Jakarta

Sempat heboh di media sosial sebelum usia 30 tahun harus sudah punya uang Rp 1 miliar. Apakah generasi sandwich bergaji UMR ini bisa punya uang Rp 1 miliar sebelum usianya 30 tahun?

Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia Andy Nugroho bilang, untuk generasi sandwich atau yang memiliki gaji UMR bisa saja memiliki tabungan atau income Rp 1 miliar. Tapi dengan catatan ada hal-hal ekstra yang perlu dilakukan oleh kelompok itu.

“Mereka harus melakukan pekerjaan atau bisnis sampingan, kalau hanya mengandalkan gaji tentu saja tidak bisa tercapai di usia sebelum 30 tahun,” kata dia saat dihubungi, Sabtu (23/7/2022).

Bagi para pelaku bisnis dan penjualan, sepanjang omset penjualan mereka sangat bagus, tentu mereka bisa mencapainya dengan sangat cepat bahkan dalam tempo di bawah setahun.

“Ada juga yang butuh waktu lebih lama semisal karena masih trial and eror di bisnis mereka, jadi mereka baru bisa mencapainya setelah berbisnis dan menabung selama 5 tahun,” jelas dia.

Dia mengungkapkan Jadi jika anak orang kaya maka dia bisa mengumpulkan uang jajan atau uang pemberian dari orang tuanya selama ini. Kemudian dia itu memiliki pekerjaan yang bisa memberikan income yang masif dan tidak terbatas.

“Semisal berbisnis seperti jual beli sesuatu produk berupa barang ataupun jasa, ataupun menjadi agen penjualan seperti jadi asuransi, agen properti, atau ikut jadi member MLM,” jelasnya.

Kemudian ada juga kemungkinan untuk menjadi seorang trader, baik di pasar saham, forex, atau pasar crypto.

(kil/eds)

Artikel ini bersumber dari finance.detik.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News