MALANG TERBARU – Pasukan Paskibraka menjadi salah satu yang menjadi perhatian setiap peringatan Hari Kemerdekaan RI, termasuk tahun ini, 17 Agustus 2022.

Publik selalu terpukau oleh Paskibraka Nasional, sehingga banyak yang penasaran mengenai Daftar nama, syarat, nama pembawa baki, sejarah, hingga soal gaji atau bayaran Paskibraka Nasional 2022.

Para pasukan Paskibraka Nasional biasanya bakal menjadi selebritis dan dipuja-puja masyarakat.

Baca Juga: Profil Pembawa Baki Paskibraka Nasional 2022, Valentina Dyastika: Umur, Asal Sekolah, hingga Akun Instagram

Sejarah

kelahiran Paskibraka tidak terlepas dari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang dikumandangkan pada Jumat 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56, Jakarta. Di masa itu, bendera merah putih pertama kali dikibarkan oleh dua muda-mudi yang dipimpin oleh Latief Hendraningrat.

Meski kata “merdeka” telah dikumandangkan, perjuangan belum usai. Pada 4 Januari 1946 kegentingan di Jakarta masih belum pudar. Kemudian Presiden dan wakilnya pergi dari wilayah itu menuju Yogyakarta, dan ibu kota Republik Indonesia dipindahkan ke Yogyakarta.

Menjelang Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-2, Soekarno meminta Mayor Husein Mutahar untuk mempersiapkan upacara kenegaraan di halaman Istana Presiden Gedung Agung Yogyakarta.

Baca Juga: Daftar 68 Anggota Paskibraka Nasional 2022 dan 4 Komandan pada Upacara Kemerdekaan 17 Agustus 2022 di Istana


Artikel ini bersumber dari malangterkini.pikiran-rakyat.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News