loading…

Perempuan memainkan peran strategis dalam pergerakan roda ekonomi. FOTO/SINDOnews

JAKARTA – Percepatan pemulihan ekonomi nasional pascapandemi tidak bisa mengesampingkan perempuan. Harus diakui, perempuan memainkan peran strategis dalam pergerakan roda ekonomi mulai dari tataran rumah tangga sampai ke tingkat nasional.

Namun demikian, ketimpangan gender masih menghambat kontribusi perempuan dalam perekonomian. Berdasarkan laporan, 53,76 persen usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dimiliki perempuan, di mana 97 persen karyawan juga perempuan. Selama ini UMKM menjadi penopang ekonomi nasional dengan kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) mencapai 61 persen, investasi 60 persen, dan ekspor 14,4 persen.

Baca Juga: Berdaya! Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo: Perempuan Berperan Penting di Era Ekonomi Digital Ini!

Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan, dan Pemuda Kemenko PMK mengatakan emerintah betul-betul mendorong ekonomi perempuan seperti memberikan bansos bagi pelaku UMKM, kemudian dan insentif perpajakan, ada relaksasi restrukturisasi, kredit usaha mikro, perluasan pembiayaan UMKM dan kemudian juga ada Kementerian/Lembaga dan BUMN yang menyangga UMKM. Pasalnya banyak perempuan yang mengalami dampak sosial maupun psikologis dari pandemi Covid-19.

Namun demikian, pihaknya juga melihat optimisme pelaku UMKM yang sebagian besar pelaku usaha ini adalah perempuan. Menurut dia perempuan Indonesia tangguh menghadapi berbagai macam guncangan global.

“Ada ketahanan dan resiliensi dari perempuan-perempuan pelaku UMKM di Indonesia. Rupanya pelaku UMKM perempuan di Indonesia itu tangguh, sebagian besar depresinya hanya ringan. Sebanyak 93,90% secara umum kesehatan mental para pelaku UMKM itu baik,” kata dia, di acara Empowerment Companies Award (WECA) 2022: Equal Opportunity, Equal Progress secara virtual, baru-baru ini.

Terkait program Kemenko PMK dalam upaya pemberdayaan perempuan ini, Femmy menjelaskan bahwa pihaknya telah mengkoordinasikan, mengendalikan kebijakan-kebijakan nasional, salah satunya berkenaan dengan pemberdayaan ekonomi nasional.

“Kami punya kegiatan pemberdayaan perempuan yang salah satunya bekerjasama dengan Kominfo. Jadi kemenko PMK bekerjasama dengan meluncurkan program pelatihan fintech bagi perempuan wirausaha khususnya dan maupun masyarakat umumnya,” kata dia.

Baca Juga: Viral! Kisah Pria Riau Pacaran dengan Wanita Cantik asal Jepang, Hoki Seumur Hidup

Artikel ini bersumber dari ekbis.sindonews.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News