customer.co.id – Heboh di TikTok soal bunga anggrek biru. Hal ini karena kemunculan bunga tersebut di drama Korea berudul Little Women.

Dalam drama itu, bunga ini disebut sebagai bunga beracun, bunga pembawa sial atau bunga kematian bahkan bunga yang bisa memanggil arwah.

Warganet membuat berbagai video di TikTok terkait bunga ini. Dari pantauan detikcom di beberapa akun ada video yang menampilkan uang rupiah Tahun Emisi 2022 atau rupiah baru pada pecahan Rp 1.000 dan Rp 2.000 disebut ada bunga anggrek biru itu.

Menanggapi hal tersebut Direktur Eksekutif Pengedaran Uang Bank Indonesia (BI) Marlison Hakim mengungkapkan jika gambar bunga berwarna biru yang ada di uang pecahan Rp 2.000 bukanlah bunga anggrek biru seperti yang ada di drama Little Women.

“Itu Bunga Jeumpa. Bunga dari Aceh,” kata Marlison kepada detikcom, Senin (3/1/2022).

Marlison juga menjelaskan untuk uang pecahan Rp 2.000 tahun emisi 2022 ini berwarna abu-abu dan memiliki motif Kaluak Paku dan motif Pinto Aceh.

Sedangkan untuk uang pecahan Rp 1.000 yang juga disebut ada anggrek biru. Marlison menjelaskan itu adalah bunga anggrek Larat. Dalam uang pecahan ini ada motif Perisai Citak Asmat dan motif Asmat Papua.

Sebelumnya diberitakan Misalnya akun @su****** yang menuliskan “Ketika aku nonton Little Women seperti pernah melihat si anggrek biru beracun,” tulisnya di video. Lalu caption dituliskan ‘Apakah ini sebuah konspirasi??’.

Dalam video itu dia menarik uang pecahan Rp 2.000 dan menampilkan di sudut kiri, di bagian atas tanda tangan Gubernur Bank Indonesia (BI) dan tanda tangan Menteri Keuangan.

Kemudian akun @fad**** yang juga mengunggah video terkait anggrek biru. Dia menuliskan “Baru nyadar ternyata ada anggrek biru di uang baru kita,” tulisnya. Kemudian caption dituliskan ‘Kali aja ada komunitas Jeongran di Indonesia’. Dalam video ini bunga berwarna biru yang ditampilkan di uang pecahan Rp 1.000.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website detik.com. Situs https://customer.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://customer.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News