Jakarta: Bobot ringan kini menjadi salah satu faktor utama yang dipertimbangkan konsumen saat membeli perangkat elektronik untuk mendukung produktivitas mereka, terutama konsumen dengan mobilitas tinggi, salah satunya laptop.
 
Tidak hanya soal bobot, konsumen juga kerap mempertimbangkan performa yang mampu disuguhkan laptop, mengingat saat ini, pengguna tidak hanya menggunakan laptop untuk aktivitas profesional, namun juga hiburan yang juga membutuhkan tenaga besar.
 
HP, sebagai salah satu produsen perangkat komputasi mendunia, menyadari hal tersebut, juga soal keinginan konsumen akan perangkat dengan banderol harga terjangkau. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, HP merilis sejumlah perangkat di berbagai kelas, salah satunya adalah Pavilion Aero 13.
 

Desain

Soal desain, laptop ini hadir dengan desain yang sederhana namun elegan, serta bodi tipis dan ringan. HP Pavilion Aero 13 hadir dengan bobot kurang dari 1Kg, tepatnya 953 gram dan ketebalan 17mm, menjadikan perangkat ini menyenangkan untuk dibawa dalam perjalanan.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kesan elegan pada perangkat ini salah satunya didukung oleh balutan warna emas hangat atau Warm Gold pada bahan alumunium yang digunakan untuk rangka bodi, merupakan salah satu pilihan warna yang ditawarkan HP untuk model laptop karyanya ini.
 
Bagian luar layar perangkat ini berbalut bahan kesat yang mengurangi peluang bodi cepat kotor akibat noda sidik jari, serta mendukung kenyamanan saat harus memegang perangkat ketika berpindah tempat atau dalam perjalanan singkat.
 
HP Pavilion Aero 13, Teman Menyenangkan untuk Mobilitas
 
Seperti pada sejumlah perangkat karya HP lain, Anda juga akan menemukan logo HP yang dikelilingi lingkaran berbahan serupa cermin di tengah luar bodi bagian layar. Membuka bagian tersebut untuk menggunakan laptop akan menampilkan keyboard berdesain ringkas.
 
Ukuran masing-masing tuts pada keyboard ini tergolong besar, menghadirkan kenyamanan saat mengetik menggunakan laptop ini, sebab membantu mengurangi peluang salah menekan tombol yang tidak diinginkan.
 
Sayangnya, pada tombol panah ke atas dan bawah yang tersemat di sudut kanan bawah berukuran sedikit kecil, sehingga kerap menyebabkan kami salah menekan tombol saat membutuhkannya.
 
HP Pavilion Aero 13, Teman Menyenangkan untuk Mobilitas
 
Di bawah keyboard tersebut Anda akan menemukan touchpad mulus dan berbahan cukup kesat, mendukung kenyamanan menggulirkan jari untuk menggerakan kursor secara lebih presisi, serta sensor pemindai sidik jari tersemat di sisi kanannya.
 
HP Pavilion Aero 13 hadir dengan layar yang dikelilingi bezel cukup tipis, dengan sudut sedikit membulat. Layar perangkat ini mengusung dimensi cukup luas yaitu 13,3 inci, yang mampu menghadirkan ketajaman baik dan warna yang cerah, nyaman saat dipandang dalam jangka waktu lama.
 
HP turut membekali Pavilion Aero 13 dengan dukungan port tergolong lengkap, dapat ditemukan di sisi kanan dan kiri laptop. Di sisi kanan, Anda akan menemukan jack pengisian daya dan port USB-A bertipe drop-jaw.
 
HP Pavilion Aero 13, Teman Menyenangkan untuk Mobilitas
 
Sementara itu di sisi kiri, terdapat masing-masing satu port HDMI, port USB-A tipe drop-jaw, port USB-C dan jack headphone. Sayangnya, HP tidak membekali laptop ini dengan slot microSD.
 

Fitur

Menargetkan konsumen seperti pelajar dan pekerja yang pada dua tahun terakhir lebih mengutamakan aktivitas dari rumah dan memanfaatkan internet, HP Pavilion Aero 13 hadir dengan webcam 720p.
 
HP Pavilion Aero 13, Teman Menyenangkan untuk Mobilitas
 
Soal kualitas, kamera ini cukup mampu menyuguhkan tampilan pengguna dengan terang, terbantu oleh cahaya yang dipancarkan oleh layar, meski pengguna berada pada lingkungan dengan kondisi pencahayaan redup atau backlight. Namun, Anda tetap dapat menemukan gangguan noise pada tampilan di kamera tersebut, terutama di kondisi pencahayaan redup.
 

HP turut membekali Pavilion Aero 13 dengan dua speaker stereo karya produsen audio kenamaan, Bang & Olufsen (B&O). Speaker ini tersemat di bagian bawah kanan dan kiri laptop,  dan juga didukung oleh software B&O Audio untuk mengubah preset audio.
 
HP Pavilion Aero 13, Teman Menyenangkan untuk Mobilitas
 
Suara yang disuguhkan tergolong baik dan lantang, namun kekerasan suara suguhan bergantung pada material alas laptop, sebab speaker menghadap ke arah bawah. Selain itu, HP Pavilion Aero 13 berbekal keyboard chiclet dengan layout khas HP.
 
Keyboard ini mampu menghadirkan kenyamanan saat digunakan untuk mengetik, dengan tombol navigasi tersemat di sisi kanan keyboard. Tombol daya pada laptop ini juga menyatu dengan layout keyboard, namun tidak pada bagian ujung layout keyboard.
 
Anda dapat menemukan tombol daya ini tersemat sebagai tombol kedua dari ujung kanan, bersebelahan dengan tombol delete. HP turut menghadirkan pencahayaan pada keyboard perangkat atau backlit berwarna putih dengan dua tingkat kecerahan.
 
HP Pavilion Aero 13, Teman Menyenangkan untuk Mobilitas
 
Seperti laptop pada umumnya, HP Pavilion Aero 13 juga hadir dengan touchpad di bawah keyboard, dan didukung gestur multi-sentuh. Hadir sebagai laptop berukuran layar 13 inci, perangkat ini mengusung touchpad dengan ukuran tergolong besar.
 
Touchpad ini hadir sejajar dengan tombol spasi di sisi kiri, dan lebih melebar di sisi kanan, serta mendukung fitur Windows Precision Driver. Sementara itu, keamanan di era digital kini telah menjadi salah satu faktor penting yang dipertimbangkan produsen perangkat sebelum menelurkan produk terbarunya.
 

Untuk menjaga keamanan perangkat karyanya ini, HP membekali Pavilion Aero 13 dengan sensor pemindai sidik jari di kanan bawah keyboard. Tepatnya di bawah tombol navigasi tanda panah pada keyboard dan bersebelahan dengan logo B&O.
 
HP Pavilion Aero 13, Teman Menyenangkan untuk Mobilitas
 
HP tidak lupa mendukung Pavilion Aero 13 dengan sistem pendingin aktif, terdiri dari satu fan dan satu heatpipe, dengan intake dari bawah dan exhaust ke arah belakang. HP membekali laptop ini dengan sistem engsel khusus, sehingga saat bagian layar terbuka, bodi bagian keyboard akan sedikit terangkat.
 
Dengan demikian, hal ini mempermudah perangkat tetap mampu menghisap udara yang dibutuhkan oleh proses pendinginan, meski diletakkan di atas permukaan dengan kondisi tidak terlalu kokoh dan berpotensi menghalangi bagian intake udara.
 

Performa dan Baterai

Laptop ini menggunakan prosesor AMD Ryzen 7-5800U, RAM 16GB DDR4, dan memori penyimpanan SSD NVMe 512GB. Berkat dukungan tersebut, laptop ini mampu menyuguhkan kinerja dengan kecepatan tinggi di kelasnya.
 
Untuk kecepatan dasar, clock-speed laptop mencapai 1,9GHz dan 4,4GHz untuk mode turbo. Suguhan pengalaman penggunaan menyenangkan ini juga kami rasakan pada proses menyalakan laptop, booting, login, hingga masuk ke halaman utama Windows 11 yang dilalui dalam waktu beberapa detik.
 
Selain itu, semua aplikasi yang kami akses di perangkat ini dapat langsung terbuka dengan cepat, dari browser hingga File Manager. Selain itu, performa ini juga kami rasakan saat menggunakan aplikasi konferensi video seperti Zoom dan Microsoft Teams, yang berjalan tanpa lag mengganggu.
 





Pengujian  PCMark 10 Modern Office  3DMark Fire Strike   Cinebench R23 (multi/single)
Skor 5464  2968  5207/1098

 
Performa baik ini juga terlihat saat membuka 36 tab di Google Chrome dengan memutar tiga video YouTube di antara tab tersebut. Salah satunya didukung oleh skor hasil perolehan dari uji benchmark melibatkan aplikasi termasuk PCMark 10.
 
Pada pengujian menggunakan PCMark 10, HP Pavilion Aero 13 ini memperoleh skor cukup memuaskan, sebesar 5.464. Sementara itu, pada pengujian melibatkan aplikasi 3DMark Fire Strike, perangkat ini memperoleh skor 2.968.
 
Soal baterai, laptop ini mampu bertahan selama sekitar 8 hingga 9 jam saat digunakan untuk menelusuri internet, bekerja, sembari mendengarkan musik via internet, hingga menonton drama dan film favorit, dalam satu kali pengisian daya.
 
Sementara itu, saat diuji menggunakan aplikasi PCMark 10, baterai HP Pavilion Aero 13 mampu bertahan selama 10 jam 31 menit.
 
Kesimpulan
HP Pavilion Aero 13 ini mungkin dapat menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang menginginkan laptop berbobot di bawah satu kilogram, namun dengan kisaran harga Rp15 jutaan dengan performa kencang dan bahkan masih bisa digunakan untuk bermain game. 
 
Selain itu, layar perangkat dijual dengan harga resmi Rp15.999.000 ini juga tergolong baik untuk kegiatan produksi konten ringan.
 












Spesifikasi  HP Pavilion Aero 13
Prosesor AMD Ryzen 7-5800U
RAM  16GB DDR4
Memori Internal  SSD NVMe 512GB
Layar  13,3 inci, WQXGA 2560 X 1600 piksel, 60Hz, 16:10
GPU  AMD Radeon Graphics
Bobot 963 gram
Dimensi  29,7 cm x 20,9 cm x 1,69 cm
Harga Rp15.999.000

 

Plus

  • Desain ringkas
  • Bobot ringan
  • Performa baik
  • Layar cerah, kaya warna
  • Keyboard nyaman digunakan

Minus

  • Bagian dudukan tangan sempit
  • Tanpa slot microSD

 

(MMI)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News