Apa itu Gaji?  Sesuatu yang Dinantikan Karyawan Setiap Bulan

IDXChannel – Apa itu gaji? Pasti banyak yang sudah tahu dan juga menantikannya saat tanggal gajian tiba.

Gaji atau dalam bahasa Inggris disebut gajiadalah sebuah bentuk balas jasa yang diberikan kepada seorang karyawan untuk hasil kerja yang sudah dilakukannya. Ada yang mengatakan bahwa gaji dan upah memiliki definisi yang sama, namun ada juga yang menganggap bahwa gaji dan upah adalah dua hal yang berbeda.

Apa Itu Gaji?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa gaji adalah sebuah bentuk penghargaan dan tanda balas jasa yang diberikan kepada seseorang yang telah mendedikasikan dirinya untuk mengerjakan sesuatu. Gaji biasanya diberikan secara periodik dan teratur, yaitu satu bulan sekali.

Waktu pemberian gaji sendiri tergantung dari perusahaan atau pihak yang mempekerjakan orang tersebut. Banyak perusahaan maupun pihak yang menggaji para karyawannya di awal bulan, namun ada juga pihak yang menggaji karyawannya di akhir bulan. Pada intinya, gaji tersebut diberikan secara teratur satu bulan sekali.

Dalam kacamata bisnis, gaji merupakan sebuah pengeluaran yang dianggap sebagai sebuah biaya untuk mendapatkan sumber daya manusia dalam kaitannya dengan menjalankan sebuah bisnis. Untuk itu, gaji kerap disebut sebagai biaya personil.

Beberapa orang menganggap gaji dan upah memiliki pengertian yang berbeda. Gaji memiliki sifat tetap dan akan diberikan setiap bulan, sedangkan upah memiliki nilai yang sudah ditentukan sejak awal. Beberapa perusahaan atau pihak memberikan tawaran pekerjaan dengan sistem kontrak. Bagi sebagian orang, karyawan kontrak tidak mendapatkan gaji, melainkan upah.

Gaji memiliki beberapa jenis, walaupun sama-sama memiliki arti imbalan. Beberapa jenis gaji memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa jenis gaji yang umum diberikan kepada karyawan:

  1. Gaji bersih

Gaji bersih merupakan gaji yang diterima tanpa dikurangi dengan potongan-potongan yang melekat. Anda bisa menghitung jumlah gaji bersih yang Anda terima dengan cara mengurangi jumlah gaji kotor dengan potongan-potongan yang Anda terima..

  1. Gaji

Gaji pokok adalah gaji atau imbalan dasar yang wajib dibayarkan oleh perusahaan kepada karyawannya sesuai dengan tingkat dan jenis pekerjaannya. Besaran gaji pokok ditentukan berdasarkan kesepakatan yang tertuang dalam sebuah kontrak kerja. Merujuk kepada Undang-Undang Ketenagakerjaan No 13 Tahun 2003, jumlah gaji pokok minimal adalah 75 persen dari upah pekerja, terdiri dari gaji pokok ditambah dengan tunjangan tetap.

  1. Gaji Lembur

Gaji lembur merupakan gaji yang diberikan ketika seseorang melakukan lembur atau bekerja hingga melebihi jam kerja yang sudah ditentukan untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh perusahaan. Gaji lembur sudah diatur dalam Pasal 1 Ayat (1) Peraturan Menteri Nomor 102/MEN/VI/2004 tentang Waktu Kerja Lembur dan Upah Kerja Lembur.


Artikel ini bersumber dari www.idxchannel.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News