IDXChannel – Mungkin banyak yang belum mengetahui kisaran gaji pengacara Indonesia 2022 dari taraf Junior hingga Senior.

Sebagian besar orang menganggap bahwa seorang pengacara bisa memperoleh gaji yang fantastis untuk satu kasus. Namun, perjalanan untuk menjadi seorang pengacara tentunya memakan waktu yang cukup panjang dan juga pengalaman yang banyak.

Setiap pengacara memiliki besaran gaji sesuai dengan spesialisasi hukum masing-masing. Spesialisasi hukum tersebut meliputi hukum pidana, hukum pertahanan, hukum rumah tangga, dan hukum bisnis. Selain itu, pendidikan juga cukup berpengaruh dalam penentuan gaji seorang pengacara.

Nah, sebenarnya, berapakah kisaran gaji pengacara Indonesia 2022 yang bisa didapatkan?

Pada umumnya, gaji dari seorang advokat magang berada di kisaran Rp2 juta hingga Rp3 juta. Sedangkan untuk seorang advokat muda bisa memiliki gaji Rp7 juta hingga Rp15 juta.

Lalu, bagaimana dengan seorang pengacara profesional? Seorang pengacara profesional yang bekerja di sebuah firma hukum besar dan ternama bisa mendapatkan gaji di kisaran Rp20 juta per bulannya, tergantung dari banyaknya pengalaman dari pengacara tersebut.

Nominal di atas hanyalah gaji pokok yang diterima seorang pengacara. Seorang advokat juga bisa menerima atau mendapatkan bonus berupa biaya Sukses dari kasus yang berhasil ditangani oleh mereka. Bahkan beberapa informasi menyebutkan bahwa pendapatan seorang pengacara bisa mencapai miliaran rupiah.

Bisa seorang pengacara sudah dikenal dan memiliki reputasi yang baik, Ia bisa menetapkan tarifnya sendiri, baik berdasarkan kasus maupun harian tergantung dari kemauan dan kebutuhan klien.


Artikel ini bersumber dari www.idxchannel.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News