loading…

Nur Khomariah membuka usaha rumahan dengan memanfaatkan teknologi. Foto/Ist

JAKARTA – Banyak orang bersemangat ingin memulai bisnis namun lantas ciut karena modal yang dimiliki minim atau bahkan pas-pasan. Padahal, teknologi internet dan digital membuat semua orang punya peluang yang sama untuk buka usaha.

Memulai bisnis acapkali dikaitkan dengan kesiapan modal besar dan lokasi untuk berjualan. Namun, tidak demikian dengan Nur Khomariah.

Nur dan sang suami, Ahmad Rifai, sempat terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) saat pandemi pada 2020. Tak patah arang, mereka terus mencari peluang lain.

Sebelumnya, sejak 2013 pasangan suami istri (pasutri) yang berdomisili di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan ini sama-sama bekerja sebagai petugas pembayaran parkir dan menggantungkan penghasilan mereka dari pekerjaan tersebut untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Namun, gempuran pandemi yang berdampak besar di semua lini kehidupan masyarakat pun menghampiri mereka. Tidak patah semangat, pasca PHK mereka aktif bertanya ke tetangga dan saudara jika ada lowongan pekerjaan.

Sembari mencari pekerjaan, mereka memutar otak mencari tambahan penghasilan lewat usaha yang bisa dijalankan dengan modal minim.

Seiring waktu, mereka yang melihat aktivitas masyarakat mulai banyak dilakukan di rumah, mendorong mereka untuk mencoba peluang lain yakni berjualan produk digital dan mendaftar menjadi mitra pengemudi layanan pesan antar makanan online ShopeeFood.

Baca juga: Hah, Ronaldinho Joget Shopee COD? Unik Banget, Asli

Pada 2020, Nur akhirnya mendaftar menjadi Mitra Shopee, aplikasi digital yang menawarkan berbagai produk digital termasuk pulsa, paket data, token PLN, voucher game, layanan pembayaran berbagai tagihan, hingga isi saldo ShopeePay.

“Kami sempat merasa khawatir bagaimana harus memenuhi kebutuhan keluarga. Itulah mengapa, kami mulai mencari peluang untuk membangun usaha sendiri dengan modal yang minim. Akhirnya, kami mencoba memberanikan diri membuka warung kecil-kecilan yang juga menyediakan produk digital melalui layanan Mitra Shopee,” kata Nur, dikutip Jumat (8/7/2022).

Artikel ini bersumber dari ekbis.sindonews.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News