Jakarta: Tinggal beberapa hari jelang NASA dan mitranya pada proyek James Webb Space Telescope (JWST) untuk mengungkapkan gambar penuh warna pertama dan data spektroskopi yang direkam oleh perangkat pengamat tersebut.
 
Mengutip Engadget, badan antariksa resmi Amerika Serikat ini membagikan informasi lebih detail terkait dengan foto dengan mengungkapkan daftar awal target kosmik JWST. Salah satunya adalah Carina Nebula, sekitar 7.600 tahun cahaya dari Bumi.
 
NASA menyebut bahwa Carina Nebula merupakan salah satu nebulae terbesar dan tercerah di langit, dan termasuk bintang yang beberapa kali lebih besar jika dibandingkan dengan Matahari. Nebula lain yang tertangkap dari cincin bagian selatan teleskop ini.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nebula lain tersebut sekitar 2.000 tahun cahaya dari Bumi dan merupakan nebula planetary, memperluas awan gas yang mengelilingi bintang yang akan padam tersebut. Lebih dekat ke rumah adalah planet gas WASP-96 b, yang berjarak hampir 1.150 tahun cahaya dan memiliki sekitar setengah massa Jupiter.
 
NASA akan menyediakan informasi soal data spektrum cahaya planet tersebut. Lebih jauh dari planet tadi adalah Stephan Quintet, sekitar 290 juta tahun cahaya dalam konstelasi Pegasus. Konstelasi ini merupakan kelompok galaksi ringkas pertama yang ditemukan, pada tahun 1877.
 
Konstelasi tersebut terdiri dari lima galaksi, empat di antaranya terkunci di tarian kosmik dari pertemuan dekat berulang. Selain itu, NASA, European Space Agency dan Canadian Space Agency mengumumkan akan mengungkap gambar untuk SMACS 0723.
 
Gugus galaksi latar depan besar ini memperbesar dan mendistorsi cahaya objek di belakangnya, memungkinkan pandangan lapangan yang dalam ke populasi galaksi yang sangat jauh dan secara intrinsik redup.
 
Komite ahli dari NASA, ESA, CSA, dan Space Telescope Science Institute menghabiskan waktu selama lima tahun untuk menentukan target pertama untuk instrumen Webb. Gambar penuh warna dan data spektroskopi akan diungkapkan pada tanggal 12 Juli, pukul 10.30AM ET.
 
Masyarakat dapat menyaksikan pengumuman tersebut di situs resmi NASA. Hal ini menandai langkah penting untuk JWST karena menandai awal resmi dari operasi ilmu umum perangkat pengamat tersebut.
 
Hal ini ditujukan untuk menyediakan masyarakat gambar dan informasi lebih detail terkait dengan bintang dan galaksi terawal, serta exoplanet yang berpotensi untuk ditinggali. Setelah diluncurkan pada bulan Desember lalu, membutuhkan waktu beberapa bulan untuk JWST untuk mencapai tujuannya dan mempersiapkan operasional penuh.
 

(MMI)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News