Pekerja dengan performa outstanding (Sumber: Freepik/cookie_studio)

Penulis : Ristiana D Putri | Editor : Iman Firdaus

Sebagai pekerja, gaji merupakan hal yang penting untuk dipertimbangkan. Tidak dimungkiri bahwa naik gaji sama halnya dengan peningkatan kualitas hidup. Lagi pula, siapa sih yang tidak ingin mendapatkan gaji besar?

Besaran gaji pun sudah diatur oleh pemerintah daerah masing-masing wilayah. Hal ini karena harga kebutuhan pokok di tiap wilayah di Indonesia pun berbeda-beda.

Namun, membahas perihal pekerjaan, gaji yang lebih besar tentu diiringi dengan tanggung jawab yang besar pula. Di sinilah, angka gaji terkadang menjadi memicu banyak pihak.

Siniar Obsesif, berkolaborasi dengan HRD Bacot, membahas hal ini dan pertanyaan bagaimana sih gaji besar bisa didapat, dalam episode “HRD Bacot: Naik Gaji Jalur Cepat. Emang ada?”

Tahu nggak sih, berita mengenai gaji-gaji anak muda yang makin hari makin besar? “Kadang kita bertanya-tanya, ya, kok bisa sih anak muda sekarang punya gaji segede itu selama kerja. Apa aja sih yang mereka kerjain?” ujar Mincot.

Baca Juga: Segini Besaran THR yang Didapat Sesuai Masa Kerja Karyawan

Performa yang Luar biasa untuk Naik Gaji dan Promosi

Naik gaji dengan mendapatkan promosi secara regulasi bisa bermakna sama atau berbeda. Perlu diingat bahwa keinginan naik gaji dan mendapatkan promosi bisa didapatkan dengan beberapa syarat.

Syarat ini diantaranya sudah menjadi karyawan tetap dalam waktu lebih dari satu tahun, performa pekerjaan yang konsisten dan luar biasahingga kebutuhan khusus yang memenuhi syarat lainnya. Untuk karyawan kontrak, kenaikan gaji juga bisa didapatkan tetapi hanya untuk periode tertentu.

Sebelumnya perlu diketahui, kenaikan gaji untuk karyawan tetap didapatkan setelah culasan kinerja siklus dilakukan oleh atasan. Performa ini kemudian dikonversi menjadi angka untuk besaran tambahan gaji. Nah, hal ini juga yang biasanya berbuah promosi kalau kalian bisa konsisten dalam kurun waktu tertentu.

Biasanya, promosi baru bisa didapatkan setelah tiga tahun dalam posisi yang sama setelah dilaluinya ulasan bakat. Dalam promosi tentunya juga ada skema kenaikan gaji yang jelas lebih besar dari kenaikan tahunan.

Menurut Mincot, promosi juga bisa lebih cepat asal pertunjukan kalian terus luar biasa. Hal ini pun didorong dengan kompetensi dan rekam jejak yang bagus sebagai modal mencapai pertunjukan yang luar biasa.

Artikel ini bersumber dari www.kompas.tv.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News