Jadi Ini Alasan Gaji di Indonesia Lebih Kecil dari Singapura?

Jumat, 22 Juli 2022 – 15:03 WIB

VIVA Bisnis – Gaji pekerja perusahaan startup dan teknologi Vietnam serta Singapura lebih besar dibanding dengan Indonesia. Hal itu terungkap dalam laporan The Southeast Asia Tech Talent Compensation Report 2020/2021.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Nailul Huda menilai, jika dibandingkan dengan Singapura, memang gaji pekerja di Indonesia sangat jauh perbedaannya. Tetapi jika dibandingkan dengan Vietnam menurutnya jangkauan atau kisarannya hampir sama.

“Sebenarnya, jika kamu melihatnya jangkauan-nya hampir sama dengan Vietnam. Tapi memang dibandingkan dengan Singapura, jauh sekali antara Indonesia-Vietnam dengan Singapura,” ujar Huda saat dihubungi VIVA BisnisJumat 22 Juli 2022.

Ilustrasi uang tunai/gaji.

Foto:

  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Huda menjelaskan, untuk produk domestik bruto (PDB) per kapita antara Indonesia dan Vietnam relatif sama. Tetapi jika dibandingkan dengan negara tetangga Singapura sangatlah jauh.

“PDB per kapita Singapura mencapai US$100 ribu, Indonesia di sekitaran US$11 ribu, Vietnam di sekitaran US$10ribu,” jelasnya.

Meskipun dalam hal ini pendapatan per kapita Indonesia sedikit di atas Vietnam, tetapi gaji di negara itu lebih besar. Dalam hal ini Huda menjelaskan, hal itu terjadi karena ketersediaan talenta digital di Vietnam jauh lebih sedikit dibandingkan dengan Indonesia.

Artikel ini bersumber dari www.viva.co.id.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News