customer.co.idBLT gaji atau BSU tahap 5 Rp 600 ribu dikabarkan cair Senin besok. Dana tersebut akan disalurkan oleh pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).

Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi mengatakan, penyaluran bantuan tunai BLT gaji atau BSU tahap 5 tersebut akan dilakukan pada Senin depan selaras dengan proses pemadanan data yang hingga kini masih dilakukan.

“Mudah-mudahan Senin sudah cair,” ujar Anwar, kepada detikcom, Sabtu (24/9/2022).

Di sisi lain, Anwar belum dapat memastikan jumlah rekening penerima BLT gaji atau BSU tahap 5 ini. Hanya saja, jumlah data yang pihaknya terima yakni sebanyak 403,461 rekening.

“Yang dikirimkan kemarin sekitar 500-an ribu. Tepatnya 403,461, adalah data tahap ke v yang kami terima dan akan kita verifikasi dan validasi,” terangnya.

Memang tidak semua orang bisa mendapatkan BLT gaji atau BSU ini. Program bantuan ini diberikan kepada pekerja atau buruh yang memenuhi persyaratan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 10 Tahun 2022.

Lalu, apakah anda termasuk salah satu di antaranya? Berikut syarat dan cara mengecek apakah Anda penerima BLT gaji atau BSU tahap 5.

Beberapa syarat penerima BLT gaji atau BSU di antaranya sebagai berikut.

1. WNI2. Peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan per Juli 20223. Mempunyai gaji/upah paling tinggi Rp3,5 juta (Pekerja/Buruh yang bekerja di wilayah dengan upah minimum provinsi atau kabupaten/kota lebih besar dari Rp 3,5 juta, maka persyaratan Gaji/Upah tersebut menjadi paling banyak sebesar upah minimum kabupaten/kota atau Provinsi dibulatkan ke atas hingga ratus ribuan penuh)4. Dikecualikan untuk mereka yang sudah menerima PKH (Program Keluarga Harapan), BPUM (Bantuan Produktif Usaha Mikro), Kartu Prakerja, ASN, dan TNI-Polri.

1. Kunjungi situs kemnaker.go.id2. Daftar akun. Apabila belum memiliki akun, maka Anda harus melakukan pendaftaran. Lengkapi pendaftaran akun. Aktivasi akun dengan menggunakan kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor handphone Anda.3. Login ke dalam akun Anda4. Lengkapi profil Anda seperti foto profil, tentang Anda, status pernikahan, dan tipe lokasi5. Cek pemberitahuan

Apabila Anda terdaftar sebagai calon penerima BSU atau BLT subsidi gaji maka Anda akan mendapatkan notifikasi telah terdaftar sebagai calon penerima BSU atau BLT subsidi gaji, namun apabila Anda tidak terdaftar maka Anda akan mendapat notifikasi tidak terdaftar sebagai calon penerima BSU atau BLT subsidi gaji.

Jika Anda memenuhi syarat penerima BSU tahap 5 2022 atau BLT subsidi gaji tetapi tidak terdaftar, segera hubungi contact center BPJS Ketenagakerjaan di website bpjsketenagakerjaan.go.id, telepon di nomor 175 atau WhatsApp di nomor +6281380070175.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website detik.com. Situs https://customer.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://customer.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News