loading…

AP I telah memberangkatkan 39.296 calon jemaah haji 2022. FOTO/SINDOnews

JAKARTA – PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I telah memberangkatkan 39.296 calon jemaah haji dengan total 101 kelompok terbang (kloter) pada angkutan haji 2022 . Keberangkatan terjadi pada periode 4-28 Juli melalui 6 bandara embarkasi yang dikelolanya.

Adapun 6 bandara embarkasi haji pada tahun ini yaitu Bandara Juanda Surabaya, Bandara Adi Soemarmo Surakarta, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok, dan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin.

“Secara rinci, pada periode 4-28 Juli, Bandara Juanda Surabaya telah memberangkatkan sebanyak 14.563 calon jemaah haji dari 33 kloter, Bandara Adi Soemarmo Surakarta telah memberangkatkan sebanyak 12.911 calon jemaah haji dari 36 kloter, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar telah memberangkatkan sebanyak 5.497 calon jemaah haji dari 14 kloter,” ujar Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi, Kamis (30/6/2022).

Baca Juga: Indonesia Tak Ambil Tambahan 10.000 Kuota Haji 2022

Sedangkan untuk Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin telah memberangkatkan sebanyak 2.480 calon jemaah haji dari 7 kloter, Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok telah memberangkatkan sebanyak 2.060 calon jemaah haji dari 6 kloter, dan Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan telah memberangkatkan sebanyak 1.785 calon jemaah haji dari 5 kloter. Sebagai operator bandara, Angkasa Pura I telah menyiapkan langkah-langkah untuk memastikan operasional dan pelayanan berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Adapun langkah-langkah tersebut seperti melakukan penyesuaian jam operasi bandara, memastikan kesiapan personel, serta menyiapkan peralatan keamanan penerbangan di Asrama Haji seperti X-Ray Bagasi dan Kabin, Cyber Light, Under Mirror, Walk Through Metal Detector (WTMD), Hand Held Metal Detector (HHMD), hingga menyiagakan kendaraan pengamanan untuk mendampingi bus calon jamaah haji menuju airside.

Baca Juga: Total 68.774 Jamaah Haji Indonesia Sudah Diberangkatkan ke Tanah Suci

“Kami bersyukur proses pelayanan embarkasi bagi calon jemaah haji di 6 bandara yang kami kelola sampai saat ini berjalan lancar dan aman. Angkasa Pura I bersama seluruh stakeholders berkomitmen untuk terus mendukung kesuksesan penyelenggaraan Angkutan Haji 2022 dengan mengedepankan prinsip safety, security, services dan compliance termasuk juga pada penerapan protokol kesehatan Covid-19,” kata Faik.

(nng)

Artikel ini bersumber dari ekbis.sindonews.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News