customer.co.id – Bank Indonesia ( BI ) dan empat bank sentral negara ASEAN lain akan bekerja sama membentuk konektivitas pembayaran di ASEAN ( ASEAN payment connectivity ).

Apabila kelima negara ASEAN tersebut telah bekerja sama, maka warga Indonesia dapat melakukan transaksi pembayaran di 4 negara ASEAN hanya dengan scan QR code yang sudah terhubung dengan Quick Response Code Indonesian Standard ( QRIS ).

Dengan demikian, wisatawan Indonesia tidak perlu lagi menukarkan uang rupiah ke mata uang empat negara ASEAN saat berkunjung ke negara-negara tersebut.

Konsep tersebut termaktub dalam ASEAN payment connectivity yang digagas untuk menjadi pionir sistem pembayaran antar negara (cross border payment).

Lantas negara mana saja yang akan dapat melayani transaksi QRIS untuk WNI sebagai pembayaran lintas negara berbasis QR code?

1. Thailand

Dari keempat negara yang akan bekerja sama, BI telah mengimplementasikan sistem pembayaran antarnegara menggunakan QRIS dengan Thailand mulai Senin (29/8/2022).

Kerja sama ini diawali dengan fase uji coba pada 17 Agustus 2021 yang telah berjalan dengan baik dan dilanjutkan dengan fase implementasi yang melibatkan 76 penyedia jasa sistem pembayaran dari kedua negara.

Kini masyarakat Indonesia dan Thailand dapat menggunakan aplikasi pembayaran yang terdapat pada gawai dengan memindai Thai QR Codes dan QRIS dalam melakukan transaksi pembayaran di merchant.

Untuk penggunaannya, masyarakat hanya perlu men-scan QR code Thailand dari aplikasi BCA, BSI, CIMB Niaga, Bank Sinarmas, Bank Mega, Bank Permata, dan Bank BPD Bali, dan DANA, lalu memasukkan nominal pembayaran.

Sementara bagi warga Thailand, hanya perlu men-scan QRIS milik merchant-merchant Indonesia dari aplikasi Bangkok Bank, Bank of Ayudhya atau Krungsri, dan CIMB Thai, lalu memasukkan nominal pembayaran.

Presiden Joko Widodo merilis Kartu Kredit Pemerintah Domestik dan QRIS(Quick Response Code Indonesian Standard) Antar Negara.

2. Malaysia

Saat ini BI dengan bank sentral Malaysia tengah melakukan uji coba implementasi sistem QR code antarnegara dengan Malaysia.

Diperkirakan penggunaan QR code antarnegara ini dapat dimulai pada akhir tahun ini atau paling lambat Semester I 2023.

Hingga saat ini ada dua penyelenggara jasa pembayaran (PJP) yang akan melayani transaksi pembayaran di Malaysia menggunakan QRIS, yaitu BNI dan Bank Mandiri.

Sementara lembaga keuangan yang melayani transaksi QR code dari Malaysia di Indonesia baru ada satu yakni Bank CIMB Niaga.

3. Singapura

Selain dengan Malaysia, BI juga baru saja mendandatangani nota kesepahaman penggunaan QR code dalam transaksi pembayaran dengan Singapura.

Masyarakat Indonesia yang gemar belanja di Singapura bisa bertransaksi menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di Singapura mulai Semester II 2023.

Sementara untuk lembaga keuangan yang memfasilitasi pembayaran QR code kedua negara ini masih belum ditentukan karena masih dibicarakan.

4. Filipina

BI dan bank sentral Filipina tengah menggodok kerja sama penggunaan QR code untuk pembayaran lintas negara.

Kerja sama ini juga termasuk di agenda ASEAN payment connectivity. Namun, masih belum ada kelanjutan progres kerja sama terbaru.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News