loading…

Sedikitnya ada lima importir gas Rusia di masing-masing negara Eropa yang kemungkinan terkena krisis bila pasokan dikurangi. Foto DOK SINDOnews

JAKARTA – Sedikitnya ada lima importir gas Rusia di masing-masing negara Eropa yang kemungkinan terkena krisis bila pasokan dikurangi. Upaya terbaik untuk mengantisipasi hal ini adalah dengan mengganti impor gas Rusia secara bertahap.

Melansir dari cnbc, Masih berlangsungnya invasi Rusia membuat negara ini mendesak pasokan gas negara Gazprom ke negara negara Eropa sebesar 60%. Pangsa impor gas Rusia ke Uni Eropa memang telah menurun dari 45% tahun lalu menjadi 31% pada April 2022, pangsa gas pipa juga ikut turun dari 40% tahun lalu menjadi 26% tahun ini.

Baca juga : PM Italia Bocorkan Fakta Terbaru: Mayoritas Importir Gas Rusia Membuka Rekening dengan Rubel

Meskipun begitu tentunya masih ada beberapa perusahaan di negara Eropa yang bergantung pada gas Rusia ini. Berikut daftar lima importir gas Rusia di masing-masing negara Eropa :

1. Eni (Italia)

Eni Italia dikonfirmasi hanya mendapatkan 65% dari volume pasokan gas yang diminta dari Gazprom Rusia. Kekurangan itu bertepatan dengan kunjungan Perdana Menteri Italia Mario Draghi ke Ukraina.

Italia memang sedang mengurangi ketergantungan terhadap gas Rusia ini. Pada tahun lalu Italia memperoleh 40% impor gas dari Rusia. Sedangkan untuk tahun ini Italia bisa menurunkan impor gas sehingga kurang dari 24% dari total lima bulan pertama.

Dengan turunnya pasokan gas Rusia, Aljazair menjadi pemasok gas terbesar Italia yaitu sebanyak 31% dari total impor.

2. Shell Energy (Jerman)

Artikel ini bersumber dari ekbis.sindonews.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News