customer.co.id – Apa bisa gaji Rp5 juta sebulan mau liburan keliling Eropa? Bagaimana caranya? Mungkin Anda juga sudah menyadarinya, dunia travelling semakin marak belakangan ini.

Pameran travelling pun banyak sekali diadakan. Banyak sekali orang yang berlomba-lomba untuk jalan-jalan ke luar negeri. Tiket dan tour dengan harga relatif murah menjadi kesempatan bagi kita untuk berlibur, salah satunya liburan keliling Eropa.

Tetapi bagaimana jika penghasilan kita hanya Rp5 juta sebulan? Bagaimana cara untuk dapat liburan keliling Eropa? Mari kita simak rubrik berikut ini.

Rubrik Finansialku

Impian Liburan Keliling Eropa

Tidak sedikit orang yang senang dengan hobi yang satu ini, Travelling. Sudah menjadi impian semua orang untuk dapat pergi ke belahan bumi yang lainnya, ke negara lain dan melihat kebudayaan serta tempat wisata di sana.

Bagi masyarakat Indonesia, negara Eropa menjadi salah satu tempat impian yang ingin didatangi.

Negara-negara Eropa seperti Perancis, Italia, Belanda dan negara Eropa lainnya yang terkenal dengan keindahannya, menjadi sasaran untuk berlibur.

Tetapi untuk pergi ke negara-negara di Eropa membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, banyak sekali orang yang lebih mengutamakan negara-negara di Asia dibandingkan di Eropa.

[Baca Juga: Mau Keliling Eropa? Ketahui Dahulu Asuransi Perjalanan Untuk Visa Schengen]

Walaupun demikian, bukanlah hal yang mustahil untuk mempunyai impian liburan keliling Eropa, bahkan mulai merencanakan hal tersebut.

Tetapi, bagaimana dengan orang yang hanya memiliki penghasilan Rp5 juta setiap bulannya? Apakah memungkinkan untuk merencanakan liburan keliling Eropa?

Ternyata hal tersebut tidaklah mustahil pula, dengan perencanaan yang matang dan kedisiplinan, hal tersebut dapat dilakukan.

Berikut ini ada beberapa langkah praktis yang dapat Anda lakukan jika Anda ingin liburan keliling Eropa walaupun hanya dengan gaji Rp5 juta sebulan.

Langkah-Langkah Agar Dapat Liburan Keliling Eropa Dengan Gaji Rp 5 Juta

Berikut ini adalah langkah-langkah yang Anda dapat lakukan jika ingin liburan keliling Eropa dengan gaji Rp5 juta sebulan.

#1 Tentukan Tujuan Anda dan Dana yang Dibutuhkan

Langkah pertama yang sangat penting untuk dilakukan adalah menentukan tujuan berlibur Anda.

Jika Anda ingin liburan keliling Eropa, tentukan besar biaya yang diperlukan. Apakah Anda membuat rencana perjalanan sendiri atau ikut dengan tur untuk liburan keliling Eropa?

Apapun pilihan Anda, Anda harus menghitung besar biaya yang dibutuhkan.

Di bawah ini merupakan salah satu brosur liburan keliling Eropa yang saya temukan di internet sebagai bahan perbandingan kita di artikel kali ini.

[Baca Juga: Ingin Melanjutkan Pendidikan S2 ke Eropa? Begini Cara Merencanakan Dananya]

Disebutkan disana bahwa untuk melakukan tur 10 hari 7 malam liburan keliling Eropa dibutuhkan dana sebesar Rp33 juta.

Angka inilah yang Anda butuhkan pada saat Anda melakukan perencanaan untuk liburan keliling Eropa.

Mungkin bagi Anda yang menyusun sendiri rencana perjalanan Anda, Anda dapat menghemat beberapa biaya sehingga mendapatkan jumlah dana yang lebih kecil daripada mengikuti tur.

Silahkan Anda tentukan sendiri tujuan dan besar dana sesuai impian Anda.

#2 Tentukan Jumlah Dana Yang Harus Diprioritaskan

Langkah berikut, Anda harus segera memulai berdisiplin menabung untuk mencapai tujuan dana yang dibutuhkan.

Untuk menghitungnya dengan tepat, termasuk di dalamnya terdapat inflasi untuk biaya tur dan travelling, Anda dapat menggunakan Aplikasi Finansialku.

[Baca Juga: 7 Tips Memilih Hotel dan Alternatif Penginapan untuk Menghemat Budget Liburan]

Saya memasukkan asumsi inflasi sebesar 8% dan menabung selama 5 tahun. Dengan asumsi tingkat pengembalian investasi sebesar 10% maka Anda hanya perlu menabung sebesar Rp627.000 setiap bulannya.

[Baca Juga: 15 Tips untuk Liburan Murah dan On Budget]

Ini adalah hasil perhitungannya. Bukan angka yang besar bukan?

Tetapi Anda membutuhkan kedisiplinan untuk memprioritaskan untuk menabung dana ini.

Jika gaji Anda hanya Rp5 juta, berarti Anda harus memprioritaskan kurang lebih sebesar 10% dari gaji Anda setiap bulannya untuk liburan keliling Eropa.

#3 Berinvestasi Dengan Pengetahuan dan Pemahaman Benar

Setelah Anda menemukan besarnya dana yang Anda harus tabung setiap bulannya. Anda sudah dapat langsung mencari instrumen investasi yang dapat memberikan keuntungan sesuai dengan yang Anda masukkan dalam perhitungan setiap tahunnya.

Ada banyak sekali instrumen investasi yang dapat membantu Anda.

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Jika mengacu pada angka perhitungan yang saya dapatkan, yaitu dengan asumsi 10% setiap tahunnya, Anda dapat berinvestasi di instrumen investasi seperti reksa dana saham, atau membeli saham bluechip langsung dengan menggunakan mekanisme menabung secara rutin, atau instrumen lainnya.

Pastikan Anda mempelajari dan memahami terlebih dahulu instrumen investasi yang Anda pilih.

Anda tidak perlu melakukan jual beli jika Anda tidak mengerti bagaimana melakukan jual beli, Anda hanya cukup berdisiplin menabung secara rutin.

#4 Evaluasi Dana Anda Setiap Tahunnya

Setelah satu tahun Anda berdisiplin melakukan investasi, Anda harus mengevaluasi tingkat pengembalian hasil yang Anda dapatkan.

Dengan demikian, Anda dapat mengetahui apakah investasi Anda masih dalam jalur yang seharusnya. Anda juga dapat melakukan top up dana jika Anda mendapatkan bonus atau penghasilan tambahan lainnya, untuk meningkatkan dana liburan keliling Eropa Anda.

[Baca Juga: 4 Tipe Travelling: Liburan Sendiri, Beli Paket Wisata dan Lainnya, Kamu yang Mana?]

Pastikan Anda menabung dengan disiplin tanpa menggunakan dana tersebut untuk hal yang lainnya.

Hobi Travelling Butuh Perencanaan Keuangan

Hobi untuk berlibur ataupun travelling bukanlah hobi yang dapat dilakukan tanpa perencanaan. Jika Anda memiliki hobi tersebut, pastikan Anda sudah merencanakan keuangan Anda.

Langkah-langkah diatas dapat dilakukan jika Anda sudah memiliki fondasi keuangan yang benar.

Anda harus memiliki arus kas yang baik, dana darurat dan asuransi terlebih dahulu, karena hal tersebut yang akan membuat liburan Anda jadi lebih menyenangkan.

Rencanakan keuangan Anda dengan benar dan lakukan mulai dari sekarang.

Apakah artikel ini menambah wawasan Anda tentang bagaimana cara berlibur keluar negeri dengan gaji Rp5 juta?

Apakah Anda merasa terbantu dengan artikel ini? Apakah Anda bersedia membantu teman-teman Anda atau orang di luar sana untuk dapat liburan keliling Eropa juga? Bagikan artikel ini dengan mereka!

Sumber Gambar:

    Liburan Keliling Eropa – https://goo.gl/EcKim8

    Keliling Eropa – https://goo.gl/E8z1HL

    Menara Eiffel – https://goo.gl/t11PRp

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News