loading…

Kegiatan Upstream Fire & Rescue Challenge (UFRC) di HSE Training Center Sungai Gerong, Sumatera Selatan, Senin (18/7/2022). Foto/Ist

JAKARTA – PT Pertamina Hulu Energi (PHE), Subholding Upstream Pertamina, menegaskan komitmennya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di bidang Health Safety Security Environmental (HSSE) melalui Upstream Fire & Rescue Challenge (UFRC). Kegiatan yang berkolaborasi dengan Pertamina Corporate University (PCU) ini melibatkan hampir seluruh zona di lingkungan PHE.

Senior Vice President (SVP) HSSE Pertamina Deddy Syam mengatakan, kegiatan yang digelar di salah satu fasilitas di bawah PCU yakni di HSE Training Center Sungai Gerong, Sumatera Selatan, Senin-Kamis (18-21 Juli) ini adalah gelaran HSSE pertama di lingkungan bisnis hulu Pertamina.

Baca Juga: Agresif Beroperasi, PHE Genjot Produksi Migas di Triwulan I

“Operasi upstream high risk di onshore maupun offshore. SHU bakal trigger fungsi lain juga. Kita akan buat kompetisi seluruh Pertamina,” kata Deddy melalui keterangan pers, Senin (18/7/2022).

Menurut Deddy, keberadaan HSE TC Sungai Gerong sangat vital, terlebih untuk sektor upstream. Untuk itu, tegas dia, setiap tim rescue di wilayah operasi harus selalu siap dengan berbagai kondisi. “Kalau nggak siap ada second effect akumulasi lebih parah. Sering-sering latihan, drill. Kalau sering dilakukan maka efek motorik kita jalan. Lihat ada kejadian atau potensi langsung bergerak,” jelasnya.

Sementara itu, perwakilan Pjs VP HSSE PHE Anton Ojong menegaskan bahwa UFRC diharapkan bisa meningkatkan tanggung jawab sekaligus kemampuan tim khusus yang ada di setiap anak perusahaan bisnis hulu untuk selalu siap siaga menjaga keselamatan pekerja maupun aset perusahaan. “Ini bakal rutin jadi skill bisa dipertahankan bahkan lebih bagus,” tegasnya.

Baca Juga: Taruna Akmil Berdarah Prancis Naik Pangkat, Raih Penghargaan Emas

Manajer HSE TC Sungai Gerong Helmi Fadillah Lubis menjelaskan, seluruh pekerja Pertamina bisa memanfaatkan semua fasilitas mutakhir yang ada di HSE TC Sungai Gerong. HSE TC Sungai Gerong merupakan salah satu fasilitas pelatihan rescue terbesar di Indonesia, bahkan pernah menjadi yang terbesar di Asia Tenggara. “Jadi wajar kualitas setiap pelatihan juga bukan sembarangan,” tandasnya.

UFRC 2022 menurutnya diharapkan bisa menjadi motivasi untuk subholding lainnya untuk meningkatkan kualitas SDM HSSE-nya. Sebanyak 11 tim akan mengikuti kegiatan ini. Di area seluas lebih dari 28 hektare ini terdapat berbagai fasilitas pelatihan yang tidak dimiliki oleh fasilitas lainnya.

SVP Human Capital Management PT Pertamina Lelin Eprianto mengatakan, HSE TC Sungai Gerong cocok menjadi venue kegiatan seperti UFRC yang digelar PHE. Keberadaan fasilitas pendukung yang sangat lengkap membuat para peserta bisa menjalankan berbagai skenario dengan tingkat kesulitan beragam yang tentu bakal meningkatkan kualitas pelatihan itu sendiri.

(fai)

Artikel ini bersumber dari ekbis.sindonews.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News