SURYA.CO.ID, MADIUN – Penyebab kecelakaan yang melibatkan Toyota Agya AE 1207 EM dengan Kereta Api (KA) Brantas relasi Blitar – Pasar Senen Jakarta, Minggu (11/9/2022), memang aneh. Karena Agya tersebut awalnya sempat berhenti di depan pintu perlintasan tak berpalang di Desa Bancong, Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun itu, tetapi kemudian tertabrak KA.

Bahkan karena tertabrak KA, Agya yang dikemudikan Siti Fatimah itu terseret sejauh 8 meter lalu terpental dan terbalik di antara dua jalur rel.

Manajer Humas Daop 7 Madiun, Supriyanto mengatakan KA Brantas menabrak mobil di perlintasan KA tak berpalang pada pukul 14.52 WIB. “KA sampai berhenti luar biasa di lokasi untuk melakukan pengecekan rangkaian jalur, sebelum dinyatakan aman oleh masinis. Dan KA berangkat kembali,” kata Supriyanto.

Supriyanto mengatakan di stasiun Madiun KA Brantas sempat dilakukan pengecekan kembali dan dinyatakan aman untuk melanjutkan perjalanan.

Agya itu terbalik di antara dua lajur rel lalu disingkirkan oleh warga dan petugas agar tidak mengganggu perjalanan KA. “Jadwal sempat terganggu 4 menit. Namun saat berangkat dari stasiun Madiun sesuai jadwal keberangkatan dari stasiun Madiun 15.13 WIB,” lanjutnya.

“KAI mengimbau masyarakat yang menggunakan kendaraan, yang hendak melintas di perlintasan sebidang KA, agar selalu berhati-hati. Pastikan berhenti sejenak dan pastikan tidak ada KA melintas,” ujar Supriyanto.

Sementara Kanit Gakkum Satlantas Polres Madiun, Ipda Roni Susanto mengatakan, kecelakaan tersebut bermula saat Agya melaju dari arah Barat berbelok ke kiri atau ke Utara dan menemui perlintasan KA tanpa palang pintu.

“Di situ dihentikan petugas penjaga palang pintu, kemudian Kendaraan R4 Toyota Agya berhenti sebentar namun tidak lama kemudian justru berjalan pelan ke depan,” kata Roni, Minggu (11/9/2022).

Mobil dengan tiga penumpang tersebut tiba-tiba terhenti di tengah perlintasan dan tidak bisa bergerak. Tahu dalam bahaya, sopir dan kedua penumpang yang semuanya perempuan keluar dari kendaraan dan meninggalkan mobil tersebut di tengah rel.

“Tak berselang lama lewat KA Brantas yang berjalan dari arah Timur ke Barat (Blitar ke Pasar Senen – Jakarta) dan menabrak kendaraan tersebut hingga terseret sekitar 8 meter,” lanjutnya.

Karena sudah terlebih dahulu keluar, pengemudi dan dua penumpang mobil tersebut selamat. Begitu juga masinis dan penumpang KA, tidak ada yang terluka. ****


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News