loading…

JAKARTA – Pada masa-masa liburan seperti saat ini, berwisata keluar kota bersama keluarga menjadi kegiatan yang semakin diminati. Salah satu kota yang sering dikunjungi wisatawan adalah Yogyakarta karena karakteristiknya yang unik. Selain itu, Yogyakarta juga memiliki tujuan wisata yang beragam, mulai dari wisata alam, bangunan bersejarah, kuliner , hingga oleh-oleh tradisional.

Baca juga: KPK Perpanjang Masa Penahanan Eks Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti

Managing Director MotionPay Jessica Tanoesoedibjo menyampaikan, Yogyakarta juga dikenal dengan makanannya yang khas dan enak. Oleh karena itu, wisatawan yang berlibur ke Yogyakarta biasanya akan berburu makanan yang menjadi ciri khas Yogyakarta, bahkan dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga maupun teman.

Memang rasanya tidak lengkap jika pulang tidak membawa oleh-oleh. Bagi Anda yang memiliki rencana berkunjung ke Yogyakarta, MotionPay telah merangkum 5 makanan khas Yogyakarta yang bisa menjadi pilihan Anda.

1. Bakpia
Bakpia merupakan kue khas Yogyakarta yang sudah tidak asing lagi di telinga Anda, dikenal dengan nama bakpia pathuk. Bakpia ini dibungkus tepung dan dipanggang dengan variasi isian yang beragam, mulai dari rasa klasik seperti kacang hijau, keju, cokelat, dan kacang hitam, hingga rasa yang kekinian seperti susu, cappuccino, matcha, durian, dan lain-lain. Selain bakpia panggang, kini ada pula bakpia kukus. Bakpia kukus memiliki bentuk serupa dengan bakpia pathuk dengan variasi, namun diolah dengan cara dikukus sehingga teksturnya seperti kue bolu.

2. Gudeg
Gudeg merupakan hidangan tradisional khas Jawa Tengah yang bercita rasa manis, terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Gudeg biasanya disajikan bersama dengan krecek, ayam kampung, telur, tahu, dan tempe. Karena sangat digemari, gudeg juga sering dijadikan oleh-oleh, bahkan kini banyak pula gudeg yang dikemas dalam kaleng, sehingga memudahkan Anda untuk membawa pulang gudeg dengan aman.

3. Yangko
Yangko adalah makanan khas Yogyakarta, terbuat dari tepung ketan dengan tampilan berwarna-warni sesuai dengan isian yang bermacam-macam. Makanan ini memiliki tekstur kenyal dan lembut sehingga dianggap seperti mochi ala Yogyakarta.

4. Geplak
Geplak merupakan makanan khas Bantul Yogyakarta yang terbuat dari kelapa parut dan gula dengan tampilan warna-warni sehingga sangat menarik untuk dicoba. Kudapan ini memiliki cita rasa manis dengan tekstur luar cukup keras namun lembut di dalam.

5. Tasuba
Tasuba alias tahu susu bakso merupakan salah satu oleh-oleh khas Yogyakarta yang merupakan gabungan dari tahu susu dan bakso. Tasuba berbeda dengan tahu susu pada umumnya karena menggunakan susu sapi murni sehingga teksturnya lebih lembut.

Artikel ini bersumber dari ekbis.sindonews.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News