customer.co.id – Apakah kamu sering mengingat pekerjaan yang belum selesai sehingga akhirnya membuat mood jadi kurang baik? Rupanya nama dari fenomena tersebut adalah Zeigarnik Effect.

Mungkin istilah yang satu ini masih jarang kamu dengar. Namun, pastinya setiap orang pernah merasakan Zeigarnik Effect.

Priority Matrix menyebutkan saat terus-menerus memikirkan tugas yang belum selesai akan cenderung menyebabkan stres dan susah fokus.

Saat ingin mencoba melakukan hal lainnya, kita masih terus mengingat pekerjaan yang belum selesai. Hal itu pun akhirnya membuat kita bekerja kurang efisien.

Nah, supaya bisa menghindari efek negatif dari Zeigarnik Effect, sebaiknya simak pengertian dan cara memanfaatkannya untuk meningkatkan produktivitas berikut ini.

Apa Itu Zeigarnik Effect?

© Freepik.com

Sederhananya Zeigarnik Effect adalah kecenderungan mengingat tugas yang belum selesai, menurut Memory.

Manusia rupanya lebih cenderung mudah mengingat mengenai pekerjaan yang belum diselesaikannya daripada pekerjaan yang sudah dituntaskan.

Istilah yang satu ini pertama kali dicetuskan oleh seorang psikolog asal Rusia yang bernama Bluma Zeigarnik pada tahun 1920-an.

Pada awalnya Zeigarnik mengamati staf restoran yang mampu mengingat pesanan yang banyak. Namun, setelah pesanan itu diselesaikan rupanya staf tersebut langsung lupa dengan hal tersebut.

Setelah itu ia mempelajari kecenderungan tersebut dan melakukan penelitian mengenai fenomena tersebut.

Hasilnya diketahui bahwa saat seseorang memulai suatu tugas, maka otak akan mengalami ketegangan. Setelah itu otak akan meningkatkan akses kognitif ke informasi yang relevan agar bisa segera menyelesaikannya.

Jika pekerjaan tersebut tidak kunjung selesai maka otak tidak akan merasa lega dan membuat kita selalu teringat dengan pekerjaan.

Jadi saat sedang fokus mengerjakan suatu tugas tapi harus berhenti sebelum diselesaikan, maka dapat membuat kita sulit berkonsentrasi saat akan melakukan hal lainnya.

Verywellmind menjelaskan bahwa Zeigarnik Effect dapat berimplikasi pada kehidupan sehari-hari. Bahkan, fenomena psikologis ini bisa bermanfaat untuk kita, lho.

Memanfaatkan Zeigarnik Effect untuk Tingkatkan Produktivitas

© Freepik.com

Pengetahuan soal Zeigarnik Effect dapat berguna bagi kehidupan sehari-hari kita dan bahkan membantu meningkatkan produktivitas.

Berikut ini beberapa dampak positif Zeigarnik Effect untuk meningkatkan produktivitas, di antaranya adalah:

1. Mengatasi procrastination

Procrastination atau kebiasaan menunda pekerjaan pasti pernah dilakukan oleh banyak orang. Hal yang satu ini bisa berdampak buruk pada produktivitas jika terus dibiarkan.

Namun, ternyata Zeigarnik Effect dapat membantu kita mengatasi procrastination.

Pasalnya, kita segera sadar bahwa menunda pekerjaan malah hanya membuat terus kepikiran dengan pekerjaan yang belum selesai.

Menurut ThoughtCo perasaan tidak nyaman saat pekerjaan belum selesai akan mendorong kita mengatasi procrastination dan segera menyelesaikan tugas hingga tuntas.

2. Menyelesaikan tugas sesuai urutan to do list

Membuat to do list juga bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas dan membantu kita mengerjakan tugas sesuai urutan.

Dalam membuat to do list kamu bisa menyusun jadwal tugas yang harus diselesaikan sesuai tingkat kesulitan atau yang paling mendekati deadline.

Nah, dengan membuat to do list tentunya kita bisa memprioritaskan pekerjaan mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu.

Jadi, hal tersebut mampu membantu kita terhindar dari efek negatif Zeigarnik Effect seperti kecemasan berlebihan karena belum menyelesaikan tugas.

3. Meningkatkan kepuasan pada hasil kerja

Zeigarnik Effect memang memiliki dampak buruk pada kesehatan mental. Pasalnya hal itu bisa membuat kita merasa sulit tidur, stres, dan terlalu cemas karena pekerjaan yang tidak kunjung selesai.

Meski begitu, di sisi lain rupanya hal yang satu ini juga bisa berdampak positif dan mampu membantu meningkatkan produktivitas.

Dampak positif dari Zeigarnik Effect adalah mampu meningkatkan kepuasan pada hasil kerja kita.

Saat mampu mengatasi rasa malas hingga akhirnya semua pekerjaan terselesaikan, maka kita bisa merasa puas dengan hasil kerja keras yang dilakukan.

Dengan begitu, kita akan merasa semangat saat mengerjakan tugas yang lainnya dan bahkan lebih percaya diri bisa menyelesaikannya tepat waktu.

Itu tadi penjelasan mengenai Zeigarnik Effect dan bagaimana cara memanfaatkannya untuk meningkatkan produktivitas.

Zeigarnik Effect pasti pernah dirasakan oleh setiap orang. Namun, jika dibiarkan saja hal tersebut dapat memberikan dampak buruk.

Oleh karena itu jika kamu tidak mau mengalami efek negatifnya, maka cobalah untuk tidak menunda-nunda pekerjaan lagi, ya.

Tertarik dengan topik seputar meningkatkan produktivitas kerja? Kamu bisa mencoba mendiskusikannya dengan pengguna lain di Glints Komunitas.

Di forum tanya jawab itu kamu bisa berdiskusi mengenai banyak hal mulai dari cara meningkatkan produktivitas hingga seputar dunia kerja lainnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera sign up sekarang juga dan mulai berdiskusi di Glints Komunitas.

Sumber

    An Overview of the Zeigarnik Effect and Memory

    What Is the Zeigarnik Effect? Definition and Examples

    4 ways to use the Zeigarnik effect to boost your productivity

    Zeigarnik Effect and 139 Productivity

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News