebut, di bawah ini Glints akan menjelaskan beragam manfaat yang bisa didapatkan jika kamu bergabung ke komunitas.

1. Memperluas koneksi profesional

© Freepik.com

Siapa sangka kalau gabung ke komunitas, kamu akan mendapatkan manfaat seperti memperluas koneksi atau networking profesional.

Artinya, saat berada di komunitas, kamu dapat berkenalan dengan orang-orang di dalamnya dan membantumu untuk mengakses segala hal yang sebelumnya tak bisa kamu jangkau.

Hal ini selaras dengan perkataan Jonathan Long melalui Entrepreneur. Jonathan berkata bahwa saat bergabung ke komunitas, ia dapat berkenalan dengan banyak orang dan itu membantunya untuk mengembangkan bisnis.

Sebab, ia mampu menjangkau akses-akses tertentu dari setiap orang di dalam komunitas.

Nah, tidak menutup kemungkinan kamu juga dapat mengembangkan dirimu jika bergabung ke dalam komunitas yang tentunya sesuai dengan minatmu.

2. Melatih keterampilan komunikasi

© Freepik.com

Secara tidak langsung, bergabung dengan komunitas profesional juga membantumu untuk melatih keterampilan komunikasi, baik itu verbal maupun nonverbal.

Sebab, dalam setiap pertemuan pasti akan selalu ada hal-hal yang diperbincangan dan didiskusikan bersama.

Nah, kamu bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk terus menggali skill komunikasimu agar semakin ciamik dan dapat diterapkan juga dalam dunia kerja.

3. Mendapatkan saran dan nasihat

© Freepik.com

Sudah dipastikan, saat gabung ke komunitas, manfaat yang kita dapatkan adalah mendapatkan saran dan nasihat dari orang-orang yang sudah berpengalaman.

Ini akan membantumu dalam mengambil langkah yang tepat untuk karier ke depannya.

4. Berbagi ilmu dan pengalaman

© Freepik.com

Dilansir dari Fairy God Boss, dalam komunitas, kamu dapat berbagi skill dan pengalamanmu kepada orang lain atau sebaliknya.

Dari situ, kamu akan mendapatkan manfaat yang besar saat gabung ke komunitas karena saling belajar satu sama lain dan menciptakan lingkungan yang positif.

Situasi seperti ini tentu sangat mendukung untuk terus berkembang dan menjalani karier dengan baik ke depannya.

5. Berkolaborasi

© Freepik.com

Saat berada di dalam komunitas, kamu bisa menemukan orang yang tepat untuk diajak membuat bisnis atau berkarya bersama-sama.

Melalui hasil kolaborasi tersebut, ada kemungkinan kamu bisa mendapatkan passive income.

6. Mendapatkan perspektif baru

© Freepik.com

Tak bisa dimungkiri, manfaat lainnya saat kamu gabung ke komunitas adalah mendapatkan perspektif baru dari orang-orang lain, entah itu masalah karier, bisnis, atau bahkan pengembangan diri.

Sebab, dalam satu komunitas terdapat banyak orang dengan pemikiran yang berbeda-beda.

Dari perspektif baru tersebut, kamu dapat mengambilnya untuk mengembangkan kariermu.

Itu dia enam manfaat yang bisa didapatkan ketika kamu gabung ke dalam komunitas.

Setelah mengetahui manfaat-manfaat di atas, jangan ragu lagi untuk segera gabung ke komunitas profesional, ya!

Glints telah menyediakan wadah berupa Glints Komunitas bagi kamu yang ingin berbagi pengalaman dan skill dunia kerja.

Yuk, gabung sekarang dan mulai diskusi dengan profesional lainnya!

Sumber

    6 Benefits of Joining a Professional Community

    10 Career Communities You Need to Join to Get Ahead

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News