loading…

Jalin bersama dengan Bank Mandiri Taspen melakukan perluasan dan kemudahan akses layanan perbankan. FOTO/Istimewa

JAKARTA – PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) bersama dengan PT Bank Mandiri Taspen (Mantap) melakukan perluasan dan kemudahan akses layanan keuangan dengan menghadirkan solusi layanan perbankan digital . Jalin yang mengelola switching ATM Link dan Bank Mandiri Taspen sepakat mengembangkan layanan baru seperti pembayaran terintegrasi lewat Jalin Payment Integrator dan tarik tunai tanpa kartu (cardless withdrawal).

Layanan baru lainnya meliputi layanan directory server untuk pemrosesan transaksi kartu GPN di merchant online dengan menggunakan teknologi 3D secure (Jalin Verifi3D). Direktur Utama Jalin Boyke Yurista mengatakan Jalin memberikan dorongan kepada industri dengan menjalin sinergi di dalam ekosistem finansial dan nonfinansial untuk mewujudkan inklusi keuangan.

Baca Juga: Bank Mandiri Taspen Cetak Laba Bersih Rp355,4 Miliar di Kuartal I 2022

Di samping itu, upaya ini juga dilakukan guna mendorong inovasi yang ditawarkan pelaku jasa perbankan untuk mendukung rencana pemerintah dalam mencapai target inklusi keuangan sebesar 90 persen di tahun 2024 nanti.
Sebagai lembaga Penyelenggara Sistem Infrastruktur Pembayaran (PIP), lanjut Boyke, Jalin juga memberikan dukungan kepada seluruh member agar berfokus dalam memberikan layanan kepada seluruh nasabah.

“Kami mendukung industri perbankan maupun fintech dalam menghadirkan kemudahan transaksi keuangan bagi seluruh nasabahnya lewat infrastruktur sistem pembayaran yang robust dan prudent,” ujar Boyke dalam keterangan tertulis, Jumat (15/7/2022).

Direktur Bisnis Bank Mantap Maswar Purnama mengatakan dukungan tersebut dapat memberikan solusi layanan perbankan digital perseroan kepada nasabah eksisting dan potensial ke depannya.

“Bank Mandiri Taspen melihat sinergi perusahaan merah putih ini sebagai potensi yang menjadi daya dorong perseroan untuk menjadi penyedia layanan produk digital serta kesiapan beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital di dalam dunia perbankan,” tuturnya.

Sebagai informasi, Bank Mandiri Taspen sudah tergabung sebagai member Jalin untuk mengakomodir layanan transaksi di mesin ATM maupun melalui kartu debit di mesin EDC merchant yang terafiliasi oleh Bank Himbara atau Himpunan Bank Milik Negara.

Baca Juga: Gibran Ungkap Tantangan Migrasi Pelaku UKM ke Digital

Bank Mandiri Taspen juga tengah mengembangkan layanan mobile banking dengan fitur transaksi melalui Quick Response Code Indonesia (QRIS) dengan didukung Jalin sebagai lembaga PIP terpercaya saat ini.

Lebih lanjut, Boyke mengatakan Jalin juga memberikan dukungan terhadap penyediaan infrastruktur keuangan digital sebagai cita-cita untuk mewujudkan rencana besar pemerintah melalui Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025.

“Dengan mengembangkan sejumlah inovasi produk dan layanan serta langkah adaptif mengikuti dinamika perkembangan zaman, kami yakin dapat mewujudkan inklusi keuangan lewat implementasi roadmap The National Digital Highway,” jelasnya.

(nng)

Artikel ini bersumber dari ekbis.sindonews.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News