Jakarta: Metode pembelajaran saat ini sudah semakin beragam, apalagi selama pandemi covid-19. Salah satu metode pembelajaran tersebut ialah online learning serta blended learning.
 
Online learning merupakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dan menggunakan aplikasi digital seperti Zoom Meeting ataupun Google Meet. Sementara itu, blended learning lebih jarang didengar.
 
Namun ternyata, selama pandemi covid-19, sudah ada beberapa kampus yang melaksanakan metode blended learning. Melansir dari laman Quipper, berikut pengertian, manfaat, kelebihan, kekurangan, serta contoh penelitian blended learning:

Pengertian blended learning

Blended learning berarti pembelajaran dengan metode campuran secara harfiah. Dan secara umum, blended learning untuk menggambarkan gabungan dari beberapa metode pembelajaran yang memadukan kelebihan dari metode tatap muka dan online, serta menghilangkan kekurangan metode.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Menurut peneliti seperti Garner & Oke, blended learning adalah sebuah lingkungan pembelajaran yang dirancang dengan menyatukan dua tipe pembelajaran, yaitu face to face (tatap muka) dengan online yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
 

Selain Garner & Oke, peneliti lainnya, Thorne, mengatakan blended learning adalah campuran dari teknologi e-learning dan multimedia. Pencampuran ini seperti video streaming, kelas virtual, animasi teks online yang disatukan dengan pelatihan tradisional di dalam kelas.
 
Sementara peneliti lainnya, Graham punya penjelasan lain yang lebih sederhana. Ia menjelaskan blended learning adalah pembelajaran yang mengombinasikan antara pembelajaran online dengan face to face (pembelajaran tatap muka).
 
Bila disimpulkan semuanya, blended learning adalah metode pembelajaran gabungan antara belajar menggunakan teknologi dengan metode belajar tatap muka. Media belajar yang biasanya digunakan antara lain, kelas virtual, video pembelajaran, e-library hingga laboraturium visual.

 

Halaman Selanjutnya

Manfaat blended learning Berikut manfaat…

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News