loading…

Uni Eropa (UE) sedang mempersiapkan paket sanksi ketujuh terhadap Rusia, tetapi sudah jelas bahwa mereka tidak akan menerapkan embargo impor gas Rusia. Hal ini disampaikan PM Republik Ceko. Foto/Dok

PRAHAUni Eropa (UE) sedang mempersiapkan paket sanksi ketujuh terhadap Rusia, tetapi sudah jelas bahwa mereka tidak akan menerapkan embargoimpor gas Rusia karena terlalu banyak negara anggota yang tidak dapat menyesuaikan diri dengan cukup cepat. Hal ini disamapaikan oleh Perdana Menteri Republik Ceko, Petr Fiala kepada Reuters.

Baca Juga: Rusia Matikan Keran Gas, Jerman Harus Bakar Kayu Agar Tetap Hangat

Fiala mengatakan, sanksi yang sekarang sedang diselesaikan oleh eksekutif UE, bertujuan untuk meningkatkan tekanan atas invasi Rusia ke Ukraina. Salah satunya diperkirakan akan melarang impor emas, memperluas daftar barang penggunaan ganda yang dilarang untuk diekspor ke Rusia dan menargetkan lebih banyak individu.

Komisi Eropa harus siap untuk mempresentasikan paket itu dalam beberapa hari mendatang dan negara-negara anggota dapat menyetujuinya segera setelah itu, kata Fiala dalam sebuah wawancara.

“Paket ketujuh sedang dipersiapkan, dan saya pikir ini akan menjadi pelajaran yang bagus,” kata Fiala, berbicara dari kantornya di Praha.

“Yang jelas bakal sangat bermasalah untuk memasukkan energi ke dalam sanksi, karena aturan yang dibuat harus memperhatikan bahwa sanksi harus memiliki dampak yang lebih besar pada Rusia daripada negara-negara yang memberlakukan sanksi,” bebernya.

Fiala mengatakan, tidak ada kemungkinan pembatasan gas akan dimasukkan dalam paket sanksi terbaru. “Saya pikir itu seharusnya tidak ada di sana, karena sejumlah negara bergantung pada gas Rusia ,” katanya.

Republik Ceko, yang mengambil alih kepresidenan enam bulan bergilir UE pada 1 Juli, adalah salah satu negara yang bergantung pada Rusia untuk hampir semua kebutuhan gasnya.

Secara keseluruhan, UE mengandalkan Rusia untuk 40% gasnya sebelum Moskow menginvasi Ukraina. Baca Juga:Mengungkap Fakta-fakta Perusahaan Barat di Lingkaran Sektor Migas Rusia

Fiala mengatakan, Ceko melakukan semua yang mereka bisa untuk mengurangi ketergantungan mereka pada energi Rusia, “tetapi itu tidak akan terjadi musim dingin ini,” bebernya.

Artikel ini bersumber dari ekbis.sindonews.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News