SURYA.CO.ID, SURABAYA – Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Timur I (Kanwil DJP Jatim I) menyelenggarakan kegiatan Pajak Bertutur 2022 secara luring dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. Kamis (18/8/2022).

Tema yang diangkat pada Pajak Bertutur 2022 adalah “Generasi Sadar Pajak, Muda Berkreasi Membangun Negeri” dengan tagline “Sehari Mengenal, Selamanya Bangga.”

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Kanwil DJP Jatim I, John L Hutagaol menyampaikan, edukasi perpajakan dengan metode penyuluhan langsung seperti Pajak Bertutur ini adalah bagian dari program inklusi kesadaran pajak terkait peranan dunia pendidikan mewujudkan generasi emas yang cerdas, sadar pajak, kreatif dan membangun negeri.

“Oleh karennya, diharapkan seluruh mahasiswa agar dapat menjadi agen perubahan dan berkreasi membangun negeri dengan menjadi generasi sadar pajak,” ujar John L Hutagaol.

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan, bahwa program edukasi perpajakan yang efektif ditargetkan tidak hanya menjangkau kepada Wajib Pajak terdaftar, namun juga menyasar kepada calon-calon Wajib Pajak di masa depan,yang nantinya akan menjadi pelopor-pelopor kepatuhan Wajib Pajak untuk Indonesia yang lebih maju dan sejahtera.

“Sejalan dengan itu sendiri, implementasi Program Inklusi Kesadaran Pajak melalui Kerjasama dan regulasi pun telah terwujud antara Direktorat Jenderal Pajak dengan para pemangku kepentingan dalam bentuk Nota Kesepahaman serta Perjanjian Kerja Sama,” imbuhnya.

Dalam sambutan penutupnya, Kepala Kanwil DJP Jatim I itu menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan perguruan tinggi dan tax center di kota Surabaya dalam membina para Relawan Pajak yang sudah dilakukan sejak tahun 2018.

John L Hutagaol menambahkan, pada tahun 2022 ini sendiri, jumlah Relawan Pajak yang ada di Surabaya adalah sebanyak 294 Relawan Pajak yang aktif mendampingi dan melayani para Wajib Pajak.

“Selain itu, sebagai catatan pula, acara Pajak Bertutur ini tidak lepas dari rangkaian Hari Pajak yang diperingati setiap tanggal 14 Juli,” imbuhnya lagi.

Dikatakannya pula, pajak bertutur 2022 hari ini dilakukan oleh seluruh unit Direktorat Jenderal Pajak secara serentak di seluruh Indonesia dengan melibatkan Kantor Pusat DJP, 34 Kanwil DJP, 352 Kantor Pelayanan Pajak (KPP) serta 222 KP2KP.

“Adapun untuk yang disini, Kanwil DJP Jatim I mengundang 17 Tax Center Perguruan Tinggi se-Surabaya ATPETSI, penerima penghargaan, dan internal di Lingkungan Kanwil DJP Jatim I.

Bahkan, seluruh KPP di lingkungan Kanwil DJP Jatim I juga melakukan kegiatan Pajak Bertutur 2022 bersama 2 Sekolah Dasar, 1 Madrasah, 4 SMP, 3 SMK dan 5 SMA di kota Surabaya, dengan total peserta didik sebanyak 1.034 peserta,” tutup John L Hutagaol.


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News