customer.co.id – Sudah sampai manakah Anda dalam perjalanan menuju kebebasan keuangan?

Jika Anda memiliki tumpukan utang yang seperti tidak pernah habis, jangan menyerah! Ternyata masih banyak cara mencapai kebebasan keuangan yang dapat Anda praktikkan lho.

Mau tahu letak Anda saat ini dalam tahap menuju kebebasan keuangan? Mari kita simak 6 tahap perjalanan menuju kebebasan keuangan tersebut.

Rubrik Finansialku

Kebebasan Keuangan Memberikan Fleksibilitas Waktu

Saat saya baru saja menikah, saya dan suami membeli sebuah rumah baru. Sayangnya, rumah tersebut masih harus mengalami beberapa renovasi minor.

Namun kami kesulitan membagi waktu untuk mengontrol pekerja dan mengecek kemajuan renovasi.

Alhasil hasilnya kurang memuaskan dan membutuhkan waktu lebih lama dari yang telah dijanjikan.

Saat itu saya berpikir, andai saja saya sudah mencapai kebebasan keuangan, tentunya saya bisa lebih memfokuskan diri untuk mengurus renovasi rumah itu. Sayangnya saya masih bekerja, dan pekerjaan tersebut tidak bisa ditinggal.

Andaikan saya memiliki bisnis yang sudah berjalan, maka tanpa saya bisnis tersebut akan tetap berlangsung sebagaimana mestinya. Saya bisa fokus mengurus renovasi rumah.

Disinilah saya sadar betapa pentingnya sebuah kebebasan keuangan itu. Bukan hanya bisa hidup dengan standar yang lebih baik, kebebasan keuangan juga ternyata mempengaruhi fleksibilitas waktu Anda.

[Baca Juga: Kebebasan Finansial Bukan Berarti Kaya dan Bebas Utang Lho! Tapi…]

Dengan kata lain, kebebasan keuangan memberikan kebebasan bagi Anda untuk melakukan apapun dan bagaimana pun sesuai keinginan Anda tanpa adanya batasan-batasan yang menjadi penghalang.

Kini saya belajar menjalani tahapan menuju kebebasan finansial. Sudah sampai tahap manakah Anda saat ini?

Untuk dapat menjawabnya, Finansialku akan menjabarkan 6 tahap perjalanan menuju kebebasan keuangan sebagai berikut ini:

#1 Tahap 0: DEPENDENCE

Ketergantungan. Apa hubungannya dengan kebebasan finansial? Tentu ada hubungan erat antar keduanya.

Bayangkan saja, seseorang yang hidup bergantung pada orang tuanya setiap bulan tentunya memiliki batasan yang ketat dalam pengeluarannya. Dengan kata lain, gaya hidup Anda bergantung pada orang lain.

Anda masih berada di tahap ini apabila Anda memang masih mengandalkan orang lain dalam keuangan, dan umumnya Anda mengeluarkan uang lebih banyak daripada yang bisa Anda peroleh.

Ini adalah tahap terendah dalam menuju kebebasan keuangan dimana biasanya Anda memiliki banyak utang.

#2 Tahap 1: SOLVENCY

Anda mencapai tahap ini saat Anda mulai memperoleh “keuntungan”. Dengan kata lain, pemasukan Anda sudah lebih besar daripada pengeluaran.

Anda telah memiliki komitmen keuangan tanpa bergantung kepada orang lain lagi dalam tahap solvency ini.

Disini Anda juga sudah memiliki uang lebih untuk memenuhi kewajiban keuangan, seperti melunasi utang-utang lama yang Anda miliki.

[Baca Juga: Konsultasi: Cara Terbaik Menyelesaikan Utang Kartu Kredit]

#3 Tahap 2: STABILITY

Anda kemudian akan melangkah menuju langkah berikutnya, dimana Anda sudah lebih STABIL.

Dalam tahap ini, Anda tidak lagi memiliki consumer debt. Anda telah mampu membayar tagihan kartu kredit, kredit mobil atau motor, dan sebagainya tanpa adanya kesulitan.

Anda mungkin saja masih memiliki utang pinjaman baik seperti cicilan rumah (KPR), atau cicilan dana pendidikan tetapi Anda sudah memiliki dana darurat untuk melindungi Anda dari kejadian tak terduga.

#4 Tahap 3: AGENCY

Siapa yang tidak ingin sampai di tahap ini, dimana Anda memiliki kebebasan untuk hidup dan bekerja sesuai pilihan Anda. Kini Anda menjadi bos atas kehidupan Anda sendiri, dimana Anda memiliki kebebasan.

Pada tahap ini Anda juga biasanya sudah melunasi seluruh utang Anda, termasuk berbagai utang pinjaman baik.

[Baca Juga: Mana yang Lebih Penting, Berinvestasi atau Melunasi Utang?]

Selain itu, Anda juga sudah memiliki tabungan yang cukup untuk menghidupi diri Anda apabila Anda ingin berhenti bekerja. Dan karena sudah memiliki tabungan yang cukup, Anda bisa melakukannya tanpa ada rasa bersalah dan penyesalan mendalam.

#5 Tahap 4: SECURITY

Tahap ke-4 adalah SECURITY, dimana Anda merasa aman karena seluruh pendapatan dari investasi bisa memenuhi kebutuhan dasar Anda.

Tahap ini tercapai apabila semua tabungan dan investasi Anda sudah bisa memenuhi kebutuhan sandang, pangan, papan, hingga asuransi Anda tanpa perlu bekerja lagi seumur hidup Anda.

Bayangkan bisa hidup tanpa perlu bekerja sehari pun, menakjubkan bukan? Coba lihat tahap selanjutnya untuk lebih membukakan mata Anda akan kebebasan keuangan.

#6 Tahap 5: INDEPENDENCE

Dari judulnya saja sudah sangat bertolak belakang dengan tahap 0, disini Anda sudah mandiri, dan tidak perlu bergantung kepada orang lain.

Anda bisa hidup nyaman tanpa perlu memikirkan kehabisan uang dan harus bekerja lembur setiap hari, sampai hari Anda meninggal dunia.

[Baca Juga: Pelajaran Beharga! 6 Kesalahan Saat Meluasi Utang yang Dilakukan Kakek Fico]

Artinya, seluruh pendapatan dari investasi sudah bisa memenuhi kebutuhan hidup Anda dengan gaya hidup yang Anda jalani.

Ini artinya Anda sudah memiliki KENYAMANAN dalam hidup mandiri, Anda memiliki lebih dari cukup.

#7 Tahap 6: ABUNDANCE

Saat Anda memiliki cukup untuk bertahan hidup sampai Anda meninggal, bukan berarti Anda tidak bisa memiliki lebih.

Hal itu terjadi pada tahap ke-6, dimana Anda memiliki LEBIH.

Disini penghasilan pasif Anda sudah sangat berlebihan, sehingga bukan hanya memenuhi kebutuhan hidup dan gaya hidup Anda saja, namun bisa memberikan kebebasan untuk melakukan apapun.

Kebebasan tersebut misalnya untuk hidup dalam kemewahan, membangun bisnis yang luar biasa besar, hingga berkeliling dunia dalam kemewahan.

Apakah Anda ingin mencapai tahap perjalanan kebebasan keuangan? Anda dapat mempersiapkannya dari sekarang. Sudah punyakah Anda panduan mudah dalam merencanakan keuangan usia 30 an?

Download ebook perencana keuangan usia 30 agar Anda bisa memiliki kebebasan keuangan. Kalau tidak direncanakan dari sekarang, nunggu kapan?

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Sudah Sampai Manakah Anda?

Setelah melihat tahapan menuju kebebasan keuangan, mulai dari tahap 0 yakni DEPENDENCE hingga tahap 6 yaitu ABUNDANCE, saya menyadari bahwa langkah tersebut dapat diandaikan sebagai berikut:

Saat Anda memiliki utang, waktu menjadi bukan milik Anda. Mengapa? Karena utang adalah perbudakan, seperti ungkapan Michael Mihalik dalam bukunya Debt is Slavery.

Saat Anda berutang, kebebasan Anda terbatasi layaknya budak. Bayangkan saja, seorang budak bekerja keras seumur hidupnya, namun yang menjadi kaya adalah tuannya.

Anda juga bisa menjadi seperti budak, dimana meski Anda bekerja keras untuk melunasi utang, hasil kerja keras Anda akan menjadi milik orang lain. (Baca: uang hasil bekerja dibayarkan untuk membayar utang)

Saat Anda sudah melunasi utang-utang tersebut, kebebasan waktu Anda menjadi milik Anda kembali. Seluruh hasil kerja keras Anda kini masuk ke dalam kantong Anda sendiri, tanpa perlu dibagikan pada orang lain.

Namun, saat itu hidup Anda masih bergantung pada pengeluaran Anda. Karena saat berhenti bekerja, maka Anda akan kekurangan. Disini Anda menukar waktu dengan uang.

[Baca Juga: 10 Kesalahan Perencanaan Dana Pendidikan yang Dilakukan Oleh Orangtua]

Berikutnya, Anda bisa bekerja lebih keras dan lebih cerdas lagi, sehingga Anda mulai menghasilkan keuntungan. Artinya, Anda sudah mulai menabung waktu yang direpresentasikan dalam bentuk uang.

Uang ini menggambarkan masa depan keuangan Anda untuk bebas melakukan apapun yang Anda inginkan.

Terakhir, Anda akhirnya mencapai tahap tertinggi yang memungkinkan Anda memiliki kebebasan sepenuhnya. Anda kini bisa menggunakan waktu sesuai keinginan Anda, waktu menjadi milik Anda tanpa perlu ditukar dengan uang.

Dalam kasus saya, kini saya baru mencapai tahap 1 yaitu SOLVENCY. Kini penghasilan saya sudah bisa membayar sebagian utang-utang saya dan melakukan seluruh kewajiban keuangan saya.

Namun saya ingin lebih, saya ingin bisa mencapai tahap tertinggi dalam langkah menuju kebebasan keuangan ini.

Memang betul jalan masih panjang, namun dengan pengaturan keuangan yang baik saya yakin kita semua bisa mencapai kebebasan keuangan yang diidam-idamkan ini.

Bagaimana dengan Anda? Sudah sampai manakah Anda?

Jika Anda ingin segera mencapai tahap tertinggi, yakni ABUNDANCE, saya mengajak Anda untuk mulai mengatur keuangan Anda.

Anda bisa memulai dengan cara yang sederhana, misalnya dengan membuat anggaran.

[Baca Juga: Kenapa Pada Saat Pensiun, Utang Konsumtif Harus Lunas?]

Namun apabila Anda membutuhkan bantuan profesional, Finansialku siap membantu Anda.

Para perencana keuangan di Finansialku adalah pemegang lisensi CFP® aktif dan bekerja sesuai dengan kode etik profesi perencana keuangan yang telah ditetapkan oleh Financial Planning Standards Board Indonesia.

Dengan demikian, Anda juga bisa dengan mudah mengatur keuangan dan mencapai kebebasan finansial hanya dengan menggunakan jasa Finansialku.

Anda bisa mulai dari sekarang dengan menghubungi kontak melalui formulir online, telepon (022 – 2056 5890) atau email ([email protected]).

Selain itu, kuncinya adalah untuk selalu menghindari utang.

Bagaimana caranya? Misalnya saja untuk selalu siap akan kebutuhan dengan dana besar. Misalnya saja liburan atau dana pernikahan.

Gunakan aplikasi yang dapat membantu Anda dalam menghitung kebutuhan dana yang perlu disiapkan, misalnya dengan aplikasi Finansialku.

Aplikasi Finansialku memiliki fitur Perencanaan Dana Membeli Barang yang bisa Anda gunakan. Jika Anda pengguna baru silakan daftar di sini atau download di Google Play Store.

Dengan mempersiapkan dana untuk kebutuhan yang mahal sejak dini, Anda tidak akan perlu meminjam uang dari masa depan yang jelas akan berdampak negatif bagi keuangan Anda.

Terakhir, seperti deskripsi pada beberapa tahap akhir dalam menuju kebebasan keuangan, Anda perlu tahu betapa pentingnya penghasilan pasif dalam mencapai kebebasan keuangan.

Semakin cepat Anda mulai berinvestasi, semakin cepat juga uang Anda bertumbuh. Anda juga harus terus aktif dalam memperbaiki investasi Anda agar

penghasilan pasif Anda semakin besar. Biarkan uang bekerja untuk Anda!

Anda sudah bekerja keras untuk memperbaiki keuangan Anda, jangan berhenti dan merusak apa yang sudah Anda bangun sepenuh hati.

Mintalah bantuan perencana keuangan profesional seperti Finansialku untuk membantu Anda:

    Membuat keputusan tepat dalam berinvestasi

    Meminimalkan risiko

    Membuat rencana kebebasan finansial yang nyata

    Mengetahui opsi investasi yang tepat bagi Anda

    Mempersiapkan rencana cadangan untuk hal-hal tak terduga

Raih Kebebasan Finansial Milik Anda

Jangan habiskan hidup Anda hanya untuk terlilit dalam tumpukan utang. Kebebasan finansial bukanlah sesuatu yang mustahil untung dicapai lho!

Langsung hubungi Finansialku sekarang juga dan buktikan bahwa Anda juga bisa mencapai kebebasan finansial milik Anda.

Jika Anda berhasil, bagikan artikel ini kepada teman-teman Anda yang juga memiliki masalah dalam meraih kebebasan finansialnya. Anda bisa membagikan artikel ini melalui media sosial yang Anda miliki.

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai 6 tahap perjalanan menuju kebebasan keuangan lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

Sumber Referensi:

    J. D. Roth. 10 Agustus 2017. Financial Freedom Is Time Freedom. Moneyboss.com – https://goo.gl/1FTiDa

Sumber Gambar:

    Tahap Kebebasan Keuangan – https://goo.gl/z2Lm8x

    Kebebasan Keuangan – https://goo.gl/UCwRPD

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News