customer.co.id – Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mewanti-wanti soal ancaman resesi global. Luhut memprediksi reseai global bisa terjadi tahun depan.

“Di tengah global resesi yang mungkin terjadi tahun depan saya kira kita semua tahu, akibat perang di Ukraina dan ketegangan di Tiongkok. Kita perlu kompak menghadapi ini. jangan sampai membuat hal-hal yang tidak perlu di antara kita, karena bisa menyerang kita semua,” kata Luhut dalam Konferensi Pers F1H20, Selasa (27/9/2022).

Luhut menyebut kondisi ini dengan istilah ‘perfect storm’. The Fed sudah menaikkan bunga dan diprediksikan akan terus melakukannya sampai akhir tahun. Menurutnya ini akan berdampak ke banyak negara, termasuk negara berkembang.

Namun demikian, Luhut melihat posisi Indonesia tergolong aman. Bahkan Indonesia kerap mendapat pujian dari dunia internasional, termasuk Amerika Serikat (AS).

“Dunia melihat Indonesia sebagai kekuatan baru, dan mereka menyampaikan di setiap pertemuan, baik di Amerika Serikat maupun tempat lain, mereka mengatakan bahwa Indonesia merupakan superpower mini,” ujarnya.

Ia pun mengajak masyarakat lebih kompak menghadapi tantangan global. Salah satunya adalah dengan meningkatkan kerja sama dan meninggalkan hal-hal yang tidak perlu.

“Kita semua harus kompak menghadapi keadaan ini,” tutur Luhut.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website detik.com. Situs https://customer.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://customer.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News