loading…

Posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Juni 2022 sebesar USD136,4 miliar. Ilustrasi Foto/Dok SINDOnews

JAKARTA Bank Indonesia (BI) menyampaikan bahwa posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Juni 2022 sebesar USD136,4 miliar, lebih tinggi dibanding posisi pada akhir Mei 2022 sebesar USD135,6 miliar.

“Peningkatan posisi cadangan devisa pada Juni 2022 antara lain dipengaruhi oleh penerbitan global bond pemerintah serta penerimaan pajak dan jasa,” ujar Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis (7/7/2022).

Baca juga: Rupiah di Atas Rp15.000, BI Beberkan Sejumlah Penyebab

Dia menerangkan, posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 6,6 bulan impor atau 6,4 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

“Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan,” paparnya.

Baca juga: 2 Juta Orang Indonesia Berobat ke Luar Negeri, Devisa Rp97 Triliun Hilang

Ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam mendorong pemulihan ekonomi.

(ind)

Artikel ini bersumber dari ekbis.sindonews.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News