customer.co.id – Dolar memulai minggu ini dengan kuat di awal perdagangan Asia pada Senin pagi, dengan pasar tenaga kerja AS yang kuat mengangkat taruhan suku bunga AS yang lebih tinggi ketika para pedagang bersiap untuk data yang diperkirakan akan menunjukkan inflasi sangat tinggi.

Pengangguran AS secara tak terduga turun bulan lalu, angka Jumat (7/10) menunjukkan, dan data inflasi yang akan dirilis pada Kamis (13/10) diperkirakan akan menunjukkan inflasi utama pada 8,1 persen tahun-ke-tahun yang panas. Inflasi inti pilihan pembuat kebijakan diperkirakan naik menjadi 6,5 persen.

Ahli strategi Westpac, Sean Callow, mengatakan respon atas data dan kenaikan imbal hasil adalah “kombinasi yang kuat untuk dolar.”

“Ini bukti lebih lanjut bahwa ekonomi AS tidak melemah,” katanya. “Itu hanya menambah gagasan bahwa The Fed akan menghabiskan tiga minggu ke depan untuk mengatakan hal yang sama tentang suku bunga.”

Kenaikan harga minyak dan ketegangan geopolitik juga memberikan banyak alasan untuk kekhawatiran tentang pertumbuhan, membebani mata uang pengimpor energi di Eropa dan bahkan pada eksportir seperti dolar Australia yang sensitif terhadap pertumbuhan.

Aussie turun 0,3 persen ke level terendah 2,5 tahun di 0,6347 dolar AS pada awal perdagangan di Asia yang menipis oleh liburan di Jepang. Sterling turun 0,2 persen menjadi 1,1071 dolar AS, sementara yen melayang ke zona di sisi yang lebih lemah dari 145 per dolar AS yang mendorong intervensi pihak berwenang untuk mendukungnya bulan lalu.

Yen terakhir berada di 145,37 per dolar AS. Dolar Selandia Baru menyentuh level terendah dua minggu di 0,5593 dolar AS.

Pasar berjangka memperkirakan pedagang melihat peluang hampir 90 persen untuk kenaikan suku bunga 75 basis poin di Amerika Serikat bulan depan dan lebih dari 150 basis poin pengetatan pada Mei. Imbal hasil obligasi pemerintah AS sepuluh tahun naik untuk minggu kesepuluh berturut-turut minggu lalu.

Harga acuan minyak mentah berjangka Brent melonjak lebih dari 11 persen minggu lalu setelah kartel produksi yang dipimpin Saudi setuju untuk memotong pasokan, sementara meningkatnya perang di Ukraina juga merupakan ancaman bagi keamanan energi Eropa saat musim dingin mendekat.

Euro jatuh di bawah 0,98 dolar AS pada Jumat (7/10) dan terakhir di 0,9733 dolar AS. Indeks dolar AS stabil di 112,83, turun dari posisi terendah di sekitar 110 minggu lalu dan merayap kembali ke level tertinggi 20 tahun bulan lalu di 114,78.

Pasar sedang menunggu untuk melihat bagaimana Kremlin akan menanggapi ledakan yang menghantam satu-satunya jembatan Rusia ke Krimea. Korea Utara yang bersenjata nuklir melakukan uji coba rudal ketujuh baru-baru ini selama akhir pekan.

Pasar China dibuka kembali setelah liburan selama seminggu, dan sebelumnya yuan di luar negeri stabil di 7,1310 per dolar. Kongres Nasional ke-20 Partai Komunis dibuka pada Minggu (9/10) dan diperkirakan akan menegaskan kembali kepemimpinan Xi Jinping.

Aktivitas jasa-jasa di China menyusut untuk pertama kalinya sejak Mei pada September, mengecewakan ekspektasi.

“Yuan kemungkinan akan diperdagangkan antara 7,0 dan 7,2 dalam waktu dekat,” kata ahli strategi Scotiabank, Qi Gao.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website antaranews.com. Situs https://customer.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://customer.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News