Budaya kerja jarak jauh mulai populer kembali sejak pandemi COVID-19 merebak di seluruh dunia. Hal ini sengaja diterapkan perusahaan bertujuan untuk mengurangi korban infeksi COVID-19 di lingkungan kantor.

Walaupun bekerja dari rumah masing-masing, semua proses administrasi pengelolaan karyawan harus berjalan seperti biasa dan lancar.

Salah satu dari sekian banyak administrasi pengelolaan karyawan adalah penyusunan slip gaji. Kini, mengolah slip gaji pun lebih mudah dengan aplikasi slip gaji on lineloh!

Ilustrasi (freepik)

Hambatan dalam Mengelola Slip Gaji

Perusahaan pada dasarnya tidak memiliki kewajiban untuk memberikan slip gaji kepada karyawan setiap bulannya.

Namun, karyawan berhak untuk meminta slip gaji kepada HRD (Human Resource Department) jika memang diperlukan.

Slip gaji memang tampak sederhana, tetapi kegunaannya sangat berharga. Slip gaji dapat digunakan sebagai dokumen pengajuan kredit, pengelolaan keuangan pribadi, dan dokumen pelengkap lamaran kerja.

Bagi HRD, menyusun slip gaji bukan perkara yang besar. Namun, dibutuhkan ketelitian ketika memindahkan data perhitungan komponen gaji ke dokumen baru.

Mungkin tidak menjadi masalah ketika jumlah karyawan yang mengajukan slip gaji sedikit. Nah, bagaimana jika jumlah karyawan dalam perusahaan cukup banyak sehingga HRD harus mengolah slip gaji untuk beberapa karyawan sekaligus? Ini yang menjadi cukup merepotkan.

HRD seringkali dibuat kewalahan akibat menumpuknya tugas administrasi yang terkenal memakan waktu lama. Akibatnya, justru pekerjaan lain malah terbengkalai.

Apa Saja Keuntungan Menggunakan Aplikasi Slip Gaji Online?

Karena hambatan dan masalah dalam pengelolaan slip gaji, banyak perusahaan sudah beralih ke slip gaji on line. Secara sederhana, aplikasi slip gaji on line adalah sebuah perangkat lunak yang dapat mengolah slip gaji dengan otomatis dan dapat diakses secara on line.

Akses on line inilah yang menjadi pembeda perangkat lunak slip gaji dengan penyusunan slip gaji manual. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan keuntungan menggunakan aplikasi slip gaji:

  1. Terintegrasi dengan Sistem Penggajian

Hal pertama yang menjadi keuntungan aplikasi slip gaji on line adalah terintegrasi dengan sistem penggajian.

Karena terintegrasi dengan sistem penggajian, HRD tidak perlu memindahkan data komponen gaji ke dokumen baru secara manual. Cukup klik satu tombol yaitu slip gajimaka slip gaji akan dibuat secara otomatis.

  1. Hemat Waktu

Keuntungan selanjutnya adalah hemat waktu. Coba pikirkan berapa banyak waktu yang dihabiskan HRD untuk memindahkan komponen gaji dan perhitungannya serta mengecek kembali apakah perhitungan tersebut sudah benar atau tidak? Cukup memakan waktu, bukan?

Padahal HRD mempunyai tugas yang cukup banyak. Penggunaan aplikasi slip gaji pada akhirnya akan menghemat waktu dan membuat HRD dapat mengerjakan pekerjaan lain dengan tingkat urgensi tinggi.

  1. Fleksibel

Fleksibilitas adalah hal yang sangat dibutuhkan dalam kerja remote. Dengan fleksibilitas, karyawan bisa mengakses suatu hal dimana saja dan kapan saja. Aplikasi slip gaji on line dapat digunakan di luar kantor.

Sehingga HRD dapat memenuhi permintaan karyawan untuk menyusun slip gaji saat bekerja di rumah. Kemudian, slip gaji yang sudah jadi tinggal dikirim melalui email.

  1. Tepat

Karena terintegrasi langsung dengan sistem penggajian, maka keakuratan data yang tersaji dalam slip gaji dari perangkat lunak slip gaji on line tidak perlu diragukan lagi.

Sebab, penyusunannya langsung secara otomatis tanpa campur tangan pemindahan komponen manual yang berisiko terjadinya kesalahan dalam  hitungan atau perpindahan data.

Fitur yang Wajib Ada di Aplikasi Slip Gaji

Perangkat lunak absensi karyawan biasanya bersifat kompatibel karena dapat digunakan di seluruh perangkat karyawan.

Pemakaian sistem absensi on line membuat semuanya lebih ringkas, karena karyawan bisa mengakses layanan absensi online melalui masing-masing perangkat yang digunakan. Perangkat lunak absensi telah disematkan beberapa fitur menarik, sebagai berikut:

1. Melakukan Absen Tanpa Batas Waktu dan Tempat

Melalui perangkat lunak absensi, setiap karyawan dapat melakukan absen secara on line tanpa harus berada di kantor sekalipun.

Sehingga mempermudah proses absensi karyawan yang sedang melakukan perjalanan bisnis atau sedang ada keperluan. Mengingat layanan absensi on line ini memungkinkan karyawan selalu melakukan absen secara tepat waktu.

Asalkan untuk mengoperasikan perangkat lunak ini, harus terkoneksi jaringan internet, dengan begitu tak perlu lagi repot-repot menginput kehadiran.

Berbeda dengan sistem absensi melalui sidik jariyang cukup ribet karena mengharuskan karyawan berkumpul di dalam kantor dan tidak dapat melakukan absensi di mana saja.

2. Merekomendasikan Jam Kerja

Perangkat lunak absensi juga membuat perusahaan bisa merekomendasikan jam kerja dan jam pulang kepada setiap karyawan. Menjadikan karyawan lebih disiplin, karena bisa datang maupun pulang di waktu yang tepat.

Selain itu, memudahkan karyawan yang melakukan lembur atau lembur terkait jam lemburnya. Hal ini membuat tim HRD tidak perlu repot lagi mendata karyawan yang lembur dan melakukan perhitungan upah lembur.

Bahkan jika ada karyawan mengadakan rapat yang berlangsung di luar kantor, maka perusahaan dapat mengestimasikan lamanya waktu meeting tersebut.

Jika karyawan melakukan rapat dengan tepat waktu, dampak baiknya ialah bisa meningkatkan efektivitas waktu kerja karyawan. Sehingga mereka bisa mengerjakan tugas lainnya secara efektif.

3. Melacak Posisi Karyawan dengan Akurat

Perangkat lunak absensi membuat perusahaan bisa melacak posisi karyawan dengan cara yang akurat. Bahkan bagi karyawan yang sedang rapat di luar pun, memudahkan perusahaan mengetahui posisi tepatnya keberadaan karyawan tersebut.

Sehingga tidak ada lagi yang namanya kecurangan akibat karyawan yang belum tidak di lokasi tempat meeting dilakukan. Karena karyawan yang curang bisa langsung diketahui, Ketika mereka menginput absen saat bukan di lokasi yang telah ditetapkan perusahaan.

4. Upload Foto untuk Dijadikan Bukti

Beberapa aplikasi absensi menawarkan fitur untuk unggah foto terbaru saat karyawan menginput absen. Melalui foto inilah, karyawan bisa membuktikan bahwa mereka melakukan absensi di lokasi kantor atau tempat yang telah ditentukan perusahaan. Selain itu, waktunya pun tidak dapat dimanipulasi.

Adanya fitur yang satu ini sangat berguna bagi karyawan yang tengah melakukan pekerjaan di lapangan atau di luar kantor. Dengan melampirkan foto, maka karyawan bisa membuktikan jika mereka sudah tiba di kantor atau tempat yang telah ditugaskan perusahaan dengan tepat waktu.

5. Meminimalisir Kesalahan Perhitungan Gaji

Bagi perusahaan yang mengutamakan kehadiran karyawan dan memotong gaji karyawan apabila karyawan sering absen, maka adanya software absensi ini sangat berguna. Sebab membuat tim HRD dapat melakukan perhitungan gaji sesuai dengan data karyawan yang valid.

Biasanya perhitungan tersebut akan menginputkan data ketidakhadiran, keterlambatan, maupun variabel yang lainnya yang dapat berpengaruh pada nilai upah karyawan yang akan diberikan perusahaan.

Dengan demikian tiap karyawan akan menerima hak gaji berdasarkan jumlah waktu/hari bekerja karyawan itu sendiri. Apabila ada perhitungan bonus untuk pekerjaan di luar kantor misalnya, maka perhitungan pun dapat dilakukan dengan tepat.

6. Karyawan Bisa Membuat Catatan Khusus

Pada beberapa perangkat lunak absensi karyawan maupun aplikasi slip gaji, ada yang memiliki fitur untuk membuat catatan khusus.

Melalui catatan khusus inilah, karyawan yang datang terlambat bisa menyertakan alasan yang tepat. Namun kembali lagi, perusahaan juga berhak memutuskan validasi alasan yang dijelaskan oleh karyawan melalui perangkat lunak ini.

Akan tetapi, adanya catatan ini bisa membantu karyawan yang benar-benar tidak bisa datang bekerja tepat waktu karena sesuatu hal.

Sebab selain melampirkan catatan, mereka juga bisa menambahkan foto sebagai bukti kuat yang menyertai alasan tersebut.

Di samping itu, keterangan tersebut pun dapat dipakai untuk dijadikan sarana pelaporan, apabila pertemuan atau pekerjaan di luar kantor terkendala.

Rekomendasi Aplikasi Slip Gaji Terbaik

Agar pengelolaan karyawan Anda semakin optimal, Talenta by Mekari menyediakan aplikasi slip gaji on line dengan tampilan antar muka yang mudah dipahami.

Dalam aplikasi Talenta ini juga sering diadakan promo dan diskon yang berakibat pada harga yang bisa lebih murah dari harga normal.

Tentu saja hal ini bisa dikatakan angin segar untuk perusahaan yang ingin menggunakan Talenta sebagai aplikasi slip gaji perusahaan namun dengan anggaran yang terbatas.

Apalagi untuk kondisi sekarang ini di mana karyawan lebih sering Work From Home, menggunakan Talenta tentu akan sangat membantu dalam hal pengkondisian karyawan dengan sistem otomatisnya yang akan sangat membantu perusahaan.

Dan dengan anda menggunakan aplikasi ini, HR tidak usah menghabiskan banyak waktu hanya untuk mengerjakan slip gaji yang ada secara manual. Akan tetapi bisa diminimalisir dengan penggunaan aplikasi slip gaji ini.

Pekerjaan HR pun akan menjadi jauh lebih mudah dan juga ringan dan juga kesalahan kesalahan manusia yang biasanya ditemui ketika ada kesalahan dalam hal penginputan bisa Anda hindari. Dan sekarang juga sudah ada banyak orang yang menggunakan aplikasi ini untuk membantu pekerjaan mereka.

Anda juga bisa dengan mudahnya membuat aplikasi ini dengan menggunakan HP saja via aplikasi Talenta By Mekari. Anda bisa dengan mudahnya membuat semua kebutuhan Anda secara otomatis dan juga multifungsi. Anda juga bisa dengan cepat dan mudah mengaksesnya di mana pun dan kapan pun.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa dengan mudahnya mengontrol masalah pekerjaan anda sebagai HR di manapun dan kapanpun dengan sangat mudah dan juga otomatis.

Dengan semua kelebihan yang ada, kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan aplikasi Talenta by Mekari sebagai menunjang pekerjaan Anda. Sekian yang bisa saya bagikan dan semoga bermanfaat!

Kelebihan Aplikasi Slip Gaji Talenta

Aplikasi yang direkomendasikan adalah aplikasi Talenta by Mekari, aplikasi ini sudah dipercaya oleh banyak perusahaan di indonesia dan juga telah digunakan oleh pengguna. Dan beberapa fitur yang dibawa oleh talenta By Mekari ini antara lain:

  1. Fitur yang Disajikan Sangat Berlimpah

Keunggulan dari Talenta By Mekari ini salah satunya adalah fitur yang dibawakan sangat banyak dan berlimpah. Mulai dari pinjaman tunai, halaman pengerahanhalaman liburan kebiasaanhingga pengumuman karyawan pun disediakan oleh Talenta By Mekari ini.

  1. Kostumisasi yang Sangat Terperinci

Semua hal yang diatur di dalam Talenta diatur secara sangat terperinci, di sini bahkan bisa membuat rumus cuti sendiri dan rumus denda sendiri.

  1. Tim Support yang Efektif dan Responsif

Tidak usah bergelut dengan BOT ketika memberikan keluhan atau komplain, CS dari Talenta akan dengan sigap membantu dalam hitungan menit saja.

Itulah penjelasan singkat mengenai manfaat dari aplikasi slip gaji on line. Semoga dapat membantu Anda dalam menambah wawasan seputar pengelolaan karyawan.

(rds)

Berita Terbaru

  • SK DPP HIMAS Sudah Berakhir, Dibutuhkan Peran Pj Ketua Umum Persiapkan Mubes
  • Pastikan Penyaluran BBM Bersubsidi Tepat Sasaran, AKBP Sitorus Bakal Turun Awasi Tiap SPBU di Mitra
  • Aplikasi Slip Gaji, Solusi Sistem Payroll Saat Remote Working (Working From Anywhere)
  • AJI Manado Bersama KPU dan Bawaslu Sulut Bahas Peran Pers dan Pemilu 2024
  • Baru! Nikmati Indahnya Sunset di Laut Manado dengan Paddleboard
  • Cabuli Gadis 15 Tahun Hingga Hamil, Pria di Manado Diamankan Polisi
  • Cek Drainase di Taas, Andrei Angouw Koreksi Item yang Terkesan Buang-buang Anggaran
  • Dibuka Bupati Joune Ganda, 100 Alumnus SMK di Minut Dilatih TIK
  • Nilai Tukar Petani di Sulut Turun, Wisatawan Naik!

Artikel ini bersumber dari beritamanado.com.