customer.co.id – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menuturkan digitalisasi yang tumbuh pesat pada masa pandemi COVID-19menjadi akselerator pertumbuhan ekonomi nasional.

“Hampir seluruh negara, termasuk Indonesia, menggunakan digitalisasi sebagai akselerator pertumbuhan ekonomi dan menggunakan digitalisasi sebagai tempat untuk penciptaan lapangan pekerjaan,” kata Menko AirlanggaHartarto dalam Millenials and Gen Z Summit 2022 sebagaimana dikutip dalam keterangan resmi, di Jakarta, Minggu.

Lebih lanjut ia menjelaskan ekonomi digital diperkirakan pasarnya meningkat menjadi sekitar 135 hingga 144 miliar dolar AS pada 2025.

Membaca peluang tersebut, lanjutnya, pemerintah terus membangun infrastruktur pendukung digitalisasi melalui kerja sama dengan pemerintah luar negeri untuk menerapkan teknologi Low Earth Orbit Satelite(LEO) agar Indonesia dapat terkoneksi dengan negara lain.

“Transformasi digital terus didorong pemerintah dengan mempersiapkan infrastrukturnya antara lain fiber optik, jaringan 4G menjadi 5G, dan juga sedang disiapkan satelit yang tidak terlalu tinggi atau LEO. LEO Ini sudah diuji coba di Kalimantan Timur. Dengan satelit ini, kalau seluruhnya bisa terpasang, maka seluruh pulau di Indonesia terkoneksi,” jelas Menko AirlanggaHartarto.

Selain penyiapan infrastruktur, kata dia, SDM yang memiliki kemampuan di bidang digital merupakan hal yang sangat penting sehingga pemerintah meluncurkan Program Kartu Prakerja pada April 2020 ketika pandemi COVID-19 yang merupakan program semi bansos dengan unsur pendidikan secara online didalamnya.

Program government to people pertama tersebut telah diapresiasi lembaga-lembaga dunia dan akan direplikasi untuk membantu negara-negara berkembang lain.

“Program Kartu Prakerja ini sudah dilakukan dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote. Ini menunjukkan bahwa readiness masyarakat Indonesia di sektor digital sudah siap,” ujar Menko Airlangga.

Saat ini Indonesia menjadi pemilik start-up terbanyak di ASEAN, dimana mayoritas perusahaan rintisan tersebut didirikan oleh generasi muda.

“Oleh karena itu, ini momentum emas. Jangan sia-siakan momentum ini. Saya apresiasi pertemuan ini yang menjadi tempat para generasi muda untuk berkumpul, mendapatkan info, melakukan networking, mendengarkan dari narasumber berpengalaman,” kata Menko AirlanggaHartarto.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website antaranews.com. Situs https://customer.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://customer.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News