JAKARTA –Mengintip gaji arsitek di Indonesia bakal diulas dalam artikel ini. Berprofesi sebagai arsitek, mendesain gedung-gedung pencakar langit di dunia dengan bayaran selangit tentu akan sangat membanggakan.

Namun, masa tempuh pendidikannya yang terbilang lama, biaya kuliah yang dianggap mahal, dan dituntut ketelitian yang tinggi membuat banyak orang yang enggan menekuni dunia ini.

Profesi arsitek dinilai memiliki peran penting dalam pembangunan nasional. Karena arsitek tidak hanya berbicara mengenai konsep atau desain bangunan namun juga bertanggung jawab atas keselamatan penggunaan bangunan tersebut.

Mengintip gaji arsitek di Indonesia ini bisa dilihat dari segi pengalamannya. untuk arsitek pemula atau fresh graduate, biasanya digaji sesuai standar Upah Minimum Regional (UMR) wilayahnya. Namun jika sudah memiliki pengalaman, gajinya lebih besar.


Sedangkan yang emiliki pengalaman satu atau dua tahun akan digaji sekitar Rp5 juta hingga Rp7 juta sebulan. Sedangkan arsitek senior dan sudah memiliki jabatan sekelas manajer hingga direktur, kisaran gaji yang diterima sekitar Rp15 juta hingga Rp50 juta per bulan.

Jika memiliki pengalaman dan senior serta bisa mempunyai kemampuan khusus maka gajinya bisa ratusan juta hingga miliaran. Seperti contoh arsitektur software. Pekerjaan itu saja bisa digaji Rp1,5 miliar.

Oleh karena itu untuk menjadi seorang arsitek yang handal, Anda harus konsisten berkarier di jalur yang Anda pilih. Anda juga harus memiliki sertifikat, agar kemampuan Anda bisa diakui.Lalu, memperbanyak jaringan pertemanan merupakan salah satu kunci dari kesuksesan. Buka diri Anda, bergaul dengan komunitas arsitektur yang ada di lingkungan Anda.

Dunia arsitektur itu sangat sempit. Jaga setiap tindakan, keputusan dan sikap yang Anda buat. Karena sekecil apapun kesalahan yang Anda buat, akan selalu diingat oleh orang banyak.

rencanakan dengan matang target kerja Anda. Dalam pekerjaan, Anda harus membuat target. Target ini diperlukan untuk menentukan hasil apa yang sudah Anda dapatkan.

Mengintip gaji arsitek di Indonesia harus profesional. Jelaskan dengan baik dan tunjukkan beberapa pilihan untuk membuka pikiran si klien.

(RIN)

Artikel ini bersumber dari economy.okezone.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News