loading…

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi turut meresmikan perluasan Bandara Komodo, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. FOTO/Istimewa

JAKARTA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan perluasan Bandara Komodo, Labuan Bajo , Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Budi Karya menyampaikan Bandara Komodo merupakan gerbang transportasi udara di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, yang secara konsisten terus dilakukan pengembangan. Perluasan bandara yang menempati wilayah seluas lebih 115 hektare.

Baca Juga: Mesranya Jokowi dan Istri Berfoto di Atas Kapal Pinisi

Menurutnya, perluasan Bandar Udara Komodo dilakukan dalam rangka mendukung potensi wisata di daerah yang menjadi salah satu dari 10 destinasi wisata “Bali Baru”. Dalam perluasan tersebut, Budi menambahkan, dengan panjang landasan pacu atau runway Bandara Komodo sepanjang 2.600 meter, saat ini bandara tersebut bisa melayani pesawat tipe Jet Narrow Body.

“Saat ini Bandara Komodo melayani pesawat jet narrow body. Panjang runway saat ini 2.650 meter, jika ditambah 100 meter akan bisa didarati pesawat wide body dan bisa menjangkau banyak negara,” ujarnya saat memberikan sambutan peresmian Bandar Udara Komodo di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang dipantau melalui tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (21/7/2022).

Selain memperpanjang runway, juga dilakukan beautifikasi gedung terminal seluas 1.500 m2 berkonsep tradisional atau kearifan lokal dengan motif songke mata ayam, namun tetap ada sentuhan modern. “Pengembangan bandara ini masih menggunakan APBN. Tentu kita harapkan investor swasta turut mengembangkan bandara ini agar lebih baik dan lebih kompetitif,” kata Menhub.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Perluasan Bandara Komodo

Selain itu, Menhub menyampaikan terima kasih kepada sejumlah pihak yang telah bersinergi dan mendukung pengembangan Bandara Komodo, diantaranya yaitu kepada pemerintah daerah dan tokoh masyarakat setempat.
“Terima kasih pula kepada Presiden yang selalu mengingatkan kami untuk terus mengembangkan 10 destinasi wisata yang bisa menyediakan banyak lapangan pekerjaan,” ucap Menhub.

(nng)

Artikel ini bersumber dari ekbis.sindonews.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News