loading…

PNM bersinergi menggelar kegiatan Pasar Murah & Bazaar UMKM. FOTO/Istimewa

JAKARTA – PT Permodalan Nasional Madani (PNM) bersama Kementerian BUMN, PT Pembangunan Perumahan (PP) dan PT Bulog menggelar kegiatan Pasar Murah & Bazaar UMKM untuk memenuhi kebutuhan sembako murah.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Stadion Pancasila Demak baru-baru ini, diikuti oleh 4.000 peserta, terdiri dari 2500 nasabah PNM Mekaar dan 1500 masyarakat umum.

PNM sebagai lembaga pembiayaan dan pemberdayaan memiliki tanggung jawab kepada nasabah dengan memberikan modal dan pendampingan usaha agar nasabahnya naik kelas, melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) yaitu Temu Usaha Nasabah Mekaar (TUNM) bertemakan Manfaat Sosialisasi Memiliki NIB dan Pemasaran di Media Sosial Facebook diharapkan agar nasabah PNM Mekaar dapat memiliki NIB (Nomor Induk Berusaha) dan dapat menjual barang dagangannya melalui media sosial, yaitu whatsapp dan facebook.

Baca Juga: Mudahkan Pelaku UMKM Akses Modal, PNM Gandeng Kementerian Investasi

Kegiatan tersebut dihadiri Stafsus Menteri BUMN Arya Sinulingga, Anggota DPR Komisi 6 Nusron Wahid.
Pada kegiatan tersebut, seluruh nasabah PNM Mekaar yang hadir dapat langsung memiliki NIB (Nomor Induk Berusaha) dan dapat mengembangkan usahanya melalui media sosial, yaitu whatsapp dan facebook.

Pada kesempatan tersebut, Arif Budianto dari UMKM Center Jawa Tengah menjelaskan sejumlah manfaat yang didapat ketika nasabah sudah memiliki NIB, di antaranya mendapatkan kemudahan legalitas pelaku usaha atau nasabah.

Nasabah PNM Mekaar juga diajak mempromosikan produk di media sosial seperti WhatsApp dan Facebook untuk memasarkan produknya. Nasabah yang sudah memiliki akun di WhatsApp dan Facebook dapat langsung mempromosikan barang dagangannya baik dalam group di WhatsApp maupun pada akun Facebooknya, sehingga memudahkan untuk berjualan dan barang dagangannya semakin dikenal masyarakat luas sehingga marketnya lebih luas lagi.

“Ketika nasabah sudah memiliki NIB dan sudah berjualan di media sosial, nasabah PNM akan lebih mudah untuk mengembangkan usahanya sehingga memungkinkan untuk meningkatkan penghasilan dan dapat naik kelas,” kata dia melalui pernyataan tertulis.

Baca Juga: Tumbuh 138%, PNM Kantongi Aset Rp43,71 Triliun

Sebagai informasi, hingga 20 Juli 2022 PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp129,08 triliun kepada nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 12,18 juta nasabah. Saat ini PNM memiliki 3.500 kantor layanan PNM Mekaar dan 688 kantor layanan PNM ULaMM di seluruh Indonesia yang melayani UMK di 34 Provinsi, 422 Kabupaten/Kota, dan 5.640 Kecamatan.

(nng)

Artikel ini bersumber dari ekbis.sindonews.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News