customer.co.id – Tumbuh di Arab Saudi dan Tanzania, Ramzi Musallam hari ini menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Ia adalah miliarder investor Wall Street.

Kisah awal Musallam menjadi miliarder cukup tragis. Ia harus meneruskan Veritas Capital, perusahaan ekuitas swasta yang didirikan kawan yang juga bosnya, Robert McKeon pada tahun 1992.

Forbes menceritakan keadaan itu dengan dramatis. Pada 10 September 2012, asisten Mussalam tampak terguncang dan memberi tahu ada telepon masuk tentang McKeon. Dia baru saja bunuh diri di rumahnya di Connecticut selatan pada usia 58 tahun.

Mussalam dekat dengan McKeon dan tahu bosnya sedang berjuang dengan kesehatan mentalnya. Tapi Musallam tidak pernah menyangka McKeon akan mengambil nyawanya sendiri. Musallam bergabung pada tahun 1997 dan merupakan eksekutif dengan peringkat tertinggi kedua di Veritas. Pagi setelah bunuh diri, Musallam mulai mengadakan pertemuan darurat dengan investor perusahaan.

Kematian McKeon secara tiba-tiba berarti mereka memiliki hak untuk merobek komitmen untuk mendanai kesepakatan Veritas. Sebaliknya, Musallam membujuk mereka untuk bertaruh padanya. Dia juga membuat kesepakatan dengan keluarga McKeon yang akan mengalihkan kepemilikan saham mayoritas McKeon di Veritas untuk sebagian besar ke Musallam. Bertahun-tahun kemudian, kesepakatan yang tergesa-gesa itu akan menghasilkan pertumpahan darah dan gugatan antara keluarga Musallam dan McKeon.

Tapi manuver ini meletakkan dasar untuk kesuksesan Wall Street yang menakjubkan. Hampir satu dekade kemudian, aset Veritas Capital telah tumbuh dari USD2 miliar pada tahun 2012 menjadi USD36 miliar saat ini, dan dananya telah menghasilkan tingkat pengembalian internal bersih yang mengejutkan sebesar 31%.

Dana tersebut telah kehilangan uang hanya pada satu investasi yakni sebesar USD87 juta untuk perusahaan panel surya di New Mexico. Sejak Musallam mengambil alih, Veritas telah mendistribusikan USD12 miliar kepada investornya. Pada usia 53 tahun, Musallam bernilai sekitar USD4 miliar (Rp62,3 triliun), cukup baik untuk debut di Forbes 400 tahun 2021.

Musallam menghasilkan rekam jejak ini dengan berfokus pada perusahaan teknologi yang beroperasi di sektor yang didominasi oleh pemerintah federal Amerika Serikat, khususnya pertahanan, perawatan kesehatan, dan pendidikan. Pengeluaran tahunan Amerika senilai USD6,8 triliun dan kekuatan regulasi yang luas memberikan pengaruh yang tak tertandingi di pasar ini.

Sementara banyak perusahaan pembelian mencoba menghindari investasi di area yang terpengaruh oleh campur tangan pemerintah, strategi Musallam bergantung pada pemahaman apa yang akan dilakukan pemain paling berpengaruh dalam ekonomi global selanjutnya.

Formulanya berhasil. Pada bulan Januari, Veritas terdaftar sebagai perusahaan dengan kinerja terbaik keempat di industri ekuitas swasta oleh peringkat HEC–Dow Jones yang diikuti secara ketat, di depan perusahaan-perusahaan terbang tinggi seperti Thoma Bravo, Vista Equity Partners dan Clayton, Dubilier & Rice .

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News