customer.co.id – Jika tak ingin tagihan Anda menumpuk dan kesulitan membayar, maka Anda wajib menyimak 4 strategi membayar tagihan kartu kredit ini!

Simak informasi selengkapnya!

Artikel ini dipersembahkan oleh:

4 Strategi Membayar Tagihan Kartu Kredit

Kartu kredit memang banyak manfaatnya. Seperti bisa untuk menyicil barang mahal, dipakai di luar negeri, beli tiket pesawat, konser, dan lain-lain.

Namun, kalau Anda salah strategi dalam melakukan pembayaran bisa menjadi tunggakan utang lho. Tunggakan utang yang akan membuat Anda pusing hingga berbulan-bulan karena kesulitan untuk melunasinya.

Membayar tagihan kartu kredit merupakan sebuah tanggung jawab. Oleh karenanya, sebelum terjebak utang pikirkan kembali mengapa Anda harus punya kartu kredit?

[Baca Juga: 5 Jenis Kartu Kredit yang Cocok untuk Wanita Milenial: Jenis, Contoh dan Manfaatnya]

Satu hal yang perlu diingat adalah Anda dapat melakukan pembayaran non-tunai yang memang mengharuskan memakai kartu kredit. Misalnya, untuk membayar cloud service setelah download film resmi atau musik dari website luar negeri dan lain sebagainya.

Setelahnya, Anda dituntut untuk membayar tagihan kartu kredit sesuai dengan batas waktu yang ditentukan. Jangan sampai salah strategi dalam melakukan pembayaran tagihan.

Dikutip dari Swara Tunaiku, begini 4 strategi melakukan pembayaran kartu kredit!

#1 Sebisa Mungkin Melunasi Tagihan, Bukan Minimum Payment

Apakah Anda tahu apa itu minimum payment?

Minimum payment merupakan nominal terendah yang harus Anda bayar, selambat-lambatnya pada saat jatuh tempo dari tagihan.

Hal ini bertujuan untuk memastikan kalau rekening kartu kredit Anda tidak bermasalah. Selain itu, bukti kalau Anda memang taat peraturan dari kartu kredit. Namun, hal ini akan berubah menjadi masalah, kalau Anda tak bisa membayar sisa tagihan pada bulan selanjutnya.

Perhatikan ilustrasi di bawah ini ya.

Bulan ini Anda memutuskan untuk membeli mobil dengan harga Rp150 juta tanpa bunga 0%. Setiap bulannya, Anda harus membayar cicilan sebesar Rp12,5 juta selama satu tahun.

Namun, kalau Anda memilih untuk membayar minimum payment, maka akan muncul bunga sebesar 3,5% untuk tagihan kartu kredit berikutnya. Jadi, bunga yang awalnya 0% akan menjadi 3,5%.

[Baca Juga: Apa Bedanya Kartu Kredit Visa dan Kartu Kredit MasterCard?]

    Bulan pertama, tagihan kartu kredit pertama yang masuk sebesar Rp12,5 juta. Anda membayarnya secara lunas. Aman.

    Bulan kedua pun Anda masih membayar tagihan kartu kredit sebesar Rp12,5 juta. Masih dalam tahap aman.

    Bulan ketiga, ternyata Anda hanya mampu melakukan pembayaran minimum payment, sebesar 10% dari Rp12,5 juta yaitu Rp1,25 juta. Sisanya, Rp11,25 juta akan masuk ke tagihan bulan berikutnya.

    Bulan keempat, yang harus Anda bayar tak hanya iuran bulanan rutin ditambah dengan sisa tagihan bulan kemarin Rp12,5 juta + Rp11,25 juta = Rp23,75 juta. Lalu, ada tambahan lagi sebesar 3,5% x Rp11,25 juta = sekitar Rp400 ribu. Jadi, total yang harus Anda bayar pada bulan keempat sebanyak Rp12,5 juta + Rp11,25 juta + Rp400 ribu = Rp24,15 juta!

Hal ini akan terus terjadi karena terakumulasi pada bulan-bulan berikutnya sampai tagihan Anda lunas. Tagihan Anda jadi membengkak bukan?

#2 Hati-hati Kalau Sampai Lewat Tanggal Jatuh Tempo

Tanggal cetak yaitu yaitu tanggal penagihan transaksi dan saldo utang Anda. Setiap bulannya, tagihan ini akan dikirim pada tanggal yang sama.

Misalnya nih, Anda dan bank menyepakati tanggal 1 sebagai tanggal cetak. Dengan begitu, setiap tanggal 1, bank akan mengirimkan tagihan yang harus Anda bayarkan.

Sebelum melakukan pembayaran coba cek tanggal jatuh temponya.

Tanggal jatuh tempo ini merupakan tanggal terakhir Anda bisa melakukan pembayaran ya. Biasanya tanggal jatuh tempo adalah 15 hari sejak tanggal cetak. Jika tanggal cetak pada tanggal 1, maka harus segera dibayar maksimal tanggal 15 pada bulan yang sama.

[Baca Juga: 17 Cara Jitu Mendapatkan Kartu Kredit Dengan Cepat]

Jika seandainya Anda memiliki cicilan kredit mobil sebesar Rp12,5 juta, maka harus membayar tagihan kartu kredit maksimal tanggal 15.

Kalau membayarnya pada tanggal 16, Anda akan dikenakan denda keterlambatan sebesar 3% dari total tagihan. Atau nilai maksimal Rp150 ribu. Agar tidak bertambah banyak tagihan Anda, sebaiknya selalu bayar sebelum jatuh tempo ya.

#3 Pakai Auto Debit

Ada satu cara agar Anda tak terlupa untuk membayar tagihan kartu kredit adalah dengan mengaktifkan auto debit.

Auto debit bisa diaktifkan pada tanggal cetak atau maksimal seminggu setelahnya.

Hal ini juga bisa mencegah Anda memakai uang bayar kartu kredit untuk belanja atau membeli barang lain. Supaya makin mudah lagi, Anda bisa mengatur tanggal auto debit sesuai tanggal gajian atau sesudahnya.

Jangan sampai kejadian Anda tidak ada uang, tapi saldo terpotong untuk bayar kartu kredit.

[Baca Juga: Siapa Saja Orang yang Tepat Menggunakan Kartu Kredit Tambahan?]

#4 Aktifkan Email Notifikasi Tagihan

Ada dua cara untuk menerima tagihan kartu kredit yaitu via email dan lewat pos. Agar makin praktis, Anda bisa memilih pengiriman via email saja.

Kalau via pos, bisa terlambat mengirim ataupun terselip. Kalau menggunakan email selalu tepat waktu dan cepat.

Anda bisa mendaftarkan ke bank dan mintalah untuk mengirim tagihan via email saja. Dengan demikian, Anda tidak akan lupa atau telat membayar tagihan kartu kredit.

Siapa Takut Membayar Tagihan Kartu Kredit

Inilah keempat strategi untuk membayar tagihan kartu kredit yang bisa Anda contek.

Sekali lagi, pikiran secara matang apakah Anda memang perlu memakai kartu kredit atau tidak. Kalau hanya untuk mengejar gaya hidup semata, lebih baik tidak memakai kartu kredit.

Namun, jika Anda memang membutuhkannya, pastikan kalau limit-nya sudah sesuai dengan kemampuan keuangan Anda ya.

Usahakan untuk tidak lebih dari total gaji Anda per bulannya atau maksimal 70-80% dari gaji. Dengan bijak memakai kartu kredit, Anda pun tak akan kesulitan untuk membayar tagihan kartu kredit tiap bulan!

Berikan pendapat dan pengalaman Anda pada kolom di bawah ini terkait dengan membayar tagihan kartu kredit, terima kasih.

Sumber Gambar:

    Membayar Tagihan Kartu Kredit – https://goo.gl/NbGkD5

    Pilihan Membayar Tagihan Kartu Kredit – https://goo.gl/NGDqE7

Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News