Omicron Reda, Belanja Sektor Pariwisata di Indonesia Meningkat

loading…

Wisatawan menikmati suasana pantai di Bali. Foto/Dok Antara

JAKARTA – Head of Mandiri Institute Teguh Yudo Wicaksono menyampaikan Hasil Riset Mandiri Institute, Mandiri Spending Index (MSI) mengenai perkembangan belanja sektor pariwisata yang tercatat mengalami peningkatan. Salah satunya didorong oleh peningkatan mobilitas masyarakat, terutama kunjungan ke daerah-daerah pariwisata.

Teguh mengungkapkan, secara umum tingkat belanja masyarakat masih tetap solid di tengah kenaikan inflasi dan kasus Covid-19.

“Tingkat belanja masyarakat di awal Juli 2022 berada di level 130,2, artinya kenaikan 30% lebih tinggi dibanding periode pra pandemi,” kata Teguh dalam keterangan pers, dikutip Selasa (19/7/2022).

Baca juga: Airport Tax Naik di Tengah Peningkatan Pariwisata, Pengamat: Waktunya Kurang Tepat

Menurut dia, tingkat vaksinasi yang tinggi, pelonggaran mobilitas dan pengendalian kasus Covid-19 yang relatif baik mendorong bangkitnya sektor pariwisata. “Saat ini tingkat mobilitas masyarakat, terutama kunjungan ke daerah-daerah pariwisata terus meningkat,” ujarnya.

Dia menambahkan, secara spasial, tingkat belanja masyarakat di wilayah Bali dan Nusa Tenggara yang merupakan daerah utama pariwisata, terus dalam tren meningkat, terutama sejak kasus Omicron mereda. Per awal Juli 2022, MSI di Bali dan Nusa Tenggara mencapai 87,7. Angka ini tertinggi sepanjang pandemi.

Berangsur pulihnya sektor pariwisata juga tercermin dari meningkatnya belanja-belanja yang terkait dengan mobilitas, hotel, restoran dan kafe (horeka) dan hiburan.

“Pada daerah-daerah utama wisata, tingkat kunjungan yang lebih tinggi mendorong belanja terkait travel, tiket pesawat, hotel, dan restoran dibanding daerah lain,” terangnya.

Baca juga: Luhut Tekankan Wisnus Tulang Punggung Industri Pariwisata Indonesia

Dia menjelaskan, dibanding sebelum Ramadan 2022, belanja terkait hotel saat ini di daerah pariwisata tumbuh 34%, lebih tinggi dibanding daerah lain 24%. Demikian juga belanja terkait restoran, tumbuh 25%, juga lebih tinggi dibanding daerah lain 19%.

Artikel ini bersumber dari ekbis.sindonews.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News